Sesekali mencoba hal berbeda, yuk ke Jogja camping di 5 pantai keren ini aja

pantai kesirat yogyakarta
Image Credit : Instagram @rizky6296

Merasa bosan camping di gunung? Ingin merasakan keceriaan berkemah di lokasi yang berbeda, namun tetap tak kalah indah dengan panorama di pegunungan? Kamu patut mencoba sensasi berkemah asyik sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin khas pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, berikut ini.

1. Pantai Kesirat

Sensasi berkemah asyik yang pertama dapat kamu jumpai di Pantai Kesirat yang berada di Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Bagaimana tidak, senja nan memikat menjadi salah satu daya tarik pantai yang berada di atas tebing berpadang rumput nan hijau ini. Mendirikan tenda bersama kawan sambil menikmati laut lepas yang membentang. akan membuat kamu betah berlama-lama di Pantai Kesirat ini.

pantai kesirat
Foto : Instagram @rullyoktrya

Tak sekadar berkemah, siapkan juga perlengkapan pancing kamu dan rasakan serunya sensasi rock fishing bersama deburan ombak yang memecah. Senja di Pantai Kesirat sedikit berbeda, karena kamu akan ditemani semburat jingga sang senja di sela pohon abadi yang tumbuh kokoh di bibir tebing karang. Benar-benar suguhan yang menakjubkan untuk menghabiskan waktu liburan.

2. Pantai Ngetun

Pantai yang masih perawan ini merupakan satu dari sekian banyak pantai indah di Yogyakarta. Pantai Ngetun yang berhawa kering namun cantik ini berlokasi di Sureng, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Anak muda Yogyakarta seringkali menghabiskan waktu untuk berkemah bersama guna melepaskan diri dari padatnya rutinitas sehari-hari.

pantai ngetun yogyakarta
Foto : Instagram @aminfahruddin

Keindahan matahari terbenam di atas bukit Watun Gendong yang mengapit pantai ini juga tak kalah memukau. Jangan pula lewatkan tidur di bawah hamparan langit malam penuh bintang yang akan menjadi sensasi tak terlupakan selama berkemah di Pantai Ngetun.

3. Pantai Pok Tunggal

Hamparan pasir putih yang luas nan lembut akan menyambutmu yang ingin berkemah ataupun sekadar bernikmati segarnya air Pantai Pok Tunggal. Spot wisata yang cukup dikenal oleh para traveler ini memang sungguh cantik dan cocok untuk berkemah. Terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, kamu akan menikmati birunya lautan lepas di bawah Pohon Duras besar yang tumbuh diantara pasir putih.

pantai pok tunggal
Foto : Instagram @faradhilas_

Nikmati malam berkemahmu, dengan membuat api unggun sambil memasak menu favorit ditemani kemilau bintang-bintang di langit malam. Semuanya akan menjadi suguhan berkemah yang romantis dan penuh candu untuk tak hanya sekali saja datang berkunjung ke Pantai Pok Tunggal nan indah ini.

4. Pantai Lolang

Ingin berkemah di pantai yang masih asri dan jauh dari keramaian? Terdapat sebuah spot yang berada diantara Pantai Sepanjang dan Kukup yang dapat menjawab keinginanmu. Yakni di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, sebuah pantai yang sunyi dan kerap disambangi traveler untuk berkemah ini dinamakan Pantai Lolang.

pantai lolang
Foto : Instagram @mba_iniq

Suasana yang sunyi dan tenang akan membawamu pada sensasi ‘private beach’ yang selalu diinginkan setiap traveler. Pantai Lolang ditumbuhi pepohonan yang kian menambah rasa sejuk khas pantai. Ditambah pesona tebing karang yang mengapit pantai indah ini, pas sekali untuk spot berfoto disela-sela kegiatan berkemahmu.

5. Pantai Wediombo

Kamu ingin berkemah sambil menikmati beragam kegiatan di pantai? Pantai yang terletak di Jepitu, Girisubo, Gunungkidul ini bisa menjadi destinasi liburan kalian. Mulai dari hanya bersantai berselimut hembusan angin khas pantai, berenang, snorkeling, sampai menyapa ombak dengan berselancar pun aman dilakukan di Pantai Wediombo ini. Bahkan kamu dapat memancing di sekitar bibir pantainya loh!

pantai wediombo
Foto : Instagram @anastasiambr

Pemandangan apik laut lepas yang kebiruan dengan riak ombak yang saling bersambut membuat kegiatan berkemah kamu dijamin mengasyikan. Tipe pantai yang menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang yang menjorok ke laut merupakan salah satu daya tarik pantai ini. Tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar dan segala keunikan yang dimiliki Pantai Wediombo menjadikan sebuah harmonisasi yang siap membuatmu terpukau. Tertarik untuk merapat ke lokasi-lokasi tersebut? Yuk! Segera kemasi alat camping kalian dan berangkatlah ke Jogja!