10 Hal Ini Tampak Biasa Saja Jika Dilakukan di Indonesia, tapi Dianggap Enggak Sopan di Luar Negeri. Wadidaw, Padahal Begini Doang :”(

24.126 views
via: Berbagai sumber

Kalau kata pepatah sih “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”, setiap tempat pasti memiliki aturan atau adat istiadat yang berbeda satu sama lain. Misalnya nih, bagi kita yang tinggal di Indonesia, kalau makan ya harus dihabiskan, jangan sampai ada sisanya. Namun, ada Negara yang menganggap hal tersebut (makan sampai tak ada yang tersisa di piring) sebagai tindakan yang ‘kasar’.

Waduh, padahal kan kata orangtua pas kita masih kecil, kalau menyisakan nasi di piring nanti nasinya nangis. Hemm, bisa ya ada perbedaan pandangan yang cukup ‘nyentrik’ begini.  Nah, Kita Muda sudah menghimpun nih beberapa fakta mengejutkan lainnya terkait hal-hal yang biasa saja saat dilakukan di Indonesia, tapi terlihat kasar kalau dilakukan di negara-negara tertentu. Apa saja?

1. Kalau datang ke restoran atau kafe, memberi ‘tips’ adalah hal yang umum dilakukan oleh pelanggan. Ya mau kasih boleh, kalau enggak juga enggak masalah. Namun, jika melakukan hal ini di Jepang, kamu akan dianggap ‘merendahkan’ mereka! Waduh, seram juga…

via: CNBC.com

2. Menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas memang tak dianjurkan, tapi kita sih menganggapnya biasa saja kalau kepepet banget atau memang kidal. Di India, hal tersebut benar-benar di-la-rang! Mereka menganggap tangan kiri itu kotor sehingga jangan pernah melakukan tangan kiri saat beraktivitas—meski kepepet sekalipun! Ya, kecuali kamu lagi buang air gitu…

via: shutterstock.com

BACA JUGA:


3. Masih di India, membuka kado di depan si pemberi kado membuatmu tampak seperti orang yang serakah. Hemm, padahal di Indonesia sih biasa-biasa saja ya. Mau buka di depan si pemberi atau enggak, yang penting jangan lupa bilang terima kasih saja sih ke si pemberi kado :”)

via: thedailymeal.com

4. Indonesia terkenal dengan orangnya yang ramah-ramah. Ketemu orang yang enggak dikenal pun, kita pasti bisa melayangkan senyuman ramah jika enggak sengaja melakukan kontak mata. Kalau kamu melakukan hal ini di Rusia, beuh, bakal dianggap ada niat jahat deh karena senyuman orang asing diartikan sebagai senyum palsu atau enggak tulus.

via: vice.com

5. Selanjutnya adalah membunyikan klakson. Hemm, kamu pasti sering melakukannya untuk memperingatkan pengendara lain atau kode saat menjemput orang misalnya. Di Norwegia, membunyikan klakson bisa bikin orang-orang panik. Yup, di sana klakson hanya digunakan dalam keadaan darurat untuk menginformasikan adanya bahaya.

via: digitaltrends.com

6. Menghabiskan makanan hingga tak ada yang tersisa di atas piring adalah hal yang biasa saja dilakukan di Indonesia, diharuskan malah. Di Tiongkok, tindakan tersebut menyiratkan bahwa kamu merasa kurang dengan sajian yang dihidangkan. Itulah sebabnya, kamu harus menyisakan sedikit di atas piring.

via: Shilpsnutrilife.com

7. Berbicara dengan kedua tangan diletakkan di saku adalah hal yang wajar jika dilakukan di Indonesia. Namun, kamu bakal dianggap enggak sopan atau kasar kalau melakukannya di Jerman.

via: mentalfloss.com

8. Di Indonesia, kamu bisa membuang ingus di mana saja, yang penting bawa tisu dan membuangnya di tempat yang benar. Nah, di Perancis, meskipun kamu pakai tisu sekalipun, hal tersebut tetap terlihat menjijikkan. Lebih baik kamu melakukannya di kamar mandi deh kalau lagi di Perancis.

via: viralsection.com

9. Kalau pesan taksi atau angkutan online, beberapa dari kamu biasanya suka duduk di kursi belakang ketimbang di dekat supir. Di Australia, Selandia Baru, dan Skotlandia, hal ini dianggap melanggar prinsip egaliter (persamaan derajat).

via: Shutterstock.com

10. Begitu juga dengan menanyakan kesibukan atau pekerjaan seseorang di Belanda. Negara tersebut menganut sistem kesejahteraan sosial sehingga menanyakan pekerjaan orang yang baru kamu kenal akan membuatmu tampak diskriminatif.

via: thelily.com

Ya, meskipun kedengarannya ‘nyentrik’, peraturan tetaplah peraturan. Kalau Kawan Muda kebetulan berkunjung ke negara-negara di atas, jangan lupa diingat-ingat ya peraturannya biar enggak menemukan kesan buruk…

Sumber: Viral Section