11 Destinasi di Indonesia untuk menikmati indahnya sunset

sunsest
Image Credit : Instagram @pugardono

Sudah berkali-kali mendengar kata sunset dan sunrise, tapi sudah berkali-kali juga kebalik-balik dalam menginterpretasikan maknanya. Maka pada artikel ini Kita Muda akan kembali mengingatkan bahwa sunset adalah matahari terbenam, sementara sunrise adalah matahari terbit.

Jangan sampai lupa lagi, ya?

Kalau kamu adalah pemburu pesona sunset garis keras, kurang lengkap rasanya kalau sudah melihatnya di beberapa tempat, namun belum pernah melihatnya di setidaknya satu dari sebelas tempat ini. Bukan maksud mempromosikan 11 tempat ini atau gimana, tapi memang 11 tempat ini keren kalau untuk melihat sunset. Mana saja tempat-tempat tersebut? Kita Muda menjabarkannya untuk kamu.

BACA JUGA : Buat kamu yang baru menikah, 11 destinasi ini cocok untuk bulan madumu sebagai pengantin baru

1. Indahnya sunset dilihat dari Candi Ratu Boko di Yogyakarta yang letaknya di atas bukit.

candi ratu boko
Candi Ratu Boko, Yogyakarta. Foto : Instagram @nurulfitria93

Mari membuka artikel ini dengan mengunjungi Candi Ratu Boko di Yogyakarta dan melihat sunset dari sana. Candi Ratu Boko ini dekat sekali dengan Candi Ijo yang juga menjadi bahasan pada poin nomer 3 pada artikel ini. Letak Candi Ratu Boko yang di atas bukit membuat kamu banyak dapat bonus: wisata ke Candi Ratu Boko, melihat keindahan pemandangannya, serta menikmati sunset. Seru kan?

2. Kalau ke Candi Prambanan di Yogyakarta, selain sunset, kamu juga akan disuguhi sendratari Ramayana.

sunset prambanan
Candi Prambanan, Yogyakarta – Klaten, Jawa Tengah. Foto : Instagram @echa1288

Masih di Yogyakarta? Jangan disia-siakan. Berkunjunglah ke Candi Prambanan sekalian hunting foto dan menikmati bentuk candinya yang begitu khas. Ketika sore datang, nikmati keindahan sunset dari Candi Prambanan di Yogyakarta. Setelahnya, kamu akan disuguhi sendratari Ramayana di komplek Candi Prambanan.

3. Menyaksikan sunset dari Candi Ijo, Yogyakarta. Menyaksikan sunset dengan penuh kepuasan.

candi ijo
Candi Ijo, Yogyakarta. Foto : Instagram @kccaca

Enak ya, piknik ke Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan di Yogyakarta sambil nonton sunset. Mumpung belum pulang, mampi ke Candi Ijo sekalian. Letaknya dekat kok dengan Candi Ratu Boko, candi yang menjadi bahasan pertama pada artikel ini. Dari Candi Ijo, kamu akan melihat sunset secara tidak mengecewakan, karena saking indahnya.

4. Sunset juga indah loh dilihat dari Candi Borobudur, Magelang.

candi borobudur
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Foto : Instagram @traveling.couple

Yogyakarta dan Magelang cuma sepelemparan batu. Tentu batu yang diterbangkan oleh sebuah drone dari Yogyakarta, