Menikmati pagi di Gereja Ayam, biar kaya Rangga dan Cinta

gereja-ayam-aadc
Image Credit : Instagram @potret.nusantara

Kalau Kawan Muda sudah menyaksikan film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2) yang laris manis kaya kacang goreng di acara dangdutan itu, Kawan Muda mungkin mengingat scene saat Rangga mengajak Cinta ke dalam bangunan unik di tengah rimbunnya pepohonan di pagi hari.

Bangunan tua dengan banyak bagian yang sudah terkelupas itu biasa disebut sebagai Gereja Ayam yang ada di Bukit Purwosari, Kembanglimus Borobudur Yogyakarta. Tempat ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari Kota Magelang dan sekitar 43 kilometer dari Kota Yogyakarta.

gereja-ayam
Foto : Instagram @sanihalim

Walaupun memiliki nama gereja sesungguhnya tidak ada kegiatan peribadatan di sana, konon katanya dulu tempat tersebut dibangun guna tempat berdoa bagi siapa saja yang mau sebelum akhirnya sempat terbengkalai.

Bentuk bangunan tersebut memang unik, terletak di atas bukit banguna berbentuk memanjang dengan bagian ekor ada di barat dan bagian kepala di timur. Di ujung timur terdapat sebuah bentuk kepala seperti unggas berhiaskan mahkota yang bisa dinaiki lewat bagian dalam, bentuk ini pula yang membuat tempat ini dinamai gereja ayam.

Gereja ayam yang konon didirikan pada tahun 1990an sempat terlantar begitu saja, sebelum akhirnya sekitar 2 tahun ke belakang mulai banyak dikunjungi masyarakat seiring makin hitsnya berburu sunrise di Punthuk Setumbu.

Ketenaran Gereja Ayam makin memuncak saat menjadi salah satu tempat scene romantis antara Rangga dan Cinta di AADC 2. Di dalam bangunan sendiri ada beberapa bagian ruangan mulai dari bawah tanah yang dibuat mirip asrama dengan bilik-bilik, ruangan utama yang luas dengan suasana eksotis dan tentu saja bagian mahkota ayam yang biasa jadi spot utama berfoto.

gereja-ayam-magelang
Foto : Instagram @esther_roosmiati

Sayangnya karena tempat yang terbatas serta bangunan yang sudah berumur, Kawan Muda tidak boleh berlama-lama berada di atas mahkota tersebut apalagi di masa libur panjang antriannya juga cukup banyak. Gereja Ayam buka setiap hari sejak dinihari hingga matahari tenggelam, Kawan Muda akan dimintai uang perawatan IDR 10.000 tiap orangnya.

Jalan menuju Gereja Ayam cukup mudah, Kawan Muda bisa mengakses melewati Puthuk Setumbu yang ada  di Jl Borobudur- Purworejo kemudian berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Untuk jalan lain, Kawan Muda bisa pula melewati Purwosari Hill atau langsung ke parkiran warga yang ada di bawah Gereja Ayam untuk kemudian melakukan tracking selama kurang lebih 10 menit.

Sebenarnya Kawan Muda bisa ke sana kapan saja, namun kalau boleh menyarankan, waktu yang cocok untuk datang ke gereja ayam adalah saat pagi hari, selain udara belum panas, pemandangan dan suasana pagi disana sangat mempesona. Dan yang pasti, menikmati sunrise di sana bersama pasangan akan membuat Kawan Muda merasa jadi Rangga dan Cinta. 🙂