10 hal yang terbukti salah, tapi kamu masih saja tetap melakukannya

Melakukan kesalahan itu manusiawi, ada saat-saat manusia berbuat salah dalam hidup mereka. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, nggak ada jaminan bahwa kita nggak melakukan kesalahan. Mungkin Kawan Muda berpikir kalau berbuat salah itu hal yang menakutkan; bisa bikin kamu merasa nggak enak sepanjang waktu. Padahal, saat kita mampu belajar dari kesalahan, kesalahan tadi bisa menjelma jadi pelajaran hidup yang berharga, lho!

Sudah sewajarnya ya setelah melakukan kesalahan akan muncul rasa bersalah. Nah, perasaan ini muncul saat kamu udah mulai sadar tindakanmu  itu nggak baik dan bisa saja berdampak buruk ke orang lain. Kamu akan berusaha memperbaikinya dan sebisa mungkin menghindar agar nggak jatuh ke lubang yang sama.

Ada juga sih tindakan yang sebenarnya bikin kamu nggak enak ke orang, TAPI kamu masih tetap melakukannya! Waduh, apa ya kira-kira?! Hmm, mungkin kamu pernah atau bahkan sering melakukan hal-hal ini nih Kawan Muda…

1. Sengaja nggak baca chat dan angkat telepon dari teman ATAU pura-pura nggak paham sama isi pesannya.

via: medscape.com

Ini biasanya terjadi pas kamu lagi janjian sama teman dan kamu hobi ngaret. Kamu pura-pura nggak baca chat supaya temanmu mikir kamu masih di jalan. Mungkin kamu yang pakai WhatsApp bakal mematikan fitur “read” dan “last seen”, hehe.

Kamu juga bakal pura-pura nggak baca pesan atau chat pas teman kamu minta tolong bawakan sesuatu atau nitip belikan sesuatu. karena kamu maleees banget buat melipir masuk toko akhirnya kamu cuekin saja.

2. Kesiangan bangun pas janjian sama teman, tapi bilangnya udah berangkat dan kejebak macet di jalan.

via: jendmccarty.blogspot.co.id

Bukan macet sih yang bikin kamu telat; bahkan kamu belum berangkat dan masih siap-siap di rumah kayaknya. Pas teman kamu telepon, kamu bilang saja udah ada di jalan atau alasan lain kayak belum ada yang antar, ban motor rusak, atau angkot yang ngetem terlalu lama

3. Sengaja datang telat pas janjian sama teman karena nggak mau nunggu sendiri di TKP.

via: niednagel.com

Alasannya sih kesepian, nggak mau sendirian kayak butiran debu di tempat janjian. Akhirnya, pas teman kamu bilang udah berangkat, kamu masih santai-santai dan nunggu beberapa menit kemudian. Parahnya sih, teman kamu udah sampai duluan dan telepon nanya kamu di mana, eh kamunya masih di rumah juga, ckck.

4. “Menyelundupkan” makanan dari luar pas nonton film di bioskop.

via: altonparents.files.wordpress.com

Nonton nggak sambil ngemil itu kurang greget, Kawan Muda. Masalahnya, jajanan di bioskop kadang nggak ramah buat kantong. Bahkan, harga jajanan bisa sama kayak harga satu tiket. Akhirnya kamu beli deh makanan dari luar sebanyak-banyaknya untuk amunisi.

Karena ada aturan nggak boleh bawa makanan dan ada penjaga yang cek tas kamu, dengan sejuta cara kamu menyembunyikan makanan itu dalam tas.

5. Makan di tempat umum yang jelas-jelas sudah ada aturan nggak boleh membawa makanan dan minuman.

via: rakuten.co.jp

Hayo, siapa di sini yang punya motto peraturan di buat untuk dilanggar? Melanggar aturan bahkan yang sudah ditempel sekalipun bukan hal yang aneh lagi ya. Ada saja alasan untuk berkilah saat ketahuan dan ditegur petugas.

Besok-besoknya, kamu masih nggak jera juga dan mungkin udah punya taktik supaya nggak ketahuan petugas lagi. Kamu sadar sih tindakan kamu salah, hmm, tapi kan urusan perut nggak bisa diganggu gugat. Jadinya ya….melanggar dikit nggak apa-apalah…

6. Mendengarkan musik kencang-kencang (padahal kamu pakai headset) dan ikut bernyanyi kencang-kencang juga.

via: notey.com

Saking serunya dengan lagu favorit, kamu nggak sadar kalau suara musikmu terdengar oleh orang di sebelahmu. Nggak cuma itu, kamu juga ikut menyanyikan lagu dan nggak sadar deh suaranya terlalu keras.

Ada sih orang-orang yang mengingatkan, tapi kalau kamu ada di tempat umum kadang-kadang suka sebodo amat nggak sih sama kata orang lain?!

7. Suka mengamati orang dari atas ke bawah atau tiba-tiba suka ambil foto orang diam-diam.

via: people.com

Kalau lagi ada di tempat umum, muncul saja hasrat untuk mengamati orang. Nah, yang jadi sasaran sih biasanya orang yang salah kostum atau dandanannya aneh. Kelakuan kita yang begini nih tanpa disadari bikin orang yang dilihatin malah jadi minder.

Kamu emang nggak ada niat buruk sih dan kadang nggak enak juga udah mengamati dia segitunya, tapi kamu tetap saja ngelakuin itu apalagi kalau lagi bosan!

8. Parkir sembarangan dan ups nggak sengaja menabrak motor atau mobil orang!

via: deviantart.net

Datang telat ke sekolah atau kampus bikin kamu nggak fokus dan asal parkir saja di tempat yang kelihatan kosong. Padahal, tempat parkir itu nggak boleh buat mahasiswa atau untuk mahasiswa fakultas lain. Yang penting dapat parkir cepat sih dan buru-buru masuk kelas.

Nah, kalau udah buru-buru gitu biasanya kamu juga nggak sengsaja nyenggol mobil atau motor punya orang. Ya, anggap saja sih nggak ada yang lihat dan kamu langsung kabur meski merasa bersalah. Pernah nggak gitu?

9. Buang sampah di sembarang tempat dan mikir bakalan ada yang bersihkan juga.

via: rekordeast.co.za

Malas cari tempat sampah atau nggak lihat ada tempat sampah bikin kamu ambil jalan pintas. Lirik kanan kiri dan setelah terlihat aman kamu langsung lempar sampah dan berjalan layaknya nggak terjadi apa-apa. Apalagi kalau ada sampah yang dibuang sembarangan di situ, hmm, pasti kamu makin merasa nggak bersalah karena orang-orang juga buang sampah sembarangan.

10. Ada orang berjalan mendekatimu dan akan bertanya sesuatu, kamu mengalihkan pandangan dan menghindar.

via: endmyopia.org

“Aduh, jangan ke sini, jangan aku, pleaseeee! Kabur ah!”

Pernah nggak merasa begitu? Kadanga kasihan juga lihat orang yang kebingungan dan tanya-tanya tapi nggak ada yang merespon.

Hmm, tapiiii….malas juga berinteraksi sama orang yang nggak dikenal. Kalau misal orangnya minta diantar dan tanya-tanya terlalu banyak kan bikin ribet juga. Sudahlah, banyak orang juga di situ dan kamu nggak merasa salah-salah banget menghindar.