Biar liburanmu nggak gitu-gitu aja, yuk keluar Jakarta buat menikmati indahnya Gunung Batu

gunung batu bogor jonggol
Image Credit : Ardiusrudi.blogspot.co.id

Bogor seakan tidak pernah habis meberikan hal yang baru dan unik untuk para wisatawan. Dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dari Jakarta, memang kerap menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan di akhir pekan.

Bogor tidak melulu puncak yang seringkali menundang kemacetan di akhir pekan, sekali-kali kamu perlu melipir ke Jonggol Gunung Batu namanya.


BACA JUGA : 


Jonggol adalah salah satu kecamatan di kabupaten Bogor. Bicara soal Jonggol, mungkin nama tidak terlalu asing bagi kamu yang sering nonton sinetron di salah satu stasiun TV. Meski demikian, keindahan obyek wisatanya patut untuk kamu jadikan referensi liburan akhir pekan. Jadi, buat kamu yang ingin mencari suasana berbeda di Bogor, cobalah berkunjung ke kawasan Jonggol ya.

gunung batu bogor
Foto : Instagram @g.syukri

Gunung kecil nan terjal ini berada di Sukamakmur, Jonggol, Kab. Bogor. Lebih pas kalau disebut bukit atau tebing batu karena memang tersusun atas bebatuan cadas, tingginya pun hanya 875 mdpl, atau sekira 200 m saja dari titik awal pendakian, cocok bagi kamu yang baru memulai pendakian. Namun jangan meremehkan gunung batu ini hanya karena masalah ketinggiannya yang tak seberapa dibanding Mahameru.

Medannya tidak sulit, namun sedikit ekstrim tanjakannya, Apalagi gunung tersebut adalah gunung batu yang memang bener-bener yang kita pijak adalah batu, hanya sebagian saja yang berupa tanah. Setelah mendaki, kamu bisa simpulkan sendiri rasanya. Tapi dijamin rasa lelahmu akan terbayar ketika sampai puncak.

gunung batu jonggol
Foto : Instagram @ghazarifai_313

Karena tempat wisata tersebut sudah dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, kamu harus membayar retribusi masuk kawasan wisata terlebih dahulu seharga Rp 15.000,- untuk motor dan Rp 5000,- untuk tiket pendakian. Dari sini, hawa sejuk sudah mulai terasa. jika kamu ingin bermalam disini, tentu disini ada area untuk camping.

Setelah membayar retribusi, kamu harus melewati jalan setapak (lebar 2 meter) terlebih dahulu. Karena jalannya sempit, maka kamu harus mengantri bersama pendaki lainya. Alasan tersebutlah yang membuat para pendaki terkadang lama untuk bisa mencapai titik puncak. Yang penting tetap jaga keselamatan dan kesehatan fisik ya.

gunung batu jonggol bogor
Foto : Instagram @@yuuus29

Sesampainya di puncak, tentu kamu akan disajikan hamparan hijaunya alam yang luas dari ketinggian. Pepohonan rimbun dibawah sana bak karpet hijau yang dihiasi beberapa aliran sungai yang makin menambah kerennya gunung mungil yang tak bisa dipandang sebelah mata itu. Camping ceria sembari menikmati pesona Gunung Batu menjadi pilihan yang tepat jika waktumu flesksibel. Terlebih saat malam maupun pagi hari. Jika langit tak mendung, kamu bisa menikmati langit malam bertabur bintang dan sunrise yang menawan saat fajar datang.

gunung batu
Foto : Instagram @bagoesxoroe_26

Buat kamu yang suka selfie atau fotografi, Gunung Batu menawarkan landscape yang tak kalah epic dengan gunung-gunung lainnya di indonesia. So, silahkan foto-foto.

Bagaimana cara menuju Gunung Batu?

Bagi kamu yang ingin menuju Gunung Batu ini bila start dari Jakarta,  kamu bisa langsung mengarahkan kendaraanmu menuju Cileungsi dan memasuki kawasan Jonggol. Sesampainya di Jonggol, lanjutkan lagi perjalananmu sampai tiba di Mengker dan menemukan kawasan obyek wisata Gunung Batu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa gunakan GPS atau tanya penduduk sekitar.

Jangan buang-buang waktumu untuk menggalau. Yuk, Kesini!