Main-main ke Kota Solo, kurang afdol kalau belum mengunjungi 10 tempat berikut ini

galabo-solo
Image Credit : www.sewamobilkotasolo.com

Saking dekatnya, Solo itu kayak tetanggaan sama Jogja. Itu kenapa aura-aura tradisional dan keseniannya masih terasa. Sebelas dua belas sama Jogja, Solo juga memiliki segudang tempat menarik untuk liburan. Ditambah akses transport yang lumayan mudah, nggak bikin macet.

Nah, kalau Kawan Muda main-main ke Kota Solo, jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat menarik berikut ini!

#1. Supaya tampilan Instagrammu makin cetar foto di Keraton Kasunanan Hadiningrat.

kraton-kasunanan-hadinigrat
Foto : www.bestindonesiatourism.top

Solo dan Jogja identik dengan kerajaan, jadi nggak heran di sana terdapat keraton sebagai tempat tinggal raja. Salah satunya Keraton Kasunanan Hadiningrat. Berlokasi di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, tempat ini akan membuat liburanmu terasa berbeda. Kamu bisa menjumpai berbagai peninggalan sejarah seperti pusaka dan desain arsitektur yang masih dijaga kelestariannya.  Terlebih kalau kamu ke sana saat peringatan Maulid Nabi, wah makin rame suasanya, makin seru.

#2. Nggak cuma fosil dinosaurus yang punya museum, batik juga punya loh!

museum-batik-danar-hadi
Foto : www.jalansolo.com

Museum Batik Danar Hadi adalah salah satu trademark batik Kota Solo. Alamatnya di Jalan Slamet Riyadi nomor 261. Kamu bisa menjumpai beragam koleksi batik lama yang nyeni banget.

#3. Jangan lupa cari oleh-oleh ke Pasar Klewer.

pasar-klewer
Foto : panduanwisata.id

Meskipun hanya sebuah pasar, tapi Pasar Klewer yang berada di daerah Timuran, Banjarsari ini merupakan sentra bahan konveksi seperti batik dan macam-macam pakaian. Nggak usah bingung untuk cari pusat oleh-oleh, datang aja ke sini dijamin puas belanja.

#4. Bukan Pantai Balekambang tapi TAMAN BALEKAMBANG!

taman-balekambang
Foto : surakarta.go.id

Taman Balekambang menyuguhkan acara budaya yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya berdekatan dengan pasar Klewer yakni di Jalan Balekambang nomor 1, Banjarsari. Biasanya perhelatan event budaya seperti “Semarak Budaya Indonesia” ditampilkan di sini. Jadi kamu bisa melihat beragam tarian yang membuat liburanmu makin berkesan.

#5. Mampir ke Kebun Binatang Taru Jurug bisa jadi alernatif liburan yang asik.

taru-jurug
Foto : www.panoramio.com

Masih di wilayah Solo, tepatnya di tepi sungai Bengawan Solo yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar terdapat wisata fauna Taru Jurug. Destinasi wisata favorit keluarga nih.

#6. Ingin merasakan sensasi kerajaan Mataram, berkelana ke Museum Radya Pustaka yuk.

museum-radya-pustaka
Foto : www.iberita.com

Museum Radya Pustaka ini terletak di dekat Taman Sriwedari Solo. Museum tersebut salah satu museum tertua yang menyimpan banyak barang peninggalan kerajaan Mataram. Ingin tau keramik porselen langka dari Napoleon Bonaparte untuk Sri Susuhanan Pakubuwono IV? Datang aja ke sini.

#7. Ngarsopuro Night Market, memuaskan keinginan belanja di malam hari.

ngarsopuro-night-market
Foto : parikesitbus.com

Letaknya di sepanjang jalan Diponegoro. Jangan kaget saat daerah ini berubah jadi pasar di malam hari. Kalau kamu pernah ke Malang dan mendatangi pasar minggu, nah pasar ini mirip banget. Bedanya Ngarsopuro ini hanya bisa dijumpai hari Sabtu dan Minggu, itupun di malam hari saja. Jadi, cocok untuk belanja sambil nongkrong dan cari cemilan kala bulan menerpa.

#8. Jelajah kuliner di Galabo.

galabo
Foto : chez-space.blogspot.com

Namanya lucu banget, GA-LA-BO. Ternyata ada singkatannya gaes, Gladak Langen Bogan yang artinya pusat kuliner malam hari. Wah seru abis! Lokasinya ada di sepanjang jalan depan Pusat Grosir Solo, sebelah timur Alun-alun Utara Kota Solo. Pokoknya siapkan dompet tebal dan perut kosong.

#9. Piknik santai di Sriwedari.

taman-sriwedari
Foto : arifkoes.wordpress.com

Buat kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi tapi juga nggak ingin meninggalkan suasana bersejarah, datang aja ke Sriwedari. Lokasinya di Jalan Slamet Riyadi. Kalau pas malem, disini ada pasar malem lho …

#10. Acara jalan-jalan belum selesai, masih ada Pura Mangkunegaran.

pura-mangkunegaran
Foto : anisavitri.wordpress.com

Letaknya di jalan Ronggowarsito, Pura ini termasuk salah satu destinasi yang popular juga. Sejarahnya, Pura Mangkunegaran adalah pecahan dari Kasunanan Surakarta lewat perjanjian Salatiga tahun 1755. Sekarang, Pura Mengkunegaran kerap dijadikan sebagai sanggar tari untuk belajar tari Beksan bersama.

Seru bukan? Buruan jalan-jalan ke Solo~