Sudah Tahu Belum, 5 Misteri Besar Dunia Ini Ternyata Sudah Terpecahkan!

Banyak hal di dunia yang sampai sekarang ini masih menjadi misteri. Misalnya saja, bagaimana asal usul sejumlah fosil, penyebab hilangnya tokoh terkenal, penjelasan terkait fenomena alam tertentu, hingga kasus pembunuhan misterius yang tak pernah berhasil mengungkap tersangka utamanya.

Berbagai pertanyaan yang tak terjawab tersebut akhirnya menjadi misteri yang terus hidup di tengah-tengah kita, bahkan diturunkan dari generasi ke generasi. Sama dengan para pendahulu, generasi zaman sekarang pun hanya bisa menyimpan rasa penasarannya.

Namun, kini kita patut bersyukur karena kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesat telah membantu pemecahan beberapa misteri dunia yang rumit tersebut.

Nah, Kita Muda telah merangkum, 5 misteri besar dunia yang akhirnya terungkap dan diklaim berhasil terpecahkan. Wah, kira-kira apa saja? Simak ulasan berikut ini!

1. Ukiran helikopter, tank, dan jet di kuil Abydos peninggalan Mesir Kuno.

misteri dunia terpecahkan
via: brightside.me

Banyak yang bertanya-tanya apakah benar bangsa Mesir Kuno telah memiliki transportasi udara super canggih seperti helikopter, tank, dan jet? Rasa penasaran tersebut bukannya tanpa sebab. Pada langit-langit kuil terdapat ukiran objek-objek  yang tak dikenal dan anehnya objek tersebut mirip dengan objek-objek yang diciptakan pada abad ke-20!

Setelah menimbulkan banyak perdebatan, para arkeolog akhirnya berhasil merestrorasi hierogliph itu ke bentuk aslinya. Dan ternyata benar, mata kita hanya tertipu dengan bentuk ukiran yang menyerupai benda-benda yang ada di sekitar kita.

2. Misteri hilangnya awak kapal Mary Celeste.

misteri dunia terpecahkan
via: brightside.me

Pada tahun 1982, sebuah kapal layar ditemukan hanyut di tengah laut. Anehnya, tak ada seorang pun manusia di atasnya dan tak ada tanda-tanda adanya perompakan, pembunuhan besar-besaran, atau bahkan tanda-tanda kerusakan pada kapal bernama Mary Celeste tersebut.

Banyak yang menduga Mary Celeste telah memasuki perairan Segitiga Bermuda. Kapal malang tersebut akhirnya disebut-sebut sebagai  kapal hantu. Apakah benar demikian?

Seorang ahli kimia Dr. Andrea Sella melakukan sebuah eksperimen untuk menjelaskan fenomena tersebut. Kapal Mary Celeste saat itu mengangkut sekitar 1.700 barel alkohol. Hasil penyelidikan menemukan sembilan tong dalam keadaan bocor, yang bisa menyebabkan gumpalan uap di sekitarnya.

Nah, alkohol yang ada di kapal kargo tersebut kemudian terbakar dan menyebabkan “ledakan yang tidak terlihat”. Mengapa disebut demikian? Dinding yang terbakar bertemu dengan gelombang dingin, sehingga tidak meninggalkan api atau jelaga. Para awak kapal kemungkinan besar meninggalkan kapal dengan sekoci dan tewas di laut karena kelaparan atau kehausan.

3. Batu Berguling di Death Valley, California.

misteri dunia terpecahkan
via: brightside.me

Siapa pun yang melihat batu ini, bulu kuduknya pasti berdiri. Bagaimana tidak, batu tersebut bergerak sendiri ketika kita tidak melihatnya. Perpindahannya pun meninggalkan jejak di permukaan lumpur di bawahnya. Jika memang benar batu tersebut bergerak sendiri, apa yang membuat dia bergerak di tanah yang datar?

Tidak ada penjelasan mengenai fenomena tersebut hingga akhirnya Ralph Lorenz membuktikan bahwa ketika musim dingin, cangkang es terbentuk di sekitar batuan.

Nah, ketika cuaca perlahan menghangat, cangkang es sedikit demi sedikit mencair yang membuat dasar batuan menjadi licin. Hembusan angin membuat batu yang dasarnya licin menjadi mudah bergeser. Itulah sebabnya batu tersebut tampak seolah-olah berpindah tempat sendiri.

4. Penemuan Mekanisme Antikythera yang diklaim sebagai komputer pertama di dunia.

misteri dunia terpecahkan
via: brightside.me

Pada 1901, ditemukan sebuah mesin bernama Antikythera di sebuah kapal karam di Laut Aegean, Yunani. Antikythera diperkirakan sudah berumur 2000-an tahun ketika ditemukan.

Sayangnya, para ilmuwan saat itu belum bisa menemukan apa fungsi mesin yang diklaim sebagai komputer analog pertama di dunia tersebut. Setelah satu abad lamanya, para ilmuwan akhirnya menemukan titik terang.

Antikythera merupakan kalender bulan dan matahari bagi masyarakat Yunani Kuno. Dengan mesin tersebut, mereka bisa memperkirakan posisi benda langit jika dilihat dari bumi sehingga bisa menggunakannya sebagai alat navigasi.

Tak hanya itu saja, Antikythera ternyata bisa digunakan untuk memelajari alam semesta. Wow, menakjubkan, ya. Begitu majunya peradaban Yunani Kuno sehingga bisa memiliki mesin yang begitu mutakhir pada zaman itu!

5. Penjelasan tentang hilangnya peradaban Nazca.

misteri dunia terpecahkan
via: brightside.me

Beberapa waktu lalu sempat beredar foto udara yang menunjukkan adanya garis-garis misterius di atas pasir gurun Nazca, Peru. Mulanya, ilmuwan berspekulasi bahwa garis-garis tersebut adalah pesan untuk alien!

Namun, dengan bantuan foto satelit para ilmuwan akhirnya berhasil memecahkan misteri tersebut. Garis-garis Nazca bukanlah pesan untuk alien atau semacamnya, melainkan garis-garis yang menunjukkan bekas terowongan air kuno yang begitu maju.

Ada juga garis-garis yang bersifat seremonial karena bangsa Nazca berkomunikasi dengan dewa mereka melalui gambar atau yang juga dikenal dengan geoglyph tersebut. Lantas, mengapa peradaban mereka hilang secara misterius?

Jawaban atas pertanyaan tersebut juga tidak ada kaitannya dengan alien dan semacamnya. Peneliti dari Cambridge University berhasil mengungkapkan bahwa peradaban Nazca hilang akibat kekeringan panjang.

Nah, itulah tadi beberapa misteri dunia yang berhasil dijelaskan dan dibuktikan secara logis melalui ilmu pengtahuan dan teknologi. Kawan Muda pernah tahu enggak misteri dunia lainnya yang juga berhasil dipecahkan? Jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar, ya 🙂

Sumber: Brightside.me