Meskipun terkenal, boneka Barbie tidak pernah lepas dari kontroversi, apalagi 6 kontroversi ini!

Siapa sih, yang nggak tahu boneka Barbie? Yupsie, boneka keluaran perusahaan boneka Mattel ini sukses mencuri hati para kaum hawa karena kecantikannya. Barbie dianggap merepresentasikan kecantikan sempurna yang ingin dimiliki setiap wanita, bertubuh tinggi langsing, hidung mancung, bibir penuh, dan kulit putih. Perfect deh! Johnny Depp aja sampe koleksi Barbie lho, saking terkenalnya!

Tapi meskipun terkenal dan memiliki pasar yang luas, boneka cantik ini tidak pernah lepas dari kontroversi. Mulai dari boneka cacat hingga boneka hamil, yuk kita lihat kontroversinya:

1. Barbie “share a smile becky”

via: sbs.com

Untuk menghormati kaum disabilitas, pihak Mattel memutuskan untuk mengeluarkan seri terbaru yaitu barbie yang duduk di kursi roda. Selain menghormati, keluarnya boneka ini sebenarnya bertujuan agar lebih dekat dan peduli terhadap mereka yang berkebutuhan khusus. Tapi ternyata boneka ini mengundang protes dari masyarakat, mulai dari rambutnya yang terlalu panjang dan menyangkut di kursi roda, hingga seorang pelajar 17 yang menderita celebral palsy protes akibat kursi roda Becky yang tidak muat untuk masuk ke rumah Barbie. Akhirnya karena komplain panjang tersebut, pihak Mattel memutuskan untuk tidak memproduksi lagi, deh!

2. Barbie “video girl”

via: news.com

Barbie video girl merupakan boneka yang dilengkapi dengan fitur video yang dapat merekam hingga durasi 30 menit. Boneka ini juga bisa mentransfer datanya ke TV atau komputer dengan menggunakan kabel USB. Keren kan? Tapi ternyata, FBI mengkritik adanya boneka ini, lho! Mereka khawatir jika boneka ini disalahgunakan untuk membuat rekaman pornografi anak kecil, misalnya seorang pedofil yang merekam dan menjadikan koleksi pribadinya. Serem banget, ya? Tapi ini masih asumsi saja kok, dan ternyata belum ada kasus pelaporan terkait barbie ini. Sudah gitu penjualannya pun tetap mendapat respon baik dari konsumen. Hmm….berlebihan juga ya, kekhawatirannya?

3. Barbie “sleepytime gal”

via: dailymail.co.uk

Nah kalau yang ini barbie ala gossip girl. Barbie ini menggunakan baju tidur dan menghabiskan waktunya untuk dandan, nonton film, gosip, dan makan camilan. Weleh – weleh, gabut banget ya hidupnya? Tapi yang jadi masalah bukan gambaran hidupnya, melainkan berat tubuhnya. Barbie ini digambarkan hanya memiliki berat 50kg, dan tidak seimbang dengan tinggi tubuhnya. Parahnya lagi, ada buku petunjuk dari boneka ini yang berisi tips untuk menurunkan berat badan. Petunjuknya sederhana, yaitu don’t eat! atau jangan makan. Waduh, kalau ditiru gawat juga ini!

4. Barbie “fun oreo”

via: etonline.com

Kalau barbie yang ini dianggap rasis nih, sama konsumen. Jadi ceritanya Mattel itu bekerja sama dengan Nabisco Oreo Cookies untuk memperkenalkan Fun Barbie Oreo. Tujuannya sih simpel, untuk menunjukkan adanya keragaman ras manusia satu sama lain. Eh ternyata, konsumen mengkritik bahwa apa yang dikeluarkan oleh Mattel sudah berlaku rasis pada orang kulit hitam. Akhirnya karena kritik terus menerus, boneka ini ditarik dari pasaran.

5. Barbie “growing up skipper”

via: folhadoes.com

Nah kalau ini barbienya lebih ajaib lagi. Pada tahun 1975 Mattel meluncurkan barbie bernama skipper yang merupakan adik dari Barbie. Uniknya, bagian payudara si adik ini termasuk ajaib, jadi ketika lengan boneka ini diputar maka payudaranya akan bertumbuh semakin besar. Waduh, kok ajaib gini?! Akhirnya tidak lama setelah peluncurannya, boneka ini ditarik dari peredaran. Tapi beberapa tahun kemudian diluncurkan lagi, dengan kondisi payudara yang permanen, alias gabisa gembung-gembung sendiri lagi.

6. Barbie “Midge Hadley”

via: yackyack.com

Nah ini dia barbie hamil yang diawal tadi dibilang. Barbie Midge Hadley ini dibuat pada tahun 1963, yang menggambarkan perempuan muda hamil dengan bayi didalam perutnya. Lagi-lagi boneka ini mengundang kontroversi, karena sepertinya Mattel lupa bahwa konsumen mereka rata-rata anak wanita, dan hal ini diangggap tidak pantas. Menurut para orang tua, keluarnya boneka ini mengajarkan hal yang tidak sepatutnya untuk diketahui anak-anak, dan takutnya dijadikan contoh untuk kehidupan mereka kelak. Duh, bener juga sih, ya?

Nah, ternyata boneka sekaliber Barbie aja bisa mengundang banyak kontroversi ya, meskipun penggemarnya banyak. Berinovasi dalam produk sih boleh, tapi seharusnya juga tetap memperhatikan saran dari konsumen dong ya? Biar produk yang dikeluarkan juga semakin disukai konsumen. Oh iya, kira-kira ada lagi nggak kontroversi barbie yang nggak diketahui Kita Muda? Yuk, share di kolom komentar!

Sumber: Keepo