FAKTA: otak cewek vs. otak cowok

“Dasar kalian para cowok! Nggak pernah ngerti perasaan cewek!”

“Eh, kalian para cewek juga suka lebai  deh, emosian! Nggak bisa baca peta aja sok! Liat tuh parkir juga sering salah!”

 

Kawan Muda pasti nggak asing dong dengan ledekan di atas. Entah mengapa pandangan kalau cowok itu nggak peka dan cewek suka lebai (dan sensian) udah melekat banget di benak kita. Hmm, ini sebenarnya fakta atau mitos doang sih?

Ternyata anggapan tersebut telah dibuktikan lho secara ilmiah alias FAKTA. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, University of Pennsylvania, membuktikan bahwa cowok itu suka bertindak dan berpikir pakai logikanya; cewek cenderung bertindak menggunakan intuisi dan emosinya.

Nah, kalau Kawan Muda ingin tahu fakta terkait perbedaan otak cowok dan cewek, ini dia penjelasannya.

1. Perbedaan respon atau sikap antara cewek dan cowok disebabkan oleh perbedaan jaringan saraf otak cewek dan cowok.

via: astinconsulting.com

Otak manusia itu kayak jaringan kabel yang saling terhubung. Coba lihat gambar di atas, saraf otak cowok (jaringan yang berwarna biru)  terhubung dari otak depan ke belakang; kalau cewek (berwarna oranye) lebih kompleks di bagian otak depan saja.

Karena jaringan saraf otak cowok menyebar dan kompleks di kedua belah sisi, membuat cowok lebih menggunakan logika dalam berpikir dan memiliki kecerdasan visual-spasial (memahami gambar, letak bidang, arah, dll).

Berbeda dengan cewek yang meskipun lebih berpusat di bagian depan otak, garis-garis jaringannya membentuk jalur menyilang kiri-kanan (zig-zag ) yang rumit. Hal ini nih yang bikin cewek lebih bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu dan menggunakan intuisi dalam berpikir.

2. Meskipun ukuran otak cewek sedikit lebih kecil, kerja otak cewek lebih efisien. Hal ini membuat cewek bisa mengimbangi kemampuan berpikir cowok.

via: hindustantimes.co

Penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas di Los Angeles dan Madrid menunjukkan bahwa meskipun otak cewek ukurannya 8% lebih kecil, cara kerjanya lebih efisien. Ini ada kaitannya dengan jaringan saraf yang menyilang dan rumit tadi. Kerumitan jaringan saraf membuat kinerja otak cewek lebih efisien sehingga bisa menyimbangi kinerja otak cowok.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa cewek juga memiliki kecerdasan emosi  atau kemampuan mengontrol emosi yang lebih baik ketimbang cowok.

3. Cowok lebih cepat memproses informasi secara visual dari suatu benda daripada memahami emosi seseorang

via: pinkpangea.com

Kecerdasan visual-spasial yang dimiliki cowok membuatnya lebih ahli membaca informasi dari benda-benda yang dilihatnya dari pada membaca emosi yang susah dipahami. Misalnya nih jago baca peta dan ngerjain soal TPA.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli saraf di Amerika Serikat menunjukkan bahwa bagian otak cowok yang mengatur pengambilan keputusan dan fokus, bekerja lebih aktif daripada bagian otak yang mengatur emosi atau yang disebut amigdala.

4. Perbedaan otak membuat cewek lebih menderita saat sakit kepala; dan cowok lebih rentan terkena flu atau demam.

via: easyhealthoptions.com

Kemampuan otak cewek mengontrol emosi ternyata mempengaruhi tingkat rasa sakit yang ditimbulkan akibat sakit kepala. Cewek akan merasakan sakit yang 2x lipat lebih besar dari pada cowok saat sakit kepala.

Di sisi lain, otak cowok ternyata memiliki reseptor suhu yang lebih besar sehingga rentan terkena flu daripada cewek.

5. Cowok dan cewek menghadapi stress dengan cara yang berbeda.

via: metro.us

Larry Cahill, University of California, menemukan bahwa apabila cowok sedang stress, amigdala yang aktif adalah amigdala sebelah kanan (berkaitan dengan amarah). Sedangkan pada cewek, saat mereka stress amigdala yang bekerja aktif adalah amigdala kiri (pengaturan emosi).

Nah, ini dia penyebab kenapa kalau marah cowok lebih suka menyediri dan kelihatan seram, sedangkan cewek bakalan cari teman curhat.

***

Hmm, setuju nggak dengan fakta-fakta di atas? Buat Kaum Muda yang cewek-cewek, jangan heran ya kalau cowok lebih jago baca peta daripada membaca perasaan kamu, hehe.