10 Tempat wisata eksotis di Bogor yang menunggu kehadiranmu

Foto : Instagram @rudiansyaharya08
Image Credit : Instagram @rudiansyaharya08

Warga Jakarta mana yang belum pernah ke Bogor? Bogor memang menjadi magnet untuk melepas segala penat dan lelah dari aktifitas sehari-hari. Bogor banyak menyuguhkan berbagai wisata murah bagi para wisatawan. Di Kota Bogor kamu juga bisa menikmati berbagai macam tempat hiburan serta wisata kuliner yang bisa melengkapi perjalanananmu di Kota Hujan ini.

Sejatinya, Bogor itu tidak melulu tentang Puncak dan orang-orang Arab. Daripada waktu liburanmu kepotong macet karena antrian menuju puncak, baiknya kamu melipir ke tempat wisata lain yang masih berada di Bogor juga, karena ada 6 surga dunia yang telah menunggumu di sini. Yuk intip apa saja wisata terindah di Bogor selain puncak.

1. Leuwi Hejo

leuwi-hejo
Foto : Instagram @natashacdavega

Curug Leuwi Hejo atau yang dikenal juga dengan nama Curug Bengkok merupakan air terjun mini yang indah dan lagi ngehits banget dikalangan anak-anak IG. Curug ini terletak di Wangun Cileungsi, Ds. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Sentul, Kab. Bogor. Curug ini merupakan curug paling dekat dari area parkir, sehingga curug ini biasanya akan ramai dengan pengunjung yang ingin bermain dengan air.

Curug ini menyuguhkan hawa sejuk dengan air yang segar dan jernih berwarna hijau tosca. Berkunjung kesini tentu saja akan membuat kamu segar kembali. Tak jauh dari curug ini juga ada Curug Cibaliung, Curug Barong, Curug Luewi Liek dan Cipet diatasnya.

2. Curug Cibaliung

curug-cibaliung
Foto : Instagram @hizkiawizano

Merupakan salah satu curug yang berada di kawasan Leuwi Hejo, curug ini memiliki keindahan air terjun dan kolam alami yang memesona. Luewi Hejo sendiri berada di Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Untuk menuju curug ini kamu harus melakukan trekking selama kurang lebih sekitar 1 jam melewati Leuwi Hejo . Karena jalurnya yang naik turun, tentu akan sangat menguras energimu, maka persiapkan fisik dan perbekalanmu ya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengunjungi curug cibalung ini di saat musim panas.

3. Curug Leuwi Lieuk

curug-leuwi-lieuk
Foto : Instagram @muhfahrif

Curug ini juga masih dalam kawasan Leuwi Hejo. Curug ini menjadi tempat wisata baru di Bogor. Untuk mencapai surga tersembunyi di Bogor ini, kamu harus melalui trek yang cukup curam. Semua lelah saat perjalanan menuju curug ini akan terbayarkan oleh panorama keindahan Curug Leuwi Lieukyang tiada duanya.

4. The Higland Park Resort

the-higland-park-resort
Foto ; Booking.com

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur bersama keluarga dengan menghabiskan akhir pekan hanya di penginapan, The Highland Park Resort layak untuk dijadikan pilihan liburanmu. Penginapan unik ini memiliki konsep Mongol, dimana kamu akan menginap di sebuah camp dengan fasilitas lengkap seperti di hotel. Fasilitas lainnya adalah restoran yang dibangun menghadap ke arah Gunung Salak, viewnya yang keren akan membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Tidak hanya itu taman bermain serta outbound di sediakan juga oleh resort ini. Segara ajak keluarga kamu untuk menginap di The Highland Park Resort.

5. Penangkaran Elang Kampung Loji

penangkaran-elang-kampung-loji
Foto : Indonesiana.co.id

Penangkaran elang ini terletak di Kampung Loji, Kecamatan Cigombong, Bogor. Mulai dari melewati jembatan kayu, melihat penangkaran elang, bermain di curug serta melepas lelah di hutan pinus dapat kamu nikmati semuanya menjadi satu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor.

6. Gunung Batu, Jonggol

gunung-batu-jonggol
Foto : Instagram @nuunurul

Gunung batu ini terletak di sebuah Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Gunung yang memiliki tinggi 875 mdpl ini cocok untuk kamu yang sedang belajar mendaki gunung. Untuk mencapai puncaknya, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jalur yang di dominasi dengan bebatuan serta tanah ini memiliki jurang di sebelah kanan dan kirinya jadi kamu harus lebih berhati-hati ya. Setelah sampai di atas puncak, kamu akan menikmati keindahan Gunung Salak dari kejauhan. Keren pokoknya!

7. Curug Ciherang

curug-ciherang
Foto : Instagram @johanpratama

Tempat wisata antimainstream kali ini adalah Curug Ciherang. Untuk mencapai curug ini kamu harus berjalan selama 15 menit dari gerbang masuk. Curug ciherang memiliki ketinggan 30 meter dengan beberapa undakan dan memiliki debit air yang cukup tinggi.Tempat ini cocok untuk menghilangkan penat kamu.

8. Apache Indian Camp.

the-higland-park-resort
Foto : Instagram @wijayayogi

Menginap seru ala suku indian bisa menjadi pilihan unik untuk mengisi liburan akhir pekanmu. Apache indian camp ini terdapat di belakang The Highland Park Resort Bogor. Kamu bisa merasakan menginap di tenda yang berbentuk seperti rumah suku indian.

9. Gunung Kapur Klapanunggal.

gunung-kapur-klapanunggal
Foto : Instagram @miftah_alfalah

Berada tak jauh dari Cilengsi, Gunung kapur ini memang terbilang wisata baru di Bogor. Gunung ini memiliki kesulitan yang cukup tinggi, sehingga kamu harus berhati-hati jika mengunjungi gunung kapur ini.

10. Alun-alun Surya Kencana.

alun-alun-surya-kencana
Foto ; Instagram @sitiftimh

Padang dengan seluas 50 hektar dengan ketinggian 2750 mdpl adalah surganya edelweiss. Tempat ini berada dalam kawasan Taman Nasioonal Gunung Gede Pangrango. Dijamin, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan hamparan luas buang edelweiss yang akan menyejukan hati.