Tak hanya Palangka Raya, ibu kota sempat direncakan dipindah ke empat kota ini.

Source : ronaldhutasuhut.com

Wacana soal pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangka Raya kini menjadi buah bibir. Kabar tersebut sebenarnya bukanlah hal yang baru muncul. Niatan untuk memindahkan ibu kota sudah ada sejak lama, bahkan Presiden Soekarno pernah mengungkapkan rencana ini.

Pemerintahan terus bergulir dan rezim pun berganti, wacana pemindahan ibu kota sempat bergulir kembali tapi hal tersebut tidak terjadi. Hingga akhirnya, Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), pada 3 Juli lalu menyatakan rencana pemerintah memindahkan ibu kota di tahun 2018.

Bambang Brodjonegoro juga mengungkapkan bahwa kajian pemindahan ibu kota akan selesai tahun ini dan ibu kota kemungkinan besar dipindahkan ke Pulau Kalimantan. Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah digadang-gadang sebagai kandidat kuat calon ibu kota Indonesia mendatang.

Namun ternyata, selain Palangka Raya terdapat kota-kota lain yang pernah dipertimbangkan sebagai ibu kota baru. Berikut sejumlah kota yang pernah menjadi kandidat ibu kota baru Indonesia, seperti yang dilansir dari Idntimes.com.

1. Palembang, Sumatera Selatan

via: allindonesiatourism.com

Sejak tahun 2005, tokoh masyarakat Palembang sangat mendukung agar ibu kota dari Jakarta ke Palembang. Dukungan ini muncul sebagai respon atas pernyataan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta. Menurut mereka, Palembang layak dijadikan ibu kota negara karena relatif aman dari bencana alam, kawasannya strategis karena dekat dengan ibu kota negara ASEAN lain, serta masyarakatnya sudah lama menjadi “miniatur Indonesia”.

2. Beberapa kota lainnya di Kalimantan 

via: getborneo.com

Selain Palangka Raya, Banjarmasin menjadi kota yang masuk pilihan sebagai ibu kota baru. Posisinya yang strategis, berada di tengah-tengah Indonesia dan lebih baik aksesnya ke pesisir Laut Jawa, membuat kota ini masuk jadi kandidat calon ibu kota baru. Infrastrukturnya juga lebih baik daripada Kalimantan Tengah. Kemudian ada Pontianak di Kalimantan Barat dan Balikpapan/Samarinda di Kalimantan Timur yang digadang-gadang jadi ibu kota baru meskipun peluangnya memang kecil.

3. Mamuju, Sulawesi Barat

via: boombastis.com

Terakhir, ada Kota Mamuju di Sulawesi Barat yang merupakan pilihan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurut JK, Palangka Raya tidak benar-benar berada di tengah Indonesia dan Mamuju-lah yang persis di tengah Indonesia. Ide JK ini terinspirasi oleh perpindahan ibu kota negara Myanmar dari Yangon ke Naypyidaw, yang berada tepat di tengah-tengah jika diukur dari utara, barat, timur, dan selatan.

Pemindahan ibu kota bukanlah hal yang aneh apalagi dengan kondisi Jakarta yang sekarang sudah terlalu padat. Memisahkan lebih detail antara ibu kota, pusat pemerintahan, dan pusat bisnis mungkin bisa jadi solusi agar wajah ibu kota tidak seperti Jakarta hari ini.

Entah akan dipindah kemana ibu kota kita dan apa yang akan diboyong ke ibu kota baru nantinya. Apakah pusat pemerintahan saja, pusat bisnis saja, ibu kota-nya saja atau keduanya sekaligus? Kita tunggu saja detail berita selanjutnya dari pihak yang lebih berwenang.