Gak hanya pantai dan gunung saja, danau-danau di Indonesia juga luar biasa indahnya!


Bicara tentang keelokan alam di Indonesia memang nggak ada habisnya. Gunung dan pantai (atau laut) yang ada di Indonesia keindahannya nggak perlu diragukan lagi. Kalau mau tanya berapa banyak yang indah, Kita Muda bakal bingung juga karena Indonesia ini bagai surga dengan kekayaan alam melimpah.

Membicarakan gunung dan pantai yang indah untuk destinasi wisata mungkin sudah biasa ya, tapi apakah Kawan Muda tahu kalau Indonesia memiliki danau yang luar biasa eksotis? Beberapa diantaranya adalah yang terbesar di dunia bahkan ada yang mendapat penghargaan sebagai danau terindah di dunia. Hmm, pas banget kan buat dijadikan destinasi baru biar nggak bosan?!

 

BACA JUGA: Main-main ke Kota Solo, kurang afdol kalau belum mengunjungi 10 tempat berikut ini

 

Nah, supaya Kawan Muda merasakan sensasi yang berbeda saat liburan, Kita Muda akan kasih kamu daftar danau-danau di Indonesia dengan pemandangan yang luar biasa. Saking indahnya, kamu bakal terpesona dan rasanya seperti menemui cinta pertama.

Apa saja sih?! Ini dia….

1. Mengawali perjalanan dengan mengunjungi Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia yang menjadi primadona wisata dan kebanggaan warga Sumatera Utara.

via: nyobain.com

Inilah keajaiban alam yang nggak sengaja terbentuk dari letusan super vulkanik Gunung Toba yang terjadi 70 ribu tahun lalu. Danau Toba menawarkan panorama alam yang menawan dengan Pulau Samosir yang terletak di tengah-tengah danau.  Beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu dilakukan di kawasan wisata Danau Toba ini adalah berenang, berperahu layar, hingga mendaki gunung.

Lokasi: Danau Toba, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

 2. Sambil melepas lelah dan penat dengan menikmati pemandangan danau di tengah pegunungan, kamu bisa mencicipi ikan bilih yang terkenal di Danau Singkarak.

via: anekatempatwisata.com

Merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba dan memiliki pemandangan pegunungan dan udara yang segar. Kamu akan dimanjakan dengan lanskap deretan Pegunungan Bukit Barisan, Gunung Singgalang, dan Gunung Marapi yang mempercantik danau ini. Saat berkunjung ke Danau Singkarak jangan lupa membeli ikan Bilih yang dijual di sepajang jalan di sekitar danau, ya. Ikan Bilih nggak dapat hidup di tempat lain dan hanya bisa kamu temukan di sini lho, keren!

 

BACA JUGA: 15 Tempat wisata keren di Semarang yang harus kamu kunjungi sekarang!

 

Lokasi: Danau Singkarak, Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

3. Rasanya seperti nggak menginjakkan kaki di Ranah Minang kalau belum mampir ke Danau Maninjau, yang kemilau airnya bak mutiara saat diterpa sinar matahari.

via: 1001malam.com

Danau yang menawarkan suasana hening dan cocok buat kamu yang sedang mencari ketenangan dan kedamaian. Nggak hanya pemandangan danau yang bikin takjub, dalam perjalanan menuju Danau Maninjau kamu akan dimanjakan pemandangan indah di sepanjang jalanan berkelok  (Kelok 44) yang harus dilewati untuk menuju danau.

Lokasi: Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

4. Danau Kaco, mutiara tersembunyi dalam kerindangan dan keindahan Taman Nasional Kerinci Seblat.

via: bumimerangin.blogspot.com

Dinamakan Danau Kaco karena dalam bahasa masyarakat setempat “kaco” itu berarti “kaca”, seperti air danau yang bening kebiruan sehingga kamu bisa ngaca di sini, hehe. Untuk bisa menikmati keindahan danau ini memang nggak mudah, kamu akan menyusuri hutan sekitar 4 jam dan nggak ada tempat berteduh yang nyaman. Tapi siapa sih yang akan menyerah demi keindahan mutiara yang tersembunyi ini?

 

BACA JUGA: Kalau kamu traveler sejati, 10 tempat menarik di Samarinda ini harus kamu kunjungi

 

Lokasi: Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Kerinci, Jambi.

5. Dataran Tinggi Dieng nggak mau kalah, terdapat Danau Telaga Warna yang akan memanjakan matamu dengan atraksi perubahan warna dari hijau hingga mirip pelangi.

via: berbagi-catatanku.blogspot.com

Telaga ini berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi pegunungan yang sambung menyambung. Pemandangannya yang elok dan tenang membuatmu betah berlama-lama deh ada di sini meski udaranya brrrr….dingin! Selain Telaga Warna, kamu juga dapat merasakan keindahan danau “kembarannya” yaitu Telaga Pengilon yang juga nggak kalah cantiknya!

Lokasi: Danau Telaga Warna, Kabupaten Wonosono, Jawa Tengah.

6. Siapa sih yang gak tahu Ranu Kumbolo?! Surga kecil di Gunung Semeru yang keindahannya disebut-sebut mirip Danau Seefeld di Austria! Amaaazing, ya!

via: anekatempatwisata.com

Danau yang terletak di kaki Gunung Semeru ini merupakan oasis dan penyejuk hati bagi para pendaki. Sungguh mengasyikkan ketika kamu ada di sini karena akan dimanjakan dengan pemandangan pohon cemara dan rerumputan hijau serta air danau yang tampak biru dan jernih memantulkan pemandangan alam di sekitarnya.

 

BACA JUGA: Ternyata, selama ini kita salah menyebut nama tempat. Ini dia yang benar

 

Lokasi: Gunung Semeru, Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

7. Bali gak hanya bikin takjub dengan pantainya! Danau Beratan sungguh memikat dengan Pura Ulun Danu yang seolah-olah berada di tengahnya.

via: mbolangyuk.com

Ini lho danau yang muncul dalam pecahan uang 50 ribu rupiah sebelum spesimen 2016. Keindahannya sih memang layak diabadikan dalam mata uang negara kita. Kalau kamu ingin mendapatkan pemandangan yang luar biasa eksotis, datanglah ke danau ini saat sunrise. Selain menikmati pemandangan dan berfoto ria, kamu bisa menikmati aneka olahraga air seperti kano, mengayuh sampan, jet ski, sepeda air hingga parasailing.

Lokasi: Danau Bratan, Kabupaten Tabanan, Bali.

8. Menikmati birunya laut di Gunung Rinjani dengan singgah di Danau Segara Anak.

via: rinjaninationalpark.com

Danau Segara Anak merupakan kaldera atau danau kawah dari Gunung Rinjani yang berada di ketinggian 2.008 meter di atas permukaan laut. Nama Segara Anak diberikan pada danau ini karena warna birunya yang seperti laut atau “segara”.  Selain pemandangannya yang luar bisa menakjubkan, danau ini memiliki keunikan yaitu sebuah gunung yang berada di tengah-tengah danaunya. Nah, danau ini ternyata nggak hanya dimanfaatkan untuk wisata saja, pada tanggal-tanggal tertentu masyarakat merakayan ritual suci keagamaan di danau ini.

 

BACA JUGA: Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini

 

Lokasi: Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

9. Jangan lupa mencoba Danau Tiga Warna punya Pulau Flores alias Danau Kelimutu.

via: Bintang.com

Pulau Flores memang punya banyak sekali keindahan alam salah satunya Danau Kelimutu yang berada di Gunung Kelimutu. Danau ini memiliki tiga warna yang berbeda (biru, merah, putih) dan uniknya warna danau tersebut berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu lho! Nah, kalau kamu berniat berkunjung ke sini, waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan yang indah adalah bulan Juli dan Agustus.

Lokasi: Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

10. Indonesia memang bisa bikin geleng-geleng kepala, apalagi saat kamu mengunjungi ‘danau bercampur laut’ di Berau.

via: utakatikotak.com

Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih dan bersih, dengan gradasi warna biru muda, biru tua, putih, dan hijau. Kamu akan merasakan sensasi berenang di cermin raksasa! Hal unik lainnya yang akan kamu temukan di danau ini adalah perpaduan antar air tawar di permukaan danau dan air asin di bagian bawahnya—dan keduanya nggak bercampur!

 

BACA JUGA: 10 Tempat wisata eksotis di Bogor yang menunggu kehadiranmu

 

Lokasi: Danau Labuan Cermin, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

11. Wow, Danau Poso memiliki hamparan pasir putih yang indah dan berkilau. Unik!

via: wikimedia.org

Danau terbesar ketiga di Indonesia yang memiliki udara yang sangat sejuk, karena objek wisata ini memang berada di 657 meter di atas permukaan laut. Panorama alamnya sangat indah dengan hamparan pasir putih dan lereng gunung dan hutan yang masih “perawan”, lho! Suasana di danau ini uniknya mirip dengan suasana pantai, kebayang nggak? Letak Danau Poso sangat strategis di lintasan perjalanan trans-Sulawesi (Tanan Toraja, Poso, Gorontalo, dan Manado).

Lokasi: Danau Poso, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

12. Menikmati salju abadi Pegunungan Jayawijaya di pinggir danau tertinggi Nusantara, Danau Habema.

via: ksmtour.com

Jangan tanya bagaimana suhu di danau ini. Dingin banget, bisa mencapai nol derajat di malam hari! Tapi, kamu bukanlah traveler sejati kalau nggak menikmati danau di atas awan yang ada di bumi Papua ini. Danau yang memiliki nama asli Yuginopa ini memiliki padang rumput yang luas dengan fauna khas Papua seperti Cenderawasih dan Astrapia. Kamu juga bisa menemukan anggrek hitam yang sudah langka itu di sini.

 

BACA JUGA: 22 Hotel unik yang bikin kamu betah berlama-lama saat liburan

 

Lokasi: Pegunungan Jayawijaya, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

13. Lagi dari Bumi Papua, sebuah keindahan dan kedamaian yang ditawarkan oleh Danau Sentani.

via: wisatapriangan.co.id

Indahnya Papua memang bikin kamu nggak mampu berkata-kata. Seperti yang akan kamu rasakan saat mengunjungi Danau Sentani, danau terbesar di Papua yang memiliki 22 pulau di dalamnya. Kamu pun bisa mencoba mampir ke salah satu pulau dengan menyewa perahu motor. Nah, kamu baiknya berkunjung ke Danau Sentani di bulan Juni, yang bertepatan dengan diselenggarakannya Festival Danau Sentani, agar kamu bisa menikmati atraksi dari suku lokal.

Lokasi: Pegunungan Cagar Alam Cyclops , Kabupaten Jayawijaya, Papua.

14. Danau Paniai menjadi alasan kenapa kamu harus hemat dan rajin menabung dari sekarang agar bisa pergi ke Papua.

via: panoramio.com

Danau Paniai adalah salah satu tempat  yang wajib kamu kunjungi jika ingin melihat pemandangan cantik khas ujung timur Indonesia. Kita patut bangga karena danau ini dinobatkan sebagai danau terindah di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di tahun 2007. Di sini, kamu akan terhipnotis saat melihat pemandangan hijau, air danau yang biru serta nilai-nilai budaya Suku Moni dan Suku Mee yang masih kental. Kalau begini, meski jauh dan mahal untuk pergi ke sana bakalan dibela-belain ya!

 

BACA JUGA: Menginap di hotel nggak selalu mahal. Buktinya 11 hotel di Bali ini murah meriah dengan view yang nggak kalah berkelas

 

Lokasi: Danau Paniai, Kabupaten Paniai, Papua.