Tahu nggak sih, ini lho 8 produk asal Indonesia yang sering disangka produk luar negeri

donat jco
Foto : id.openrice.com

Kamu suka banget belanja barang luar negeri? Suka pamer produk luar negeri biar lebih percaya diri? Merasa mengenal beberapa brand asli asal Amerika, Korea, Jepang hingga Paris? Yakin barang-barang kamu asli dari sana?

Yakinlah …

Coba sebutkan yang kamu tau?

Sophie Paris, Buccheri, Polytron…

Eits… tunggu itu mah asli Indonesia semua

Ah..masa?

Iya guys, kamu sering mengira kalau merk-merk tadi asli luar negerikan? Mengingat harganya yang lumayan mahal dan lokasi untuk menjualnyapun tergolong di tempat-tempat yang bagus juga seperti mall atau toko besar lainnya. Selain yang kamu sebutkan tadi masih banyak kok yang ternyata merk-merk itu asli buatan Indonesia, bukan buatan luar negeri.

Ini dia penjelasannya…

1. Seperti yang disebutkan tadi, Buccheri salah satunya.

buccheri
Foto : bieberhoran.blogspot.com

Produk sepatu dan tas ini nyatanya emang udah menarik perhatian mata para cewek-cewek. Bahan kulit mengkilat dan model sepatu yang bervariasi kerab menjadikan produk ini terlihat seperti brand Italia.

Nggak memungkiri memang banyak yang menyangka demikian, tapi taukah kamu bahwa Buccheri ini asli Indonesia? Buccheri adalah produk Indonesia yang diproduksi tahun 1980 dan dipegang oleh PT. Vigano Cipta Perdana.

Jadi, bukan produk asing ya guys…hehe

2. Sama halnya dengan Shopie Paris.

sophie paris
Foto : www.sophieparisku.com

Hanya karena nama belakangnya menggunakan embel-embel Paris, bukan berarti produk tas ini asalnya dari Paris, Perancis. Banyak yang salah sangka nih soal merk yang satu ini.

Nyatanya setelah ditelusuri, Sophie Martin atau Sophie Paris ini dikelola oleh perusahaan busana Indonesia yang berdiri di Jakarta sejak tahun 1995. Nama Paris sendiri berasal dari pendirinya yaitu sepasang suami-istri yang berkebangsaan Perancis bernama Bruno Hasson dan Sophie Martin.

Nah, terkecoh sekaligus bangga sama Negara sendiri bukan?

3. Termasuk Polytron, merk elektronik asli Indonesia juga kok.

polytron
Foto : logo-share.blogspot.com

Didirikan pada 16 Mei 1975, PT. Indonesian Electronik & Engineering ini mengeluarkan produk bernama Polytron. Tahun 1976, perusahaan ini sempat berganti nama menjadi PT. Hartono Istana Electronic kemudian melakukan merger menjadi PT. Hartono Istana Teknologi.

Perusahaan yang memproduksi barang-barang elektronik ini sering disangka produk asing tapi aslinya ya di Indonesia-Indonesia aja

4. Sepatu Tomkins kamu kira dari luar negeri?

tomkins

Produk sepatu yang satu ini benar-benar sukses mengecoh. Banyak yang menyangka produk ini datang dari perusahaan asing atau bikinan luar negeri.

Padahal Tomkins sendiri, berdiri di bawah naungan PT. Promarindo Asia Infrastrukture Tbk. Lagi-lagi, mungkin karena bahan dan harga yang berkualitas membuat kita menyangka kalau Tomkins buatan luar tapi sekaligus juga membuktikan bahwa kita sebagai warga Negara Indonesia telah meremehkan ‘ploduk-ploduk’ Indonesia…hmmm…

5. Sepeda Polygon datangnya dari Indonesia.

sepeda polygon copy
Foto : www.segatakbar.com

Sepeda yang satu ini ternyata made in Indonesia yang sudah mendunia. Karena orang taunya sudah mendunia pada akhirnya sepeda ini sering dicap buatan luar negeri. Saat ini, Polygon telah dikenal luas di kawasan Asia dan terus melebarkan sayap ke kawasan lainnya di pelosok dunia. Produk Indonesia yang nggak kalah hebat ya Polygon salah satunya.

6. Eiger.

eiger shop
Foto : outlive-shop.com

Anak gunung, anak mbolang pasti gemar menggunakan merk ini termasuk tas, sepatu dan sandal yang terkenal kekuatannya itu. Karena bahannya yang awet sering dikait-kaitkan bahwa Eiger termasuk produk luar negeri. Tapi sebenarnya Eiger ini salah satu produk Indonesia loh..

7. Kalau dari makanan ada Hoka-Hoka Bento.

hoka hoka bento
Foto : anakjajan.com

Makanan yang sering digembar-gemborkan dari Jepang ini nyatanya juga dari Indonesia aja kok. Style-nya yang Jepang banget inilah yang bikin orang mengira kalau Hokben merupakan restoran dari Jepang. Padahal, Hoka Hoka Beto ini didirikan pada tahun 1985 di bawah PT. Eka Bogianti.

8. Donat J.CO.

donat jco
Foto : id.openrice.com

Kita Muda rasa sih, kamu udah nggak asing lagi ya sama makanan terkenal yang satu ini. Donat ini sering banget nongol di Instagram buat bergaya ala-ala orang Amerika. Padahal, usut punya usut kenikmatan donat ini ternyata produk Indonesia yang berdiri pada 26 Juni 2005 di Lippo Karawaci. Tapi emang bener kok kalau produk yang nggak cuma menjual donat ini, ada yogurt dan kopi nyatanya telah mendunia.

Nah, itu dia beberapa produk yang sering kita mikirnya produk luar, eh ternyata produk buatan dalam negeri. Keren kan. ?

Jadi, banggalah menjadi warga negara Indonesia dan banggalah menggunakan produk-produk dalam negeri.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll