6 Alasan kenapa cowok pemalu lebih genit di medsos daripada ngobrol langsung

cowok-medsos
Foto : www.huffingtonpost.com

Pada dasarnya karakter cowok itu bermacam-macam. Ada yang memiliki kepercayaan diri tinggi, cowok pinter olahraga, tukang gombal, cowok sensitif, baperan sampai yang pemalu banget.

Cowok : Kamu suka coklat ya?

Cewek : Kok tau?

Cowok : Iya soalnya kamu manis banget ^_^

Cewek : Masa sih? Ketemuan yuk?

Cowok : is writing a message…..

.

.

.

Cowok : is writing a message…..

.

.

.

Cowok : is writing a message…..

Cewek : Kok lama ngetiknya?

Cowok : Mmmm…jangan deh aku malu kalau ketemu langsung hehehe

Cewek : *offline*

***

Nah, tipe pemalu ini sering dikatai sebagai cowok pengecut, nggak bakalan berani mulai duluan kalau nggak dipancing terutama dihadapan lawan jenis. Anehnya lagi, kebanyakan dari mereka beraninya cuma di medsos aja. Jadi nggak jarang kalau mereka lebih genit di dunia maya dibanding ketemu langsung. Sebenarnya kenapa sih cowok pemalu kayak gitu? Mungkin ini alasannya

1. Karena takut menerima penolakan dari lawan mainnya

Cowok pemalu biasanya lebih banyak ngomong dalam hati atau melalui tulisan daripada diutarakan secara lisan. Itu kenapa media sosial jadi tameng buat dia untuk mengekspresikan diri.

Tapi misalnya kalau diajak ketemuan sama cewek, mereka cenderung perang batin dan suka menyimpulkan sesuatu yang belum terjadi karena takut menerima penolakan.

“Kalau dia ilfil sama aku gimana ya? Aduh, iya kayaknya dia ilfil sama aku nih. Nggak jadi ketemuan aja lah”

cowok-sosmed
Foto : topscience.net

Padahal si cewek biasa aja. Itu kenapa dia lebih suka main medsos karena nggak ketemu langsung. Kalaupun terjadi penolakan tinggal diunfriend, kelar urusan.

2. Lebih jadi diri sendiri dalam dunia maya ketimbang bertatapan langsung.

Bagi mereka, medsos yang paling mengerti dirinya dan paling tau apa yang dibutuhkan. Mereka bisa berteman dengan orang-orang yang pemalu juga karena sering chating dan nggak perlu bertatap muka. Kayaknya medsos itu membuat diri mereka lebih terbuka daripada harus face to face.

3. Cowok pemalu lebih suka mencurahkan perasaannya melalui tulisan dari pada merangkai kata-kata.

Seperti yang dijelaskan di awal, cowok pemalu memang lebih terbuka melalui tulisan daripada lisan. Karena bisa memikirkan kata-kata apa yang ingin diucapkan biar nggak salah ngomong. Pemalu itu identik dengan sikap hati-hati dalam apapun, meminimalisir kesalahan dalam bergaul termasuk berbicara dengan orang.

4. Karena dia suka canggung dan gerogi duluan.

pegang-hape
Foto : nrf.com

Selain identik dengan sikap hati-hati, mereka cenderung memiliki kepedean yang minim (minder). Jadi kalau berhadapan langsung dengan orang suka canggung dan gerogi. Mulutnya kayak dikunci, berbeda ketika di dunia maya. Mereka bebas berekspresi dengan caranya sendiri tanpa takut salah.

5. Nggak ada pengalaman dalam bersosialisasi terutama dengan lawan jenis.

Lingkungan juga mempengaruhi loh, kenapa cowok pemalu lebih asik di medsos daripada ketemu langsung. Mungkin aja karena mereka jarang komunikasi sama banyak orang, nggak suka punya banyak teman atau nggak pernah ngomong di depan umum. Itu bisa membentuk karakter pemalu dalam dirinya.

6. Kenapa lebih genit di sosmed? Mungkin karena dia emang penakut.

Kalau semua poin nggak ada yang pas, mungkin emang cowok itu penakut. Seperti persepsi yang udah dilabelkan sebelumnya, kalau cowok pemalu itu identik dengan penakut atau pengecut. Beraninya di medsos doang. Ah itu mah berarti nggak lakik!

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll