Misteri Raibnya Fan BingBing, Artis Terpopuler di China yang Mendadak Hilang Sejak Tiga Bulan Lalu

773 views

Buat kalian penyuka film-film impor dari Asia Timur, khususnya China dan Taiwan, nama Fan Bingbing tentunya sudah tidak asing lagi didengar. Yupsie, Fan Bingbing merupakan artis paling terpopuler di China yang juga menduduki daftar teratas untuk selebriti berpenghasilan paling tinggi di dunia. Bagi kalian penikmat film Hollywood, wajah V-line Fan Bingbing pasti pernah kalian lihat di X-Men: Days of Future Past sebagai Blink.

via: movieweb.com

Sebelum menghilang, Fan Bingbing masih menduduki posisi kehormatan sebagai salah satu juri dalam Festival Cannes yang ke 70 bersama Jessica Chastain dan Will Smith. Cantik, kaya, dan populer, di umurnya yang baru 37 tahun Fan Bingbing sukses berada di puncak dunia. Namun sejak terakhir kemunculannya pada 3 bulan lalu, banyak orang yang bertanya, “kemana sih Fan BingBing?”

Kasus hilangnya Fan Bingbing sebenarnya di awali dengan munculnya kasus double contract yang ditanda tangani olehnya untuk film Cell Phone 2 pada bulan Mei lalu. Kontrak ini berisi nominal pendapatan yang berbeda, dimana kontrak pertama berisi perjanjian pendapatan Fan sebesar 10 juta Yuan, dan kontrak kedua berisi perjanjian pendapatan sebesar 50 juta Yuan. Cui Yongyuan, seorang news anchor yang mengungkap hal tersebut di sosial media, mengklaim bahwa Fan memberikan kontrak yang pertama kepada Pemerintah China untuk menghindari membayar pajak pendapatan tinggi, dengan kenyataan pendapatan Fan yang sebenarnya adalah 50 juta Yuan, bukan 10 juta seperti di kontrak awal. Nah lho, wajar saja ketika Pemerintah China yang pada saat itu sedang gencar-gencarnya untuk memberantas korupsi di China, nama Fan Bingbing segera menjadi salah satu “target” pemerintah ketika kasus ini keluar ke publik.

via: thr.com

Awalnya sih, Fan membantah dengan tegas bahwa Ia melakukan praktik double contract aka Yin-Yang seperti yang di katakan oleh Cui Yongyuan. Namun tepat setelah Ia mengunjungi rumah sakit anak-anak di Tibet, Nepal pada akhir bulan Juni lalu, Fan seolah menghilang begitu saja. Wanita yang menjadi ambassador dari lini Louis Vuitton ini tidak pernah memposting apapun di sosial medianya, yang menurut para fansnya sangat aneh karena Fan merupakan seseorang yang sering memposting kegiatannya di sosial media, terlebih di Weibo dan Instagram.

via: pmcvariety.com

Ada beberapa yang bilang kalau Fan sekarang sedang menjadi tahanan rumah akibat investigasi kasus ini. Ada juga yang mengatakan kalau dia sedang berada di Amerika Serikat untuk mencari perlindungan, dan yang terbaru adalah Fan sudah di tangkap oleh Pemerintah China, dan sedang di tahan dalam tempat “khusus” hingga hasil investigasi selesai. Well, dimanapun Fan berada saat ini, yang pasti kasus ini menjadi “contoh” bagi para selebritas di China untuk mulai menghindari praktik kontrak Ying-Yang. Kontrak Ying-Yang memang menguntungkan, namun di China jika sudah sampai tertangkap secara resmi oleh Pemerintah, maka karir yang sudah dibangun selama ini akan hancur. Buat apa memiliki uang banyak kalau karir kita hancur, ya kan?

Apapun yang terjadi dengan Fan saat ini, semoga dia bisa kembali bermain film seperti sedia kala, seperti yang di katakan oleh fans setianya, “kami akan menunggu kamu kembali, Fan BingBing”. Kamu nungguin Fan Bingbing juga kan, Kawan Muda?

sumber: Berbagai sumber.