12 formasi awan paling indah dan unik di berbagai tempat di dunia. Bikin merinding, keren banget deh!

9.556 views
via: matadornetwork.com

Bumi seakan-akan tak pernah berhenti membuat kita kagum dengan fenomena alamnya. Pernahkah suatu kali Kawan Muda memandang ke langit dan melihat gumpalan awan membentuk satu formasi yang indah?

Rasanya sayang kalau tidak mengabadikannya. Apalagi jika bentuknya langka dan hanya muncul di waktu-waktu tertentu. Dan beberapa fotografer tampaknya sigap menangkap fenomena alam luar biasa tersebut.


BACA JUGA : Romantis banget! Fotografer ini lamar kekasihnya dibawah cahaya aurora Skandinavia, dan fotonya keren abis!


Kawan Muda penasaran dengan hasil jepretan para fotografer tersebut? Yuk, kita lihat sama-sama fotonya.

1. Awan lenticular di atas Gunung Fuji, Jepang.

via: matadornetwork.com

Altocumulus lenticularis adalah awan unik yang biasanya terbentuk di daerah perbukitan dan gunung-gunung. Nah, awan ini terbentuk karena pergerakan udara di kawasan tersebut. Bentuknya yang unik seperti piringan membuatnya mirip UFO, ya!

2. Awan mammatus di langit Fort Worth, Texas.

via: matadornetwork.com

Disebut mammatus (payudara) karena bentuknya bulat-bulat dan seolah-olah menggantung di langit. Awan ini bisa berjajar sejauh ratusan mil seperti foto di atas, Kawan Muda. Meskipun indah, saat melihat awan ini ada baiknya kamu berada di dalam ruangan ya.

3. Awan asperitas yang tidak biasa di wilayah Canterbury, Selandia Baru.

via: matadornetwork.com

Whoa, keren banget ya Kawan Muda! Padahal asli, tapi kayak editan ya awannya. Awan asperitas termasuk jenis yang langka dan baru dikenali secara resmi pada Juni 2015.


BACA JUGA : Karya 14 fotografer cilik ini mencuri perhatian dunia dan memenangkan kontes foto internasional National Geographic 2016!


4. Awan nacreous yang menghiasi Antartika.

via: matadornetwork.com

Salah satu jenis awan langka dan paling tinggi di bumi. Awan ini terbentuk dekat dengan kutub di musim dingin yang sangat ekstrem. Meskipun memiliki warna-warni yang cantik, awan nacreous ternyata “berbahaya”. Awan ini memicu reaksi kimia yang mengubah CFC menjadi klorin  dan ini bisa menghancurkan lapisan ozon.

5. Pemandangan awan lenticular yang tampak seperti UFO di atas Gunung Rainier, Washington.

via: matadornetwork.com

Wah, kalau awan lenticular di atas Gunung Rainier ini benar-benar kayak UFO. Hmm, jangan-jangan penampakan UFO yang tertangkap kamera selama ini adalah penampakan awan lenticular.

6. Awan cumulonimbus yang tampak seperti gumpalan kapas di British Columbia, Kanada.

via: matadornetwork.com

Tergolong awan yang paling indah, tapi awan ini menghasilkan petir dan benih hujan. Ukurannya yang besar dan mengandung badai di dalamnya membuat dunia penerbangan “takut” dengan awan ini.


BACA JUGA : 16 Foto bumi dulu dan sekarang: kamu bisa melihat, bagaimana manusia “berhasil mengubah” wajah planet ini


7. Keindahan altocumulus dilihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

via: matadornetwork.com

Awan ini keren banget, kelihatan kayak salju  atau gumpalan kapas ya, Kawan Muda. Nah, awan ini terbentuk di ketinggian  6.500—23.000 kaki.

8. Keindahan awan noticulent di dataran tinggi Tibet.

via: matadornetwork.com

Satu lagi awan keren yang berhasil diabadikan kamera. Awan ini biasanya muncul pada musim panas di antara lintang 50o Lintang Utara dan 70o Lintang Selatan.

9. Awan morning glory yang luar biasa menakjukan di langit Queensland, Australia.

via: matadornetwork.com

Awan menakjubkan yang terkenal di Australia, berbentuk seperti gulungan yang panjangnya bisa mencapai 1.000 km! Awan ini biasanya muncul antara bulan September hingga pertengahan November. Meskipun indah dan unik, awan ini sering menjadi penyebab turbulensi.

10. Penampakan awan mammatus di Norman, Oklahoma.

via: matadornetwork.com

Hmm, kalau enggak ada petir yang tertangkap kamera, pasti langitnya kelihatan keren banget. Berasa di film fiksi!

11. Bentuk awal lenticular yang tidak biasa di langit Seattle.  

via: matadornetwork.com

Berbeda dengan awan lenticular pada umumnya yang berbentuk UFO, penampakan awan lenticular di langit Seattle ini malah berbentuk seperti serabut-serabut kapas.


BACA JUGA : Usia Bumi sudah tidak lama lagi. Kenapa? 8 Alasan ini akan menjawabnya…


12. Satu lagi penampakan awan noticulent yang luar biasa indah di Viljandimaa, Estonia.

via: matadornetwork.com

Melihat awan ini jadi teringat patronus yang keluar dari tongkat sihir Harry Potter ya Kawan Muda? Hehe.

Gimana, indah-indah kan formasi awannya? Kawan Muda suka yang mana? Kalau mimin Kita Muda sih suka yang nomor 12. Share pendapatmu di kolom komentar, ya 🙂