Mulai Sekarang, Jangan Pernah Percaya dengan Fakta-Fakta Ini Lagi! Mereka Hanyalah Mitos…

Tahukah kamu kalau dari banyaknya fakta yang beredar di masyarakat, entah itu tentang kebersihan, kesehatan, atau fakta-fakta unik pengetahuan umum lainnya, ternyata enggak semuanya, lho, bisa dibuktikan kebenarannya!

Yup, banyak fakta yang telah dipercayai masyarakat selama bertahun-tahun dan bahkan turun-temurun, yang ternyata hanyalah mitos belaka. Kebanyakan sih karena miskonsepsi yang diamini selama bertahun-tahun dan berujung pada salah paham.

Nah, biar Kawan Muda enggak terus-menerus berada dalam lingkaran kesalahpahaman tersebut, yang bisa bikin kamu salah jalan juga, mendingan kita lihat  yuk bareng-bareng fakta-fakta apa saja yang ternyata enggak benar dan harus kamu lupakan mulai dari sekarang.

1. Percaya enggak percaya, sabun ternyata enggak membunuh bakteri sama sekali, lho! Dia hanya membersihkan kotoran yang ada di tubuh, tapi enggak menghabisi bakterinya. Namun, ini bisa mencegah bakteri lain tumbuh dan bersarang di tubuhmu.

mitos bohong
via: brightside.me

2. Hati-hati, kalau permen karet ketelen, dia bakal mengendap di perut selama 7 tahun! Ah, ini sih cuma mitos Kawan Muda. Faktanya, kontraksi otot pada perut akan membuat permen karet tersebut “hancur” dan dikeluarkan dari tubuh secara alami.

mitos bohong
via: brightside.me

3. Ada yang bilang kalau bercukur membuat bulu tumbuh lebih cepat dan tebal. Mitos atau fakta, nih? Ternyata ini mitos karena yang membuatnya tampak tebal adalah sisa-sisa rambut yang baru dicukur tadi.

mitos bohong
via: brightside.me

4. Benar enggak sih menyentuh kodok bisa menyebabkan kutilan? Jawabannya salah besar! Karena kita bisa tertular penyakit tersebut ketika menggunakan fasilitas umum atau kontak langsung dengan orang yang menderita kutil.

mitos bohong
via: brightside.me

5. Tidak benar jika ada yang bilang bahwa rambut dan kuku akan terus tumbuh bahkan jika seseorang telah meninggal.

mitos bohong
via: brightside.me

6. Saking megahnya, Tembok Besar Tiongkok sampai terlihat jelas dari luar angkasa, lho. Hehe, kamu percaya? Faktanya nih, meskipun tembok ini sangat panjang, tidaklah mudah untuk melihatnya dari luar angkasa karena warnanya menyatu dengan alam sekitar.

mitos bohong
via: brightside.me

7. Kelelawar itu sebenarnya tidak buta! Meskipun mereka menggunakan ekolokasi (memanfaatkan suara) untuk menavigasi dirinya, mereka memiliki penglihatan yang sangat tajam, lho. Bahkan beberapa diantaranya bisa melihat ultraviolet!

mitos bohong
via: brightside.me

8. Tidak semua jenis air bisa menghantarkan listrik dengan baik. Yup, air suling hanya mampu menghantarkan sedikit listrik. Jenis air yang mampu menghantarkan listrik dengan baik antara lain air ledeng, air sungai, dan air laut, karena ketiganya memiliki ion yang jauh lebih banyak.

mitos bohong
via: brightside.me

9. Jangan menonton TV terlalu dekat, nanti merusak mata. Benarkah? Tidak ada bukti yang nyata, sih, tapi duduk terlalu dekat dengan TV dan terlalu banyak menonton TV bisa menyebabkan mata tegang.

mitos bohong
via: brightside.me

10. Tahukah kamu, antibiotik hanya bisa melindungi tubuhmu dari bakteri, bukan virus! Yup, antibiotik hanya bisa membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri saja dan sia-sia jika diberikan pada penyakit yang disebabkan oleh virus.

mitos bohong
via: brightside.me

Wah, ternyata selama ini kita terlalu lama hidup dengan mempercayai fakta-fakta bohong, ya! Mulai sekarang, jangan salah kaprah lagi, lho, Kawan Muda!

Sumber: Brightside.me