Mitos pada kucing yang sulit dipercaya dan melekat di kalangan masyarakat

pria dengan kucing

Hewan yang satu ini mengandung unsur cute, manja, menggemaskan dan tiap tingkahlakunya lucu. Diskripsi itu emang pas banget ditujukan untuk kucing. Meski banyak banget keimutan yang dimiliki, kucing nyatanya sering dikait-kaikan dengan berbagai mitos di kalangan masyarakat. Padahal mitos tersebut belum terbukti loh kebenarannya. Kira-kira apa aja mitos yang beredar? Yuk !

#1. Kucing punya 9 nyawa

Foto : youtube.com

Hal ini sering banget ya kamu dengar. Kucing bernama ilmiah Felis Catus ini memang digadang-gadang memiliki 9 nyawa. Soalnya orang sering lihat tuh, ketika dia jatuh dari genteng rumah si kucing masih sehat walafiat bahkan bisa bangun lagi dengan entengnya.

 

BACA JUGA: Kisah sedih seekor kucing yang menghabiskan waktunya demi berada disisi makam majikannya

 

Nah, ini perlu diluruskan. Logikanya sih, Tuhan itu menciptakan satu nyawa untuk setiap makhluk hidupnya, nggak terkecuali kucing. Namun, kucing memang memiliki kelebihan lain. Berdasarkan penelitian dari ilmuan asal Perancis, Etienne Jules Marey pada tahun 1894, kucing memang memiliki keseimbangan yang baik.

Kucing akan segera membalikkan badannya ketika ia jatuh dalam kondisi terbalik. Kakinya akan ikut merenggang untuk ancang-ancang pijakan sempurna saat mendarat dari lompatan tinggi. Saat menyentuh tanah, kakinya akan sedikit di tekuk untuk mengurangi kecepatan saat jatuh.

#2. Jika kucing melompati mayat, si mayat akan bangkit kembali

Foto : eskipaper.com

Serem deh tiap kali ada orang meninggal dan kita sering membayangkan ada kucing melompati mayatnya, sehingga bisa hidup kembali. Apalagi kalau diloncati kucing hitam, dijamin deh bakalan sial.

Duh..duh mitos itu bener-bener melekat ya. Nggak tau asal usul mitos tersebut dari mana tapi kalau dipikir baik-baik, belum ada ceritanya sih ada mayat hidup lagi setelah dilompati kucing. Kecuali kalau orang mati suri dan adanya cuma disinetron doang.

#3. Hati-hati loh, nabrak kucing nanti kena sial 7 turunan

Foto : stylearena.com

Yang namanya musibah itu bisa datang dari manapun. Termasuk ketika orang yang kaget melihat kucing nyebrang dadakan dan secara nggak sengaja tertabraklah si kucing. Waduh, tentu bikin merinding. Sebab yang ada dipikiran langsung mengarah ke mitos yang mengatakan kalau nabrak kucing nanti sialnya sampai 7 turunan.

 

BACA JUGA: Negara-negara ini memperlakukan jomblo secara kejam! Ada yang sampai diculik lalu dilempari kayu!

 

Percaya nggak percaya, mitos ini sebenarnya dibuat sebagai peringatan untuk meningkatkan kewaspadaanmu ketika berkendara. Jika hal ini sampai terjadi padamu, paling tidak kamu bisa menguburnya sebagai bentuk tanggung jawab dan respect kepada binatang. Nah, kalau kayak gini lebih logis kan?

#4. Pertanda beruntung jika ada kucing yang manja di kakimu

Foto : pinterest.com

Well, ternyata nggak semua mitos itu serem kok. Beberapa orang percaya kalau kucing itu membawa keberuntungan. Terutama ketika kucing tiba-tiba datang dan berlagak manja di kakimu. Artinya bisa apa aja, salah satunya kamu akan mendapat rejeki. Ada lagi mitos yang menguntungkan ketika kamu mendapatkan kucing peliharaanmu melahirkan sejumlah anak, itu bisa diartikan kamu memperoleh rejeki dan keselamatan.

****

Eniway, apa kamu salah satu orang yang percaya sama mitos kucing tersebut?

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll