TERBONGKAR! Inilah manfaat tanggal kadaluwarsa pada air mineral

Pada sering mikir enggak sih: “Kenapa ya, air mineral itu ada tanggal kadaluwarsanya?” Padahal kalau dipikir-pikir, air kan alami. Enggak ada tambahan zat-zat kimia atau micin macam makanan-makanan jaman sekarang itu. Lantas, kenapa harus dikasih tanggal kadaluwarsa? Melalui artikel ini, Kita Muda membahasnya. Mari!

1. Airnya sih bisa tahan lama. Tapi botolnya? Cuma tahan 2 tahun!

via: ummi-online.com
via: ummi-online.com

Nah, kalau Kawan Muda pada bingung, kenapa air mineral kudu dikasih tanggal kadaluwarsa, padahal aslinya bisa tahan lama, inilah jawabannya: Airnya emang bisa tahan lama. Tapi botolnya? Cuma tahan 2 tahun! Karena botol plastik yang menampung air mineral itu terbuat dari Polyethylene terephthalate (PETE/PET). Dalam kurun waktu 2 tahun – terhitung sejak masa produksi, dan melewati tahap-tahap seperti pengepakan, transportasi/distribusi dan penyimpanan baik dalam suhu ruangan maupun dingin – botol PET akan mengalami penurunan kualitas. Lebih parahnya lagi, pada suhu tertentu di atas rata-rata, bahan PET juga melepaskan beberapa kimia. Jumlahnya kecil, sih. Namun dampaknya akan terasa jika dalam kumulatif jumlah besar.

Botol air mineral memiliki pori (sangat) kecil yang bisa menyerap bau-bau di sekitarnya. Ini berpengaruh pada kesegarannya. Itu kenapa, salah satu anjuran soal air mineral ialah: jangan menyimpan air mineral dekat-dekat dengan benda berbau tajam. Enggak mau kan, pas minum, airnya rasa-rasa celurit gitu. Atau rasa belati, mungkin. Atau yang lebih nyesek lagi, air mineral rasa… yang dulu pernah ada.

2. Bagi pabrik, tanggal kadaluwarsa berfungsi untuk pengaturan produk.

via: Air-Minum-Oxy.blogspot.com
via: Air-Minum-Oxy.blogspot.com

Ada sebuah metode yang diberi nama metode first in first out (FIFO), yakni sebuah metode dalam mengatur barang jualan, di mana produk yang diterima lebih dulu akan ditaruh paling depan, sehingga akan laku duluan. Untuk tahu mana produk yang masuk duluan atau masuk belakangan, harus banget ada tanggal kadaluwarsa kan ya.

Produk yang datang dengan tanggal belakangan akan ditaruh di belakang produk yang belum laku. Begitu seterusnya. Sistem seperti ini akan mempermudah pengaturan, terutama secara manual. Selain itu, tujuannya juga agar barang-barang yang lebih dulu masuk, bisa laku terlebih dahulu. Karena dari pihak perusahaan air mineral sangat tidak merekomendasikan untuk menyimpan dalam waktu lama. Karena dikhawatirkan nanti nasibnya akan sama seperti kenangan kamu, Kawan Muda. Paham ya!

3. Selain itu juga berguna untuk pendataan.

via: YouTube.com
via: YouTube.com

Pihak perusahaan air mineral kerap mendatangkan orang-orangnya ke toko-toko, untuk memantau penjualan air mineralnya di lapangan. Adanya tanggal kadaluwarsa ini penting, karena pihak perusahaan jadi bisa melacak, mana-mana saja produknya yang sudah lama ‘ngendon’ di toko, atau mungkin sudah ada yang mendekati 2 tahun, dan waktunya ditarik dari peredaran.

4. Mematuhi aturan pemerintah.

via: kota-wisata-malang.blogspot.com
via: kota-wisata-malang.blogspot.com

Air mineral termasuk dalam produk makanan atau minuman konsumsi. Jadi, untuk semua produk makanan atau minuman konsumsi, oleh pemerintah diwajibkan agar memiliki tanggal kedaluwarsa. Sebagai pengusaha yang baik, sebagai warga negara yang patuh, sudah sepantasnya memenuhi peraturan birokrasi pemerintah, bukan?

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.