Bikin Takjub dan Haru, Inilah 7 Aksi Heroik Hewan yang Selamatkan Nyawa Manusia dari Maut

Masih mau berbuat semena-mena ke hewan?

Manusia tidak hidup sendirian saja di Bumi, ada mahkluk hidup lain yang hidup berdampingan dengan mereka. Salah satunya adalah hewan. Keberadaan spesies hewan ini memiliki peranan dalam menunjang keberlangsungan kehidupan di Bumi—termasuk manusia. Nah, beberapa hewan memang ada yang membahayakan manusia, tapi enggak sedikit juga yang mudah didekati dan bahkan menjadi “sahabat” manusia.

Sayang, akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan kelakuan manusia yang semena-mena terhadap hewan. Mulai dari perburuan liar, penyiksaan, hingga yang baru-baru ini marak adalah penelantaran hewan. Tidakkah manusia berpikir, bagaimana kehidupan di Bumi jika habitat hewan dirusak untuk kepuasan semata?

Meski kelihatannya hewan itu enggak bisa apa-apa dan tampak enggak lebih pintar dari manusia, mereka itu sebenarnya peka lho dengan sekitarnya. Saking pekanya, mereka bahkan bisa menyelamatkan manusia yang sedang kesulitan dan bahkan terancam nyawanya. Enggak percaya? Simak yuk, 7 kisah nyata manusia yang selamat dari maut berkat bantuan hewan berikut ini.

1. Fiona Boyd mungkin tak akan selamat dari maut jika kuda peliharaannya, Kerry, tidak segera datang dan menendang sapi peliharaan Fiona yang tengah mengamuk. Ya, lebih banyak orang terbunuh gara-gara amukan sapi ketimbang hiu! Namun berkat Kerry, perempuan asal Inggris tersebut selamat dari maut dan hanya menderita memar saja.

via: brightside.me

2. Ada yang bilang kalau anjing adalah sahabat terbaik manusia. Ya, hal tersebut memang benar adanya. Kita bisa melihatnya dari kisah seekor anjing bernama Leala. Dia berhasil menyelamatkan anak balita sang pemilik yang hampir tenggelam di bendungan. Leala terus-menerus menggonggong agar Brockbank sadar bahwa anaknya, David, sudah mengambang di bendungan.

via: brightside.me

3. Selanjutnya adalah kisah seekor babi betina bernama Lulu yang menyelamatkan sang pemilik, Jo Ann, saat  terkena serangan jantung. Melihat Jo Ann collapsed dan tak mampu memanggil bantuan, Lulu tiba-tiba keluar rumah dan berbaring di tengah jalan untuk menarik perhatian mobil yang lewat. Penantian Lulu tak sia-sia, setelah 45 menit sebuah mobil berhenti dan nyawa Jo Ann pun berhasil diselamatkan.

via: brightside.me

BACA JUGA


4. Seekor gajah bernama Ning Nong menyelamatkan nyawa anak perempuan berusia 8 tahun saat Tsunami melanda Thailand pada 2004 silam. Amber Mason yang saat itu tengah asyik bermain di pantai bersama Ning Nong tak menyadari kenapa air laut tiba-tiba surut. Ning Nong yang merasa bahaya akan datang langsung berjalan menjauhi pantai dengan Amber yang naik di punggungnya. Saat gelombang pertama datang, Ning Nong berlari menyelamatkan dirinya dan Amber. Ning Nong pun berhasil membawa Amber kembali ke orangtuanya sebelum gelombang susulan datang.

via: brightside.me

5. Aksi heroik selanjutnya datang dari seekor gorila bernama Jambo. Ya, dia menyelamatkan seorang anak bernama Levon Meritt yang tergelincir dan jatuh ke dalam lubang gorila di Kebun Binatang Jersey. Jambo berusaha melindungi Levon dari serangan kawanannya. Dia pun berusaha menenangkan Levon dengan mengelus punggung Levon lembut.

via: brightside.me

6. Eric dan Cathy Keesling selamat dari kebocoran gas di rumahnya berkat kucing peliharaan mereka, Winnie. Entah bagaimana Winne menyadari ada kebocoran pompa air di ruang bawah tanah, kucing ini langsung melompat ke tempat tidur dan terus mengeong hingga keduanya terbangun. Untung saja Eric dan Cathy sadar ada kebocoran gas dan berhasil menghubungi 911 sebelum terlambat.

via: brightside.me

7. Peselancar bernama Todd Endris berhasil lolos dari maut setelah sekelompok lumba-lumba menyelamatkannya dari serangan hiu. Setelah mendapatkan tiga kali serangan (yang meninggalkan bekas luka besar di punggungnya), datanglah sekelompok lumba-lumba yang kemudian membentuk formasi melingkar mengelilingi Todd, agar hiu tak mendekat lagi ke arahnya.

via: brightside.me

Manusia dan hewan memang enggak bisa berkomunikasi secara verbal, tapi jangan sekali-sekali meremehkan naluri dan kepekaan mereka. Semoga kisah di atas membuat kita lebih menghargai lagi keberadaan hewan di sekitar kita ya 😉

Sumber: Brightside