Bikin lidahmu menari-nari dengan mencicipi 10 kuliner khas Malang ini

bakso-malang
Image Credit : Wovgo.com

Kota Malang selama ini terkenal dengan apel Malangnya. Tapi jangan salah, selain apelnya yang khas, Malang juga punya banyak kuliner lezat yang patut Kawan Muda coba.

Pokoknya rugi kalo main ke Malang dan belum mencicipi kuliner khas Malang ini.

1. Cwie Mie 

cwie-mie
Foto : www.heytheresia.com

Cwie mie malang merupakan sajian mie khas dari daerah Malang. Cwie mie Malang hampir mirip dengan mie ayam, tapi ada sedikit perbedaannya. Cwie mie ini menggunakan selada dan daging ayamnya lebih halus, serta taburan bawang goreng. Jika bumbu yang digunakan pada daging ayam di mie ayam berwarna cokelat dan manis, Cwie Mie bumbunya sedikit polos dan sedikit asin. Ketika dipadukan dengan kuah rasanya menjadi gurih dan segar.

Sangat enak jika dinikmati saat hujan-hujan gerimis sambil menatap pasangan.

2. Sego Goreng Mawut

sego-goreng-mawut
Foto : closetdomesticbunny.blogspot.com

Sego goreng mawut atau nasi goreng mawut ini merupakan perpaduan antara nasi dan mie goreng. Rasanya memang tidak jauh beda dengan nasi goreng, karena bumbu dasar yang digunakanpun sama. Kalo pengen rasanya lebih nikmati, makannya sambil natapin aku ajah. Sego goreng mawut ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Malang.

Nama mawut ini diambil dari bahasa jawa yang artinya berantakan, nah kuliner ini enaknya pecah berantakan juga lah pokoknya.

3. Rawon

rawon
Foto : bundaafa.wordpress.com

Kalo ketemu Rawon siap-siap dech air liur meleleh. Oh ya jangan sampe salah sebut yah, ini Rawon bukan Tawon. Rawon merupakan sup daging sapi dengan kuah kental berwarna hitam. Yang membuat kuah ini berwarna hitam adalah kluwek. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang juga banyak dijumpai di Malang.

4. Orem-orem

orem-orem
Foto : duhita-hartono.blogspot.com

Orem-orem adalah salah satu kuliner khas Malang yang terdiri dari irisan ketupat, tempe dan ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Penyajiannya orem-orem ini adalah ketupat yang diiris kemudian ditambah tauge, tempe dan disiram kuah sayur dicampur santan.

Rasanya biasanya agak sedikit pedas, tapi tidak sepedas perkataan ibu mertua kok tenang saja. Ohiya Kawan Muda juga bisa menikmatinya bersama tempe goreng yang masih anget, wah mantep tuh pasti.

5. Bakso Malang

bakso-malang
Foto : huruharada.blogspot.com

Bakso memang sudah banyak ditemui dimana-mana, tapi Malang punya penyajian bakso yang sangat khas. Yang Malang banget pokoknya. Bakso malang ini terbuat dari daging sapi, yang disajikan dengan mie kuning, tahu, siomay, pangsit goreng dan siraman kuah panas.

Salah satu bakso malang yang sangat terkenal di Malang adalah Bakso President. Bakso President ini sudah berdiri sejak tahun 1977, jadi sudah sangat khas banget. Yang membedakannya dengan bakso malang pada umumnya adalah pilihan isiannya. Bakso President ini berlokasi di Jl. Batanghari No. 5.

BACA SELANJUTNYA