Indahnya Togean, cuilan surga yang dijatuhkan di Sulawesi Tengah

Kepulauan yang kaya akan terumbu karang serta biota laut ini menjadi surga tersembunyi di Sulawesi Tengah.

kepulauan-togean-sulawesi-tengah
Image Credit : Instagram @iponk_salelang

Kepulauan Togean, rasanya masih terdengar asing di telinga kita. Kepulauan Togean yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah adalah sebuah Taman Nasional yang diresmikan pada tahun 2004. Kepulauan ini terdiri atas 6 pulau besar dan pulau-pulau kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau.

Kepulauan yang kaya akan terumbu karang serta biota laut ini menjadi surga tersembunyi di Sulawesi Tengah. Keindahan bawah laut yang spektakuler lagi-lagi menjadi pesona dari Kepulauan Togean. Tidak hanya pemandangan bawah laut saja, Togean juga memberikan ketenangan serta keindahan disekeliling pantai.

Pulau Togean sendiri termasuk dalam bagian penting dari segitiga terumbu karang dunia, yaitu Sulawesi, Filipina dan Papua Nugini, sehingga kawasan ini pun biasa disebut oleh para ahlinya sebagai “The Heart of The Coral Tringle”. Selain keindahan bawah lautnya, Kepulauan Togean juga dikeliling hutan mangrove, serta ada juga beberapa gua-gua, sungai dan air terjun.

kepulauan-togean
Foto : Instagram @owan____

Bagaimana transportasi menuju Kepulauan Togean?

Ada dua alternative yang bisa Kawan Muda pilih untuk mencapai Kepulauan Togean ini yaitu via Gorontalo atau Via Palu.

Via Gorontalo, dari Bandara Jalaludin Gorontalo Kawan Muda bisa menyewa mobil menuju Pelabuhan Gorontalo dan melanjutkan perjalanan ke Wakai, Togean. Informasi yang kami dapatkan, kapal feri Tuna Tomini ini hanya beroperasi pada hari Selasa dan Jumat pukul 18.00 WITA dengan jarak tempuh perjalanan kurang dari 12 jam.

togean-sulawesi-tengah
Foto : Instagram @ririmarly

Via Palu, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Kawan Muda harus menaiki bus atau travel Ampana via Poso dengan jarak tempuh 10 jam perjalanan. Dari Ampana, Kawan Muda dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal Puspita Sari atau Lumba Lumba menuju Wakai dengan jarak tempuh 4-5 jam perjalanan. Kapan feri ini hanya beroperasi pada hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 10.00 WITA.

Sebelum Kawan Muda memutuskan pergi ke Kepulauan Togean, harap perhatikan waktu serta transporttasi yang ingin Kawan Muda gunakan. Jadi, sudahkah Kawan Muda merencanakan perjalanan ke Hidden Paradise ini? Jangan sampai terlewati ya…

 

Foto : Instagram @iponk_salelang