7 hal yang harus kamu tanyakan pada dirimu, saat kamu udah punya pacar tapi naksir orang lain!

Meski udah punya pacar, pasti deh  kamu pernah merasa senang atau tertarik saat lihat lawan jenis—yang lain. Kalau sebatas lirik-lirik cewek cantik atau cowok ganteng yang seliweran sih nggak masalah, pacar kamu juga pasti begitu.

Tapi gimana kalau lirik-liriknya berujung pada “gerakan-gerakan” mencurigakan untuk bisa dekat dengannya? Kamu tiba-tiba merasa ada orang lain yang bisa bikin kamu nyaman daripada pacarmu sendiri.

Akhirnya kamu galau deh dan bertanya-tanya apakah kamu masih sayang sama pacar kamu sendiri? Apakah kamu udah selingkuh dari dia?

Kalau Kawan Muda pernah ngalamin situasi yang nggak mengenakkan seperti itu, coba deh sambil ngaca kamu tanyakan 7 hal ini ke dirimu sendiri. Dengan begitu Kawan Muda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kegalauan tak berujung tersebut.

 

1. Apakah kamu terlalu mempersulit diri sendiri dengan mikir bahwa kamu selingkuh darinya?! Mungkin kamu nggak benar-benar berniat selingkuh.

via: thebolde.com
via: thebolde.com

Menyukai orang lain saat kamu sudah punya pacar itu hal yang wajar, kok. Kamu nggak perlu merasa bersalah ke pasanganmu dan dibuat stress sendiri karenanya.

Setiap orang punya naluri untuk bisa tertarik pada orang lain—lawan jenis. Dan naluri itu nggak otomatis hilang begitu saja meski kamu udah punya pacar atau pasangan.

2. Mungkinkah dengan naksir orang lain bisa bikin kamu makin sayang sama pacar?

via: media.beliefnet.com
via: media.beliefnet.com

Oke, mungkin hubungan kamu dan pacar lagi hambar. Akhirnya,  kamu ketemu orang lain dan merasa nyaman di dekatnya. Coba rasakan momen-momen saat kamu dekat dengan orang itu. Pertemuan pertama atau hal-hal yang bikin kamu bisa suka ke dia.

Setelah itu coba kamu ingat momen-momen yang sama,  yang kamu jalani dengan pacarmu. Hmm, mungkin ini bisa membantu kamu nostalgia dan naksir untuk kedua kalinya ke pacarmu.

3. Perlu nggak sih kamu sedikit menjauh dari orang yang kamu taksir?

via: duapah.com
via: duapah.com

Jika kamu benar-benar merasa bersalah dan merasa selingkuh dari pacarmu, jangan diam saja dan segera cari solusi.

Mungkin kamu bisa mengurangi intensitas  pertemuanmu dengan orang yang kamu taksir. Jika orang yang kamu taksir adalah teman dekatmu, sibukkan dirimu dengan kegiatan lain sebagai excuse karena kamu menolak bertemu dengannya.

4. Mungkinkah kamu terlalu membandingkan kelebihannya dengan pacarmu?

via: wearandcheer.com
via: wearandcheer.com

Kadang saat udah pacaran sifat pacar sangat berbeda jauh dengan sifatnya saat masih PDKT. Hmm, lagu lama banget ya, hehe.

Kamu merasa gebetan barumu ini lebih perhatian, lebih sabar, lebih segala-galanya lah dari pacarmu. Akhirnya kamu mikir mungkin aja kalau kamu putus dari pacarmu dan pacaran dengan gebetanmu semuanya akan indah.

Yakin?! Mungkin gebetanmu juga bakal jadi beda banget kalau kalian udah pacaran!

5. Gimana perasaanmu yang sesungguhnya ke pacarmu sekarang?

via: media.beliefnet.com
via: media.beliefnet.com

Anggap aja kamu nggak pernah naksir orang lain dan gebetanmu itu nggak pernah ada. Lalu tanyakan pada dirimu apakah kamu masih mencintainya seperti dulu?

6. Masihkah kamu menginginkan gebetanmu meskipun kamu harus menunggu momen untuk putus dari pacarmu?

via: hipwee.com
via: hipwee.com

Kamu goyah dengan segala kelebihan yang ada dalam gebetanmu dan berpikir untuk putus. Anggap saja kamu butuh waktu satu atau dua bulan untuk putus dari pacarmu.

Selama itu juga kamu berusaha menjauhi gebetanmu.Dan ketika waktunya tiba (kamu harus putus dengan pacarmu), masihkan rasa sukamu ke gebetan menggebu-gebu seperti dulu?

7. Gimana kalau kamu pingin mempertahankan keduanya?!

via: oigoi.com
via: oigoi.com

Waini yang mungkin sudah diambang batas kewajaran! Kamu jadi galau sendiri setelah bertapa selama berhari-hari untuk menentukan siapa yang kamu pilih.

Ujung-ujungnya, kamu pingin bisa menjalin hubungan dengan keduanya. Maruk banget ya! Kalau udah begini sih keputusannya ada di tanganmu.

Diam-diam selingkuh atau bilang sejujur-jujurnya kalau kamu nggak bisa berkomitmen hanya dengan satu orang. Berani?!

***

Kadang rasa suka emang nggak bisa dikontrol, Kawan Muda. Semoga pertanyaan-pertanyaan di atas bisa memberikan sedikit pencerahan ya buat kamu yang sedang galau!

Hidup ini seperti taman bermain, maka cobalah aneka wahana yang ada dan nikmati sensasinya

Hidup itu keras di mata semua orang, nggak terbatas bagi mereka yang mengadu nasib di kota besar atau menjalani pekerjaan kasar yang menguras tenaga. Dalam kehidupan pasti ada saat di mana kita berada dalam titik terendah; harus berjalan di atas kerikil tajam yang kadang sakitnya minta ampun! Continue reading “Hidup ini seperti taman bermain, maka cobalah aneka wahana yang ada dan nikmati sensasinya”

Alasan kenapa kita suka banget selfie dan kepoin foto selfie orang lain

Berapa banyak selfie yang ada di smartphone-mu sekarang?!

Jika setiap menitnya setiap orang melakukan satu selfie (foto tanpa bantuan orang lain dengan objek wajah sendiri), coba bayangkan berapa foto selfie yang dihasilkan dalam sehari!  Kalau Kawan Muda lagi buka instagram, coba deh cari foto dengan tagar selfie (#selfie). Wow, jumlahnya sudah lebih dari 280 juta, lho!

Perlu digaris bawahi ya kalau itu cuma foto yang ada di instagram saja, nggak termasuk sosial media lainnya. Belum lagi foto yang hanya singgah manis di smartphone, laptop, atau kamera digitalmu.

Dewasa ini, selfie (baik sendiri maupun bareng-bareng) udah menjadi “makanan” sehari-hari.  Hal yang kiranya instagramable atau pinterestable kamu foto lalu unggah deh di sosial media.  Hmm, narsis banget nggak sih kelihatannya dikit-dikit suka selfie?

Eits, jangan salah! Orang yang suka selfie nggak berarti narsis, kok. Menurut dosen psikologi University of Cambridge, Terry Apter, selfie adalah cara kita menggambarkan diri dan menunjukkan status kita ke orang lain. Selfie juga membantu membentuk pandangan orang lain tentang diri kita.

Selain itu, ini nih 4 alasan lain kenapa seseorang bisa suka banget selfie dan melihat wajah orang lain:

1. Kita suka selfie karena orang-orang lebih notice sama wajah kita daripada hal-hal lain

via: fashionztrend.com
via: fashionztrend.com

Kamu harus tahu Kawan Muda kalau ternyata foto profil dan avatar sangat menentukan lho apakah orang mau intip sosial mediamu atau nggak. Dan hal pertama yang dituju banyak orang saat buka sosial media adalah cek foto profil kamu!

Ngerasa nggak kalau foto selfie kamu di instagram rata-rata dapat banyak likes daripada foto hal-hal random yang kamu pikir lebih instagramable?

2. Selfie juga membantu kamu menciptakan “koneksi” dengan orang yang sedang melihat fotomu (meskipun kamu gak bertemu dengan dia langsung)

via: thesqeez.com
via: thesqeez.com

Layaknya orang jatuh cinta pada pandangan pertama,saat kamu melihat foto dengan wajah seseorang di dalamnya, kamu cenderung akan melihat ke arah yang dituju oleh orang di dalam foto.

Ketika dia melirik ke kiri kamu juga akan ikut melihat sisi layar sebelah kiri.

3. Kalau udah ada “koneksi” gitu, liat foto selfie ternyata bisa bikin orang jadi empati

via: medscape.com
via: medscape.com

Melihat foto orang lain membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan bahkan lebih mudah untuk memahami satu sama lain.

Bahkan, para dokter akan lebih empati kepada pasiennya setelah melihat foto sang pasien. So sweet, kan???

4. Sekali lagi, suka selfie itu bukan narsis kok. Selfie malah membantu kamu untuk lebih percaya diri dan menghargai kelebihan dalam diri

via: techtimes.com
via: techtimes.com

Melalui selfie kamu bisa menunjukkan ‘ini lho diriku yang sesungguhnya’ kepada dunia.

***

Kesimpulannya, sah-sah saja kok kalau Kawan Muda mau selfie.Tapi ingat, jangan sampai demi selfie saja kamu nekat bahkan nggak peduli akan bahaya di sekitarmu. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu pada pemuda di India yang hampir tertabrak kereta karena nekat selfie dengan tiduran di rel. Serem kan!

Aneh tapi nyata, minum air putih terlalu banyak ternyata berbahaya!

Berapa banyak air putih yang kamu minum per hari? Kawan Muda pasti sudah nggak asing dengan anjuran minum air putih senggaknya  8 gelas per harinya. Jumlah 8 gelas per hari itu nggak hanya murni jumlah air putih yang kita minum saja; makanan mengandung air atau minuman lain yang masuk ke dalam tubuh juga masuk dalam hitungan ini. Wah, berarti selama ini konsumsi air kita berlebih dong?

Minum air putih memang memiliki banyak dampak yang positif bagi kesehatan, terutama fungsi air putih sebagai penyeimbang dan pengganti cairan  tubuh yang hilang saat kita beraktivitas. Tapi, saat kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih—apalagi dalam jangka waktu yang singkat—ternyata memiliki dampak negatif. Seramnya, bisa berujung pada kematian lho, Kawan Muda!

Mungkin terkesan aneh ya kalau minum air terlalu banyak ternyata nggak baik bagi tubuh. Dari pada kamu penasaran, yuk lihat bahaya apa saja yang ditimbulkan kalau minum air putih terlalu banyak.

1. Kelebihan air mineral menyebabkan pembengkakan OTAK loh

via: medscape.com
via: medscape.com

Tau nggak sih gaes, terlalu banyak minum air ternyata menyebabkan darah dalam sistem peredaran darah kita jadi encer. Ketika darah kita encer kandungan elektrolit dalam darah menjadi turun. Sedangkan elektrolit dan darah harus seimbang.

Bayangin aja kalau air yang masuk ke tubuh berlebihan? Yang terjadi, air akan meresap ke dalam sel-sel tubuh yang dapat meyebabkan sel membengkak. Kalau kondisi ini udah terjadi di sel otak, kamu akan mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala ringan, gangguan pernapasan, koma, bahkan kematian.

2. Minum terlalu banyak air putih juga dapat membahayakan GINJAL

via: ujeujiherbal.blogspot.co.id

Fungsi ginjal adalah menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kelebihan air yang masuk ke dalam tubuh akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan sistem tubuh.

Mungkin kita nggak merasakan ada perubahan pada tubuh karena memang nggak ada gejala yang jelas. Eits, tapi jangan diremehkan karena dapat berujung pada kerusakan ginjal atau gagal ginjal.

3. Kinerja JANTUNG akan terganggu kalau kamu terlalu banyak mengkonsumi air putih. Kok bisa?

via: kudokter.blogspot.com

Simpelnya, ketika kamu minum air berlebihan, volume darah otomatis akan meningkat. Ketika volume darah meningkat, jantung dan pembuluh darah melakukan kerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Bayangkan ketika jantung terus-menerus memompa volume darah yang berlebih dan bagaimana jika jantung nggak lagi mampu melakukannya?

Waini, Kawan Muda harus waspada nih. Karena akan berdampak pada gagal jantung! Apa???

Mungkin kamu pernah mengalami gejala seperti badan lemah, cepat lelah, jantung suka berdebar-debar, keringat dingin, hingga sesak nafas?

Hmm, jangan disepelekan karena itu merupakan beberapa gejala gagal jantung, lho!

4. Kalau sudah begitu, berapa banyak air yang harus kita konsumsi sehari?

via: plus.google.com/+jufrianiannisa

Cara yang paling mudah adalah dengan melihat seberapa berat aktivitas yang kamu kerjakan pada hari itu.

Jika kamu melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat, maka minumlah air yang CUKUP agar nggak dehidrasi. Ehm, jangan langsung minum 1,5 liter dalam satu waktu ya! Apalagi kamu yang gemar berolahraga jangan sampai sekali teguk langsung habis 1,5 liter.

Jika kamu sedang sakit, minum banyak air memang sangat disarankan. Tapi, jangan sampai ya melebihi konsumsi air saat kamu sedang sehat atau beraktivitas, ya. Bahaya minum banyak air akan lebih cepat terlihat pada orang yang sedang sakit.

Intinya, jangan minum air dalam jumlah yang bisa bikin tubuhmu kaget! Takaran 6—8 gelas per hari itu memang sudah pas, tapi ingat, makanan yang mengandung air dan minuman lain yang masuk ke tubuh juga masuk dalam hitungan, ya!

5 Hal yang kamu rasakan ketika jatuh cinta diam-diam

Jatuh cinta itu misteri. Kapan datangnya nggak bisa ditebak dan kalau udah “jatuh” ya nggak bisa dicegah. Ingin hati menyampaikan perasaan suka; tapi nggak tau cara bilang ke si dia. Ujung-ujungnya jatuh cinta diam-diam, sedih senang sendirian, uh.

Setiap orang pasti punya alasan sendiri untuk menyimpan rasa suka pada orang lain, termasuk kamu Kawan Muda. Lagipula, kata orang kan cinta gak harus memiliki. Kamu mungkin sudah merasa cukup dengan melihatnya dari jauh, kepo di sosial media, atau sekedar memandangi fotonya di HP. Yakin? Bohong banget, deh!  

Mencintai diam-diam itu nggak sesimpel kamu bilang ‘cukup bahagia saat melihat wajahnya’ aja! Ini nih hal-hal labil bin gak jelas yang  kamu rasain saat kamu mencintai seseorang diam-diam:

1. Saat bertemu dengannya hatimu berdebar. Tapi cuma kamu yang merasa, ngenes ya..

via: nunuksapi.blogspot.com
via: nunuksapi.blogspot.com

Nggak bisa diungkapkan kan betapa senangnya saat liat dia cuma melintas sebentar di depan kamu? Jantung dag-dig-dug dan rasanya pingin senyum selebar-lenbarnya. Pingin teriak juga karena saking senengnya.

Eh, tapi nggak bisa. Masa mencintai diam-diam teriak-teriak?!

2. Ingin rasanya kamu menghentikan waktu agar bisa melihatnya lebih lama

cintadiamdiam7Karena dalam diam, kamu nggak mau orang lain tahu. Tapi, pingin sih sekali aja bisa ngeliat dia lebih lama, lebih dekat, dan nggak ada yang curiga. Tiba-tiba kamu berharap punya remote waktu untuk menghentikan segalanya. Mendadak gila, kan?

3. Kamu jealous melihat dia bisa akrab dengan orang lain meski hanya teman atau sepupunya

via: ciee.org
via: ciee.org

Dasar orang-orang caper, sok deket-deket lagi’  atau ‘apa sih bagusnya orang itu, kok bisa deket ama si dia?!’,  begitu yang kamu pikirkan. Kesel banget kan saat ngeliat cewek atau cowok lain bisa ketawa-ketiwi bareng dia?!

Nah, tapi siapa kamu berhak marah-marah? Mau protes dan ketahuan? Mau curhat juga gak bisa. Akhirnya  kamu stress sendiri dan yah syukur-syukur kalau nggak bad mood trus ngamuk ke orang lain.

4. Ketika dia nggak muncul sehari saja hatimu hampa, serasa ingin mati saja

via: seruni.id

Dia bagaikan mentari yang bisa mencerahkan harimu, bagai oksigen yang membuatmu bisa bernafas.

Tapi….. pas dia nggak ada, kamu merasa mendung, murung, atau bahkan kehilangan arah. Hidupmu jadi kurang lengkap tanpa eksistensinya dan maunya sih menghilang saja.

5. Momen paling indah ya saat kamu membayangkan kebersamaanmu dengannya.

via: people.com
via: people.com

Melihat orang lain yang sudah punya kekasih, terlihat mesra tertawa berdua, kamu iri. Karena kamu nggak bisa melakukannya! Kamu cuma bisa MEMBAYANGKAN bergandengan tangan dan saling memandang kagum dengannya.

Hal-hal kecil itu membuatmu tersenyum, yang penting dia selalu ada di hati. Begitulah kamu mencintainya dengan sederhana.

***

Hayo, masih mau jatuh cinta diam-diam ATAU mau berusaha mendapatkan hatinya (minimal berusaha PDKT dengannya)? Jangan sampai nyesel ya, hehe.

Ini dia 7 pekerjaan yang dianggap paling buruk bagi kesehatan. Kamu gak bakal nyangka!

Semua pekerjaan asal halal oke-oke saja untuk dijalani. Kalau bicara tentang enak atau nggak, setiap pekerjaan pasti ada sisi enaknya masing-masing. Tinggal kamu saja yang bisa mengambil hikmahnya atau nggak, hehe.

Tapi kamu tahu nggak sih kalau ada beberapa pekerjaan yang dapat  predikat sebagai pekerjaan paling buruk yang pernah ada?!! Hah?

Dilansir dari Business Insider, terdapat 7 pekerjaan yang ternyata memiliki dampak paling berbahaya.  Pekerjaan-pekerjaan tersebut dianggap buruk bagi kesehatan karena 6 risiko yang mungkin akan ditemui setiap harinya oleh para pekerja; seperti terpapar kontaminasi, lingkungan kerja yang rentan, infeksi dan penyakit, radiasi, risiko luka ringan yang sering, dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk duduk.

Hasilnya sangat mengejutkan, Kawan Muda! Pekerjaan yang berada di peringkat teratatas adalah pekerjaan yang kita kira menyenangkan dan gajinya besar! Ini dia buktinya:

1. Bayaran DOKTER GIGI boleh tinggi, tapi bahaya kesehatannya juga tinggi! Rawan kulit infeksi hingga Hepatitis B

via: medscape.com
via: medscape.com

Bahan kimia digunakan dokter gigi seperti solvent atau lubricant spray bisa menimbulkan kulit infeksi. Tidak hanya itu, benda-benda tajam yang digunakan juga  memungkinkan seorang dokter gigi terkena infeksi Hepatitis B, lho.

2. Selalu sigap membantu penumpang membawa barang tidak membuat PRAMUGARI bebas dari ancaman

worstjob2
via: pinterest.com

Kamu tahu kan betapa ramah dan sigapnya pramugari membantu bahkan mengangkat koper sekalipun? Nah, bayangin aja deh dalam sehari udah berapa koper yang dia bantu pegang atau angkat.

Siapa yang tahu kan koper tersebut bebas kuman atau nggak? Oke, pasti lah ada kumannya. Tapi, bayangin aja  kalau kuman-kuman itu diakumulasikan dengan ratusan koper bahkan jutaan koper per hari!

3. Bahkan AHLI ANESTESI yang mungkin super higienis juga rawan infeksi, ckck.

worstjob3
via: one2oneanesthesia.com

Ya beginilah dedikasi para dokter untuk pasien. Berharap pasien bebas infeksi, eh malah dirinya sendiri lebih besar risikonya terpapar infeksi dari alat-alat yang dia gunakan.

4. Risiko tertular penyakit atau infeksi dari hewan yang sakit harus dihadapi DOKTER HEWAN

via: thewildspirit.com
via: thewildspirit.com

Kelihatannya seru ya jadi dokter hewan bisa main-main bareng hewan lucu-lucu. Hmm, tapi hati-hati aja yah karena nggak cuma penyakit manusia aja yang bisa nular, penyakit hewan juga.

5. Namanya juga mengurusi kaki, bisa bayangkan kan ancaman kesehatan bagi PODIATRIST

worstjob5
via: toeworks.com

Kebanyakan main sama kaki bisa dibayangkan sendiri kan gimana??!!

6. PETUGAS IMIGRASI dan CUKAI risikonya tinggi juga, suka pegang-pegang koper orang siih

worstjob7
via: philippineflightnetwork.com

Ini sih mirip-mirip sama para pramugara/i. pegang-pengang barang orang tapi nggak tahu apa aja yang udah nempel di situ, hiiiy!

7. Berkutat di laboratorium mendeteksi penyakit, wajar saja jadi Ahli HISTOLOGI risikonya tinggi

worstjob6
via: wilkes-partner.de

Kalau liat di TV atau film-film gitu, hal yang PASTI terjadi di lab adalah kalau nggak tabung meledak ya keracunan sesuatu. Ya, begitulah risiko “hidup” di lab yang dihadapi oleh mereka yang suka mempelajari anatomi dan struktur sel ini.

Nah lho, udah percaya kan kalau 7 pekerjaan di atas nggak disangka-sangka banget berbahaya! Eits, nggak ada maksud ya bikin kamu parno sendiri.

Buat kamu yang pingin atau malah sedang menjalani pekerjaan tersebut, jangan malah mundur! Setelah tahu risikonya kan lebih enak karena kamu bisa lebih berhati-hati dan jaga kesehatan!

Cara membuat kesan pertama yang menarik dalam pergaulan, tanpa terkesan sok asik dan sok tahu

Bersosialisasi dengan orang itu susah-susah gampang dan terkadang membuat kita merasa serba salah, apalagi saat kamu berada di lingkungan baru. Tidak hanya introvert saja kok yang merasa kesulitan; para extrovert pun kalau gak bisa membawa diri juga nampak menyebalkan di mata orang. Jika diam saja manggut-manggut ikut arus malah dibilang gak seru; jika mulai duluan dan menguasai “panggung” dibilang malah dikira sok asik.

Karena posisi menentukan prestasi maka posisimu dalam lingkungan pertemanan akan menentukan nasibmu dalam lingkungan itu depannya. Kalau kamu hanya sekali bertemu langsung good bye sih oke-oke saja meninggalkan kesan yang aneh—orang juga lupa, hehe. Tapi, gawat kan kalau kamu bakal ketemu orang itu dalam dua bulan, setahun, atau bahkan empat tahun ke depan?! Jangan sampai kamu malah jadi public enemy atau digosipin diam-diam di belakang!

Kunci utama yang harus kamu menangkan adalah momen-momen kenalan atau momen hangout bersama untuk pertama kalinya. Di sini, kamu bisa menciptakan kesan apakah kamu orang yang asyik untuk diajak hangout atau malah orang yang gak banget! Well, kita memang tidak bisa langsung tahu sih pandangan orang ke kita. Setidaknya untuk cari aman di momen-momen emas kenalan adalah introspeksi dahulu agar terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Nah, Kawan Muda, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan dan wajib diingat agar kamu bisa terlihat menarik tanpa meninggalkan kesan sok asik atau malah awkward:

 

Sebelum berinteraksi dengan orang, perluas wawasanmu; jadilah orang yang tau banyak hal

via: medicaldaily.com
via: medicaldaily.com

Jika kamu berada di lingkungan baru, pastinya kamu belum tahu seperti apa sih orang-orang di situ atau apa sih yang sering mereka bicarakan. Hal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai segalanya adalah menambah wawasan tentang banyak hal. Bacalah segala sesuatu yang sekiranya selalu menjadi perbincangan menarik orang-orang; entah itu sesuatu yang berbau politik hingga fakta-fakta unik sekalipun. Eits, kamu tidak perlu kok jadi master berita politik terkini atau belajar panduan humor untuk bisa menarik. Cukup serap saja atau baca cepat informasi yang ada di internet, setidaknya kamu tahu sesuatu yang sedang terjadi di dunia.

Kenali lingkungan barumu dan lawan bicaramu; bicaralah sesuai dengan karakter lingkungan barumu

via: maniladentalservices.wordpress.com
via: maniladentalservices.wordpress.com

Kamu tidak harus kepo berlebihan dengan langsung cari info tentang teman barumu di sosial media. Apalagi jika tidak tahu siapa yang akan kamu temui karena baru bertemu mereka pada hari itu juga. Hal yang paling mudah adalah gunakan insting pengamatmu dan amati dengan saksama orang yang kamu temui; amati gaya berpakaian, logat atau nada bicara, gesture, dsb. Dari hal-hal simpel seperti itu akan tergambar hal-hal apa saja yang terlarang untuk dibicarakan dalam lingkungan tersebut. Misalnya, kamu bertemu dengan rekan volunteer yang berpakaian kasual janganlah memulai perbincangan dengan melemparkan isu-isu politik dengan bahasa alien. Mereka mungkin tertarik dengan perbincangan yang serius, tapi mereka mungkin tidak suka saat harus membicarakannya dengan dahi berkerut.

Ambil inisiatif untuk memulai pembicaraan boleh, tapi jangan dominan apalagi egois

via: BisnisHack.com
via: BisnisHack.com

Untuk kamu yang extrovert pasti sudah tidak tahan kalau tidak ada yang diajak bicara dan sudah bawaan untuk mengajak orang berinteraksi. Sah-sah aja kok kamu memulai pembicaraan, terutama saat tidak ada yang memulai sama sekali. Ketika kamu melempar topik dan ambil inisiasi untuk melontarkan pendapatmu, berilah jeda untuk menanyakan pada orang lain “Menurut kalian gimana deh?”. Jangan biarkan dirimu mendadak jadi pendongeng dan hanya menyisakan waktu kepada orang lain untuk mengangguk kagum pada ceritamu. Belum tentu mereka tertarik, bisa saja mereka mengangguk-angguk agar kamu segera berhenti bicara.

Jika kamu ingin didengar maka perbanyaklah mendengar

via: medicaldaily.com
via: medicaldaily.com

Masih terkait dengan poin sebelumnya, ketika kamu asyik bercerita dan teman-teman menanggapi antusias jangan sampai saat giliran temanmu cerita kamu menunjukkan ekspresi bosan—karena mungkin kamu ingin bicara lagi. Kebanyakan orang gagal dalam menjalin hubungan yang baik karena kurang mau mendengarkan orang lain, tapi dirinya mau selalu di dengar. Ketika orang lain bercerita, ikutlah hanyut dalam ceritanya dan lemparkanlah komentar-komentar singkat yang menunjukkan kamu mendengarkan dan tertarik. Jika kamu melakukan ini, teman kamu akan respect dan menganggap kamu adalah orang yang menarik diajak hangout karena kamu pendengar yang baik.

Ketika pembicaraan melebar dari hal-hal yang kamu tahu, jangan takut bertanya

via: sayamausehat.com
via: sayamausehat.com

Jangan pernah berpura-pura kamu tahu segala sesuatu yang dibicarakan. Jika memang teman-temanmu membahas sesuatu yang baru atau melemparkan istilah yang asing bagi kamu, tanyakan kepada mereka maksudnya. Lebih baik kamu meminta penjelasan daripada saat giliran mereka menanyakan pendapatmu kamu malah tidak tahu. Malu bertanya sesat di jalan; jangan sampai deh kamu nanti dikira orang yang berusaha sok asik agar diterima.

