Yuk tinggalkan jejak di 10 tempat wisata Jember berikut ini

pantai-papuma-jember
Image Credit : Instagram @usiskhoirida

Jember merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Jember sendiri memiliki beberapa potensi wisata yang wajib kamu kunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata pantai hingga wisata alam tersaji dalam satu Kabupaten.

Nah, buat Kawan Muda yang tertarik untuk piknik ke Jember, berikut tempat wisata di Jember yang bisa Kawan Muda kunjungi …

1. Pantai Papuma, Jember.

papuma-jember
Foto : Instagram @mangesti.agus.prestiana

Salah satu pantai terindah di pesisir Jawa Timur. Pantai yang memiliki nama Pasir Putih Malikan atau biasa di sebut Papuma ini berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai Papuma ini konon adalah salah satu pantai terindah dan tereksotis di jawa Timur. Pantai Papuma menyajikan keindahan pasir putih serta barisan bukit yang mengelilingi pantai ini.

Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki batu-batuan yang terhampar di sisi barat Pantai Papuma. Ada hal unik yang di miliki pantai ini, kamu akan melihat Batu Karang tinggi yang berada di tengah laut. Batu Karang tersebut memiliki ketinggian 50 mdpl dan bernama Siti Hinggil.

2. Pantai Bandealit, Jember.

pantai-bandealit
Foto : Instagram @lianpira_

Pantai Bandealit adalah salah satu wisata yang dapat kamu jumpai di Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional ini terletak di antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi yang menjadi tempat konservasi dan penelitian. Pantai Bandealit memiliki kecantikan yang natural karena masih jarang wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Di pantai ini kamu dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga air seperti body surfing atau juga menyusuri suangai dengan speedboat, perahu kano atau hanya sekedar melihat burung yang berada di sekitar pantai.

3. Pantai Puger, Jember.

pantai-puger-jember
Foto : Instagram @rafliradiansyah_

Nah! Pantai yang satu ini juga tidak boleh di lewatkan saat kamu berkunjung ke Jember. Pantai Puger yang terletak 36 km dari barat daya Jember ini memiliki panjang sekitar 3 km. Pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit di Jember. Kawan Muda akan menemukan pelelangan ikan di sekitar pantai dan juga dapat melihat Cagar Alam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan Pantai Puger.

4. Pantai Watu Ulo, Jember.

pantai-watu-ulo
Foto : Instagram @rizaladitia31

Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Papuma, membuat pantai ini juga menjadi tempat wisata favorit di Jember. Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Ulo ini memiliki kisah mistis di balik namanya. Berasal dari bahasa Jawa, watu berarti batu, sementara ulo artinya ular. Dari arti tersebut jika di gabungkan berarti Pantai Batu Ular. Batu karang dengan menyerupai ular yang berada di tengah pantai, menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai Watu Ulo ini.

5. Air Tejun Tancak, Jember.

air-terjun-tancak
Foto : Instagram @sandiagusta

Salah satu air terjun tercantik yang di miliki Kota Jember. Lokasinya yang berjarak sekitar 16 km dari Kot Jember, dapat di tempu dengan kendaraan pribadi. Ari Terjun Tancak ini memilliki ketinggan 82 m dan lintasan pendakian yang aman. Selama perjalanan menuju air terjun tersebut, kamu akan di suguhkan dengan pemandangan perkebunan kopi dan pegunungan.

6. Tiara Waterpark, Jember.

tiara-waterpark-jember
Foto : Tiarajemberpark.blogspot.co.id

Satu ini obyek wisata di Jember yang menjadi favorit keluarga. Tiara Waterpark berlokasi 2 km dari Universitas Jember. Disini, kamu bisa menikmati permainan air hingga pukul 10 malam. Tidak hanya permaninan air, Tiara Waterpark juga menuediakan wahana bianglala, motor ATV serta perahu ayun yang tiketnya dapat di beli secara terpisah. Tiket  masuk Tiara Waterpark pada hari libur sebesar Rp. 25.000, untuk hari Selasa sampai Sabtu Rp. 22.000. Untuk tiket sudah termasuk dalam 6 kolam waterboom.

7. Pantai Payangan, Jember.

pantai-payangan-jember
Foto : Instagram @revaprimadi

Jika ingin berkunjung ke tempat romantis, Teluk Love Jember jawabanya! terletak di pantai selatan yang dikenal dengan Pantai Payangan merupakan pantai yang cukup populer dan banyak dikunjungi para wisatawan khususnya para pemuda yang sedang dimabuk kepayang, di pantai payangan ini kamu bisa menyaksikan indahnya panorama pantai dengan deburan ombak yang terbilang cukup besar yang menerjang bebatuan cantik khas pantai payangan tersebut.

8. Bukit J88, Jember.

bukit-j88-jember
Foto : Instagram @sonydwiprasetiyo

Bukit di atas awan J88 terletak di Gunung Watu Langgar Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Jawa Timur. J88 merupakan sebuah nama yang diberikan salah satu komunitas yg suka mengexplore keindahan alam. Komunitas tersebut memberikan nama J88 di sebuah batu yg berada di atas gunung tersebut. Dahulu kala, di gunung tersebut ada batu-batu besar dan sebuah langgar yang digunakan warga sekitar untuk mengadakan ritual-ritual budaya dan agama sehingga warga sekitar menamainya dengan sebutan Gunung Watu Langgar. Namun seiring berjalannya waktu, ritual tersebut sudah tidak lagi dijalani oleh warga sekitar.

9. Situs Duplang, Jember.

situs-duplang
Foto : Vieraajeng.blogspot.co.id

Situs Duplang menyimpan sejarah tentang peradaban manusia di masa lampau. Situs Duplang yang berlokasi di Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa. Situs ini memiliki beberapa peninggalan di masa megalitikum seperti kubur batu, batu kenong dan mehir. Situs Duplang ini bisa menjadi pilihan wisata sejarah dan pendidikan di Kota Jember.

10. Kawasan Puncak Rembangan, Jember.

puncak-rembangan
Foto : Instagram @shofiyah_rahmaniyah

Jika kamu sedang merasa penat, kawasan puncak rembangan ini cocok untuk kamu melepas penat. Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Jember dari ketinggian. Dimalam hari kamu dapat menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Jember dipadukan dengan terangnya bintang. Karena udaranya yang cukup dingin, di Puncak Rembangan kamu bisa menikmati teh jahe yang terkenal di kawasan ini.

Bagaimana? Sudah menyiapkan planning untuk berlibur ke Jember bersama keluarga atau sahabat? Semoga informasi diatas dapat membantu Kawan Muda yang sedang mencari tempat wisara favorit di Jember untuk berlibur 🙂 Selamat berlibur …