Liburan ke Belitung? Jangan lupa kunjungi 9 pantai yang ciamik ini!


Belitung identik dengan gugusan pulau dan jajaran pantainya yang indah. Wilayah yang tenar karena film “Laskar Pelangi” ini memiliki pesona wisata bahari yang menarik dan menjadi andalan wilayah tersebut.

Pantai-pantai di Belitung memiliki bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai. Pemandangan pantai yang eksotis dan karakter pantainya yang unik telah mampu menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke sana.

 

BACA JUGA: 6 destinasi wisata anti mainstream di pulau terluar Indonesia

 

Nah, kali ini Kita Muda akan mengulas tentang pantai-pantai indah dan mengagumkan yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bangka Belitung. Apa saja itu? Simak ya…

1. Menikmati pemandangan alam spektakuler di Pantai Tanjung Kelayang.

via: Instagram @ir_shiny

Pantai yang merupakan primadona dan favorit wisatawan ini terletak di Desa Tanjung Binga, sekitar 27 km dari pusat Kota Tanjung Pandan di Belitung. Pantai ini terdiri dari dua bagian, sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik.Setiap bulan Oktober, pantai ini dijadikan pusat titik labuh kapal layar para yachter yang tergabung dalam Sail Indonesia. Pantai ini sangat cocok berenang, berjemur, atau memuaskan hobi fotografi.

Lokasi : Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

2. Dibuat mabuk kepayang dengan suguhan alam di Pulau Kepayang

via: Instagram @mugi_mugia

Pulau kepayang atau disebut juga Pulau Babi adalah tempat yang sempurna untuk berlibur. Pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang menawan, hamparan bebatuan granit, padang rerumputan serta pohon kelapa yang akan memanjakan matamu.

 

BACA JUGA: 13 spot diving terbaik di Nusantara yang harus banget kamu jelajahi!

 

Eits, nggak hanya pantainya saja yang indah, pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang menggoda. Ratusan ikan laut dan karang-karang yang menawan siap memanjakan mata para pecinta snorkeling dan diving.

Lokasi: Pulau Kepayang, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

3. Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi alias Pantai Laskar Pelangi

via: Instagram @chandraandrey

Salah satu pantai kebanggaan Kabupaten Belitung yang pernah dijadikan tempat syuting film terkenal “Laskar Pelangi”. Hamparan pasir putih, air laut yang berwarna hijau tosca, dan bebatuan indah di sekitarnya merupakan pesona dan daya tarik dari pantai ini. Kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke pantai ini antara lain berenang, mendaki bebatuan, berjemur, snorkeling, memancing, bermain jetski, hingga berjelajah dengan kano. Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Belitung, sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan.

Lokasi : Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

4. Melihat kehidupan nelayan di Desa Nelayan Tanjung Binga

via: Instagram @mirahtjandra

Desa nelayan Tanjung Binga berada di Desa Keciput tepatnya 18 km dari Kota Tanjung Pandan atau 8 km dari arah barat pantai Tanjung Tinggi. Tempat ini adalah salah satu objek wisata di pulau Belitung yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

 

BACA JUGA: Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

 

Karena sebagian besar penduduknya adalah nelayan tempat ini ada destinasi yang wisata kuliner yang mantap di Belitung.

Lokasi: Desa Nelayan Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

5. Menikmati cantiknya batu alam berbentuk burung di Pulau Burung

via: Instagram @mirahtjandra

Pulau ini memiliki bebatuan granit besar berbentuk seperti burung yang sedang mengerami telurnya. Nah saat air laut surut, kamu dapat melihat telaga yang sangat indah di antara bebatuan granit tersebut.  Suasana di pulau ini sangat tenang dan akan membuatmu betah berlama-lama. Untuk menuju pulau ini, kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit dari Desa Tanjung Binga.

Lokasi: Pulau Burung, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

6. Yuk, melihat panorama Belitung dari ketinggian di mercusuar Pulau Lengkuas

via: Instagram @rad7t

Pulau yang berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang ini menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara lantaran keindahan panoramanya. Di pulau ini kamu bisa menikmati keindahan Belitung dari mercusar peninggalan penjajahan Belanda.

 

BACA JUGA: Kreatif! Orang ini merangkai bebatuan pantai menjadi karya seni bernilai tinggi

 

Untuk mencapai pulau ini kamu hanya perlu berlayar selama 40—60 menit dengan menyewa perahu di Pantai Tanjung Kelayang.

Lokasi: Pulau Lengkuas, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

7. Jangan lupa mampir ke Pantai Tanjung Marang Bulo di Pulau Seliu ya

via: Instagram @vempisatriya

Pulau Seliu adalah salah satu jajaran pulau kecil yang mengelilingi Belitung. Nah, pulau ini memiliki satu surga cantik tersembunyi yaitu Pantai Tanjung Marang Bulo, yang menjadi ikon unggulan Pulau Seliu. Pantai Tanjung Marang Bulo adalah spot favorit wisatawan untuk menikmati sunset. Selain menikmati sunset, tempat ini juga asyik untuk memancing, foto-foto, atau sekedar mandi di pantainya yang dangkal.

Lokasi: Pulau Seliu, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

8. Menikmati keindahan pantai dan batuan granit unik di Pulau Batu Berlayar

via: Instagram @sylviadwihartanti

Pulau ini dinamakan Batu berlayar karena ada dua batu berukuran besar dan menjulang tinggi menyerupai layar perahu. Pulau kecil seukuran lapangan tenis ini adalah tempat unik yang wajib kamu kunjungi.

 

BACA JUGA: Gak hanya pantai dan gunung saja, danau-danau di Indonesia juga luar biasa indahnya!

 

Selain daya tarik dari batu granitnya yang unik dan indah, biota laut di pulau ini juga akan memanjakan mata. Kamu hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang untuk sampai di pulau ini.

Lokasi: Pantai Batu Berlayar, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

9. Keindahan pantai-pantai di Belitung memang nggak ada habisnya, seperti serpihan surga di Pantai Penyabong ini

via: Instagram @lietasari25

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Batu Lubang (karena terletak di Dusun Batu Lubang) ini bisa menjadi opsi untuk menyempurnakan liburanmu di Belitung. Pantai ini memiliki keindahan alam yang hampir mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi. Bedanya, di pantai ini terdapat batu granit besar yang memanjang dan menyambung satu sama lain, yang membuatnya tampak seperti dermaga alami. Pantai Penyabong ini terletak sekitar 56 km dari Kota Tanjung Pandan.

Lokasi: Pantai Penyabong, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

***

Bagaimana? Indah banget kan pantainya? Kamu sudah pernah ke Belitung? Kalau sudah, share pengalaman kamu di kolom komentar ya!