Carilah kesempatan untuk bisa masuk kembali ke dalam percakapan yang membuatmu merasa tersingkir

via: apa.org
via: apa.org

Saat kamu dilanda roaming akibat orang-orang tengah asyik dan hanyut dalam percakapan, berarti kamu kamu kurang menguasai atau tidak ada pengalaman. Jangan panik atau merasa butiran debu. Jangan juga terdiam dan manggut-manggut tanpa ada masukan apapun dalam percakapan, karena itu membuat kamu terlihat gak asik di mata orang. Tetap dengarkan apa yang dibicarakan dan temukan inti dari pembicaraan mereka. Jika mereka berbicara tentang teknologi, sambar dengan hal yang kamu tahu tentang teknologi atau fakta-fakta seru yang kamu tahu. Kamu bisa menyela pembicaraan dengan halus dan mengutarakan apa yang kamu ketahui yang sekiranya akan menarik perhatian mereka misalnya, “eh, ngomong-ngomong soal drone dan hal-hal canggih lainnya, masa sekarang ke Mars aja harus booking dulu.”

Jangan pernah berpikir kamu harus melakukan apapun untuk diterima

via: hipwee.com
via: hipwee.com

Kamu berusaha untuk menjadi orang lain atau pasrah-pasrah menerima pendapat agar diterima orang lain? BIG NO! Jangan pernah lakukan itu, Kawan Muda. Kamu bisa menentukan pilihan, jangan mau hanya ikut arus. Jika pembicaraan atau kegiatan yang dilakukan teman-teman baru lama-lama kurang menarik bagimu atau tidak seperti yang kamu inginkan, kamu punya hak untuk meninggalkan mereka dan memilih menjauh. Jangan sampai karena kamu berusaha diterima kamu tidak menjadi dirimu sendiri. Setiap orang memiliki daya tarik dan bila kamu telah berusaha berinteraksi sebaik mungkin tetapi teman-temanmu ternyata membuatmu meninggalkan hal-hal atau kebiasaan yang kamu suka, lebih baik kamu meninggalkan mereka. Bisa saja kan malah mereka yang gak asik?

 

Pada dasarnya tidak ada orang yang membosankan atau sok asik, yang ada hanyalah sifat atau perbuatan seseorang yang membuat mereka nampak membosankan dan gak asik. Setiap orang punya sisi menariknya masing-masing, hanya bagaimana cara dia menunjukkan sisi menariknya itu dengan cara yang tepat—baik dalam pertemuan pertama ataupun dalam interaksi sehari-hari dengan kawan lama. So, Kawan Muda, jadilah dirimu sendiri dan buktikan kalau kelebihan kamu dan hal yang positif yang kamu miliki itu menarik!

 

 

Kalau kamu jadi es krim, kira-kira kamu termasuk rasa yang mana ya?

There is no sincerer love than the love of ice cream…

Gak ada deh yang paling ngertiin kita selain es krim! Kutipan tersebut mungkin bukan hal yang asing lagi di telinga Kawan Muda. Es krim adalah salah satu kudapan yang dicintai banyak orang, siapa sih yang bakal nolak es krim meski sedang sakit gigi?! Segenting apapun permasalahan—bahkan yang gak bisa diselesaikan dengan makan es krim sekalipun—orang-orang percaya bahwa es krim adalah obat yang mujarab.

Ini bukan mitos belaka, lho! Studi yang dilakukan oleh Institute of Psychiatry London menyatakan bahwa es krim atau kudapan dingin lainnya dapat memengaruhi pusat otak yang mengatur rasa senang sehingga membuat kita tersenyum. Masih banyak lagi studi lain yang mengungkap manfaat mengejutkan dari es krim bagi kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan hingga mencegah kemandulan pada perempuan!

Selain manfaat yang mengejutkan dari es krim, ternyata ada hal menarik lainnya lho, Kawan Muda. Rasa es krim yang kamu suka ternyata bisa menunjukkan kepribadian kamu. Sekali lagi ini bukan mitos, hehe. Seorang neurologis bernama Alan Hirsch diminta oleh sebuah perusahaan es krim, Edy’s Grand Ice Cream, untuk mencari tahu kaitan antara preferensi rasa yang sering dipilih seseorang dengan kepribadiannya. Penasaran untuk melihat kira-kira rasa mana yang sedikit banyak menggambarkan kepribadian kamu? Yuk, intip karakter-karakter seseorang yang menjelma di balik rasa es krim berikut ini:

Vanilla

via: roodepoortrecord.co.za
via: roodepoortrecord.co.za

Kamu adalah orang yang yang impulsif dan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap dirimu—masa depanmu. Meski memilih rasa vanila terkesan cari aman, kamu bukan tipe orang yang cari aman dan lebih suka menyibukkan diri dengan tantangan-tangan baru. Hal tersebut membuat hidupmu menjadi lebih berwarna, tidak seperti rasa vanila yang sering dipandang membosankan. Karena kamu orang yang impulsif, kamu terkadang suka bertindak tanpa memikirkan terlebih dahulu dampaknya. Kamu suka berubah-ubah sikap tanpa didukung alasan yang kuat—dan kadang irasional. Meskipun begitu, penyuka rasa vanilla adalah orang yang dekat dengan keluarga.

Chocolate

via: thebantingchef.co.za
via: thebantingchef.co.za

Kamu adalah orang yang pandai memposisikan dirimu; kamu bisa bertindak jadi pemimpin dan pengikut sekaligus dalam satu waktu. Dengan sikap kamu yang seperti ini, kamu cenderung disukai oleh banyak orang karena kemampuan kamu beradaptasi dengan situasi apapun. Kamu suka dan nyaman menjadi pusat perhatian dimanapun kamu berada dan cenderung kompetitif. Meskipun kamu menikmati kehidupan kamu yang menyenangkan, kamu adalah orang yang cepat bosan dengan sekitar atau rutinitas yang begitu-begitu saja.

Strawberry

via: monikaicecream.com

Seorang penyuka strawberry ternyata adalah pribadi yang introvert, lho! Saat mereka merasa tidak cocok lagi dengan sekitarnya, mereka secara inisiatif menarik diri. Mereka memilih menjadi introvert dan pendiam daripada harus bertindak di luar dari apa yang mereka yakini. Namun, ada waktu di mana penyuka strawberry menjadi orang yang sangat easy going dan terbuka untuk bergaul dengan siapapun. Penyuka strawberry adalah orang yang berpikir logis dan termasuk orang yang kreatif. Karena kamu orang yang mementingkan sesuatu yang logis, kadang-kadang kamu menjadi orang yang sangat skeptis.

Green Tea

via: margarethhirsch.co.za
via: margarethhirsch.co.za

Kamu boleh saja terlihat kalem di luar, tapi kamu bukanlah orang yang lemah dan diam saja jika diremehkan. Tidak banyak orang menyadari bahwa kamu memiliki kelebihan yang membuat lain tercengang. Ketika diremehkan, seorang penyuka es krim green tea akan menunjukkan sifat aslinya. Akan tetapi, jangan sampai kamu meledak tiba-tiba atau meluapkan semua amarah saat kesal dengan orang lain, ya—apalagi orang yang tidak bersalah, hehe.

Butter Pecan

via: simple-veganista.com
via: simple-veganista.com

Bagi kamu penggila rasa kacang, kamu adalah orang yang teliti dan bertanggung jawab. Kamu adalah orang yang mencintai keadilan, memiliki standar tertentu tentang hal-hal yang kamu anggap benar dan salah. Ketakutan terbesar kamu adalah menyakiti perasaan orang lain. Penyuka rasa kacang adalah orang yang sangat kompetitif, terutama di bidang olah raga.

Chocolate Chips

via: budgetbytes.com

Pecinta es krim rasa chocolate chips adalah orang yang dermawan dan cakap. Kamu bisa menjadi orang yang charming ketika berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, sifat kamu yang juga ambisius menjadikan dirimu pribadi yang rajin dan giat untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

Coffee

via: 1wallpaper.net
via: 1wallpaper.net

Kamu adalah orang yang percaya diri dan menyukai banyak orang. Pecinta rasa kopi adalah mereka yang memiliki karakter yang unik dan berbeda dari lain. Selain itu, mereka adalah orang yang tidak memiliki harapan yang muluk-muluk di masa depan dan cenderung menjalani dengan maksimal apa yang sedang mereka jalani sekarang. Meskipun rasa kopi terkesan pahit dan kuat, pecinta rasa kopi juga memiliki sisi yang dramatis.

 

Hmm, bagaimana Kawan Muda? Apakah kepribadian kamu sedikit banyak sesuai dengan rasa es krim favoritmu? Ya, terkadang rasa favorit memang berganti-ganti setiap waktu dan sekarang banyak sekali varian rasa es krim yang ada. Bingung menentukan mana yang menunjukkan diri kamu sesungguhnya? Well, pilihlah rasa yang kamu suka saat kecil dan lihat bagaimana rasa itu berbicara tentang dirimu.