Hal-hal yang tanpa disadari menyebabkan waktu terbuang sia-sia

waktu
Foto : serambiminang.com

Apa harta yang paling berharga menurut Kawan Muda? Uang? Emas? Investasi? Pendidikan? Usia seseorang? Mobil? Rumah? Kebanyakan dari kita jawabannya pasti nggak jauh-jauh dari jawaban di atas. Yang paling berharga kalau bukan mobil, rumah, ya uang. Jawaban di atas justru bertentangan dengan jawaban orang-orang sukses.

Bagi mereka, harta yang paling berharga, tiada bandingannya, adalah WAKTU. Waktu manusia sudah ditentukan sejak ia lahir ke bumi. Tidak seperti harta yang jumlahnya bisa bertambah, waktu sama sekali tidak bisa bertambah. Sebaliknya, ia mengalami pengurangan terus-menerus. Bahasa akuntansinya, depresiasi, a.k.a penyusutan.

Semakin bertambah usia Kawan Muda artinya semakin pendek masa hidup Kawan Muda tinggal di bumi. Sudah dimanfaatkan untuk apa sajakah waktu-waktu Kawan Muda selama ini? Kawan Muda tau nggak sih, deretan hal-hal di bawah ini tanpa kita sadari sudah menyebabkan waktu kita terbuang sia-sia, lho! Pastikan jangan sampai kamu terjerumus ke hal-hal di bawah ya.

1. Kelamaan di lampu merah. Tanpa disadari, kita telah mengorbankan 90 menit selama sebulan hanya untuk menunggu lampu merah.

traffic light
Foto : ngapainaja.com

Lampu merah. Bukan, bukan, lampu merah di sini bukan lampu yang ada di belakang kendaraan. Bukan juga lampu merah yang ada di diskotik. Duh apalagi itu! lampu merah di sini maksudnya lampu yang biasanya dipasang di jalanan. Nama kerennya traffic light.

Hampir pasti nggak ada orang Indonesia yang suka sama lampu merah. Semuanya pengen cepet-cepet menghindar. Syukur kalau bisa lolos. Kalau nggak bisa lolos, mau gimana lagi?

Lamanya lampu merah di Indonesia rata-rata 60 detik atau 1 menit. Berapa kali dalam sehari Kawan Muda harus melewati lampu merah? Anggap saja misalnya 3 kali sehari. Berarti dalam sehari Kawan Muda sudah membuang waktu sebanyak 3 menit! Yuk kalikan. 3 menit x 30 hari = 90 menit! Wah lumayan tuh 90 menit udah dapet kuliah 2 sks!

2. Kelamaan buang air besar. Tanpa disadari, kita sudah mengorbankan waktu hingga ratusan jam buat aktivitas yang satu ini!

di toilet
Foto : cloverjelly.com

Iya, kita semua tahu buang air merupakan peristiwa alamiah yang tidak bisa dihindari manusia. Tapi nggak ada salahnya kan menghitung berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk buang air.

Rata-rata orang normal buang air besar sehari sekali. Rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 5-10 menit. Mari hitung waktu buang air kita 10 tahun terakhir. Tiap tahun ada 365 hari. Jika 10 tahun, maka ada 3.650 hari, menjadi 3.652 hari karena melewati dua kali tahun kabisat. Kalikan lagi dengan 5 menit.

3652 hari x 5 menit = 18.260 menit. 304 jam! Hanya untuk buang air. Itu baru hitungan 5 menit lho. Belum yang buang airnya hingga 10-15 menit.

3. Kuliah. Eh, kuliah?

kuliah
Foto : blog.djarumbeasiswaplus.org

Kuliah? Kuliah buang-buang waktu? Kok bisa? Dari mananya?

Yep! Kuliah akan menjadi buang-buang waktu jika sudah salah niat sejak awal. Lebih buang-buang waktu lagi jika hanya malas-malasan menjalankannya. Apalagi jika akhirnya ilmu yang didapat di bangku kuliah sama sekali tidak disalurkan.

Nggak mau rugi selama 4 tahun? Kuncinya cuma satu, pertimbangkan semuanya dengan bijak. [BACA : Lakukan tips berikut agar kamu bisa keluar dari belenggu “suka menunda pekerjaan”]

4. Meluangkan waktu untuk update status dan mengurus jejaring sosial.

update status di social media
Foto : www.pexels.com

Semakin banyak jejaring sosial yang kita punya, semakin ia menyita waktu.

Ah, cuma 5 menit.
Ah, cuma sebentar.
Ah, cuma 1 kali.
Ah, nggak papa kepo bentar.
Ah, nggak ada salahnya balesin chat bentar.

Hingga banyak ah, ah, ah yang muncul sampai kita tidak tahu berapa lama waktu yang terbuang. Pernah nggak sih Kawan Muda niatnya cuma 5 menit buka Facebook eh tau-tau 3 jam terlewat begitu saja? Pasti pernah!

Pesan dari Kita Muda, jangan sampai kita dikendalikan jejaring sosial. Kitalah yang seharusnya mengendalikan mereka.

***

Itulah tadi daftar beberapa hal yang tanpa disadari menyebakan waktu kita terbuang sia-sia. Ada lagi nggak?

Wah miris juga ya ternyata kalau waktu kita terbuang karena hal-hal sepele di atas. Nggak tanggung-tanggung bisa sampai ratusan bahkan ribuan jam! Ckckck. Yuk mulai sekarang harus lebih peduli sama waktu yang kita gunakan.

Written by Mariam G.P. Aulia

Cewek biasa-biasa aja | Suka menyendiri | Suka makan bakso dan minum coklat anget.