Salah satu ujian terberat dalam kehidupan anak sekolah dan kuliahan adalah ulangan harian atau ujian akhir. Meski  tujuan guru atau dosen bikin ulangan atau ujian untuk “menguji” kembali apa yang udah dipelajari, nggak tau kenapa kalau dengar kata ujian bisa bikin deg-deg-an berkepanjangan dan berasa beraaaat gitu. Apalagi kalau dalam sehari ada tiga pelajaran yang diujikan, argh, rasanya kepala mau pecah! Setuju nggak, Kawan Muda?

Setiap orang pasti punya strategi masing-masing ya biar lancar dan bebas hambatan pas ngerjain ujian. Nggaj jarang nih kalau masuk musim-musim ujian, orang-orang bisa berubah jadi unik dan kelihatan sifat aslinya, hehe. Umumnya nih ya, kalau mau ujian pasti kita belajar atau punya persiapan khusus lah. Tapi ada juga yang pasrah banget atau bahkan berserah diri pada kebaikan teman di meja sebelah.

Nah, kali ini Kita Muda bakalan bahas nih tipe-tipe teman yang bakalan kamu temuin pas lagi ujian dan kamu pasti udah kenal banget sama yang kayak begini (atau mungkin kamu sendiri, hehe.).

1. Teman yang lupa nggak belajar dan buru-buru belajar di menit-menit terakhir

via: irishessays.com

Ada nih teman-teman yang nggak merasa ujian itu beban. Saking nggak merasa terbebani, dia sampai lupa kalau hari itu ujian atau nggak tahu materi apa yang akan diujikan. Pas datang ke sekolah liat yang lain pada sibuk belajar, dia bakal panic tapi nggak sepanik kamu yang sudah belajar.

Entah apa yang akan terjadi padanya, tapi dia bisa-bisa saja melewati fase-fase menyeramkan itu dan melupakannya.

2. Bilangnya sih nggak belajar, tapi kenyataannya sudah bikin catatan semalaman.

via: school3079.rssing.com

Kalau yang sebelumnya bilang dia nggak belajar karena BENERAN lupa, yang ini bilang nggak belajar karena nggak mau yang lain tahu. Biasanya nih orang yang begini nantinya pingin dipuji kalau dapat nilai bagus ATAU nggak mau dicontekin sama yang lain. Pasti ada nih yang begini ini….

3. Teman yang masih belajar di menit-menit terakhir dengan tingkat kepanikan tinggi.

via: hindustantimes.com

Sebenarnya dia udah belajar sih di rumah, tapi masih belum puas saja sama hasil belajarnya. Akhirnya, menjelang ujian dia masih berusaha menghafal atau belajar sesuatu.

Wajahnya terlihat panik dan bibirnya komat-kamit nggak berhenti. Dunia sudah menjadi miliknya deh sampai guru atau dosen datang dan meminta semua menutup buku.

4. Si “berserah diri” kepada-Nya alias teman yang pasrah dan menyerahkan semuanya kepada keajaiban Tuhan.

via: kemptonexpress.sites.caxton.co.za

Pasti ada nih satu teman yang terlihat santai dan nggak ambil pusing dengan teman-teman lain yang sudah belajar atau sibuk belajar sendiri. Dia sudah dalam tahap PASRAH dan berharap akan datang keajaiban saat mengerjakan.

5. Teman yang begadang semalam suntuk dan datang-datang terlihat mengantuk.

via: blog.sciencegeekgirl.com

Begadang pas lagi ujian sih bukan hal yang luaarrrr biasa ya. Semuanya juga pasti belajar semalaman, apalagi kalau materinya susah dan sehari ada lebih dari satu ujian.

Kalau tipe teman yang ini nih, biasanya rela  nggak tidur dan membaca detail semua materi. Pokoknya nggak boleh terlewatkan! Dan kalau kamu lihat dia datang pagi-pagi, wajahnya mengantuk atau bahkan datangnya telat.

6. Ketika udah mengerjakan ujian, ada teman yang suka tanya-tanya aturan dalam soal hingga cara menjawab soal.

via: activedrivingmd.com

Teman yang satu ini SANGAT berisik. Pas kamu sudah berusaha focus membaca arahan dalam soal dengan baik dan mulai mengerjakan, dia tiba-tiba meemcah keheningan dengan bertanya.

Hmm, kalau sekali atau dua kali sih nggak masalah. Tiba-tiba di tengah-tengah ujian dia heboh sendiri dan kembali bertanya-tanya. Padahal kalau dibaca-baca arahannya sudah SANGAT jelas.

7. Teman yang suka menjawab soal essay panjang lebar dan lembar jawaban ujiannya nambah.

via: collegeroad.ie

Buat kamu nih yang ada soal essay di ujian, pasti pernah mengalami hal ini. Harapan kamu sih analisis aja seperlunya yang penting menjawab pertanyaan di soal.

Tapiii…ada saja teman kamu yang menjawab satu nomor saja panjangnya satu halaman kertas folio atau bahkan lebih. Nggak tahu apa yang dianalisis dan ditulis di dalamnya, tapi itu cukup bikin kamu minder juga. MAKIN bikin minder saat dia minta lembar kertas jawaban tambahan. APAA!!!!

8. Ada juga nih mereka yang suka selesai duluan saat mengerjakan ujian.

via: kemptonexpress.sites.caxton.co.za

Kalau teman yang begini ini bisa dibedakan lagi jadi dua tipe: mereka yang emang benar-benar pintar atau mereka yang sudah lelah dan ingin cepat mengakhirinya, hehe.

Saat kamu masih sibuk cek ulang jawaban atau bahkan masih banyak nomor yang kosong, temanmu yang satu ini tiba-tiba bangkit dari duduknya dan berjalan percaya diri sambil mengumpulkan kertas jawabannya di meja. Nah, mereka ini biasanya yang langsung dapat sorakan “Waaah, kereen! Cepat banget selesainyaa…”

9. Mereka yang coba-coba jawab dan kalau beruntung sih dapat contekan.

via: sec-ed.co.uk

Kamu pernah kan ngerasa udah buntu banget mengerjakan ujian dan udah nggak tahu mau dijawab apa. Akhirnya, kamu menghitung kancing atau milih opsi dengan kalimat yang paling panjang, anggap saja opsi jawaban yang paling panjang adalah jawaban yang benar.

Bisa juga nih, saat kamu benar-benar udah nggak mampu menjawab, harapankamu pasrahkan pada teman yang ikhlas memberi tahu jawabannya padanmu. Kalau nggak ada yang kasih bocoran, kamu tetap menghitung kancing dan menerka-nerka. Anehnya, yang begini ini biasanya dapat nilai bagus! Iya nggak?

10. Teman-teman pelit dan mereka yang suka makan teman.

via: nation.com.pk

Teman-teman kadang akan bersatu dan bisa jadi baiiik banget pas lagi ujian; saling gotong royong mengisi kekosongan pada lembar jawaban masing-masing. Ya, kalau yang baik banyak yang culas juga nggak sedikit sih, apalagi yang diam-diam suka makan teman.

Mereka yang udah janji-janji mau nyontekin tapi pas dipanggil atau dikode pura-pura nggak dengar bisa bikin emosi ya. Atau, mereka yang terkesan baik banget bagi-bagi jawaban, tapi jawabannya salah dan menjerumuskan juga rasanya bikin kecewa.

***

Hmm, kalau kamu yang mana, Kawan Muda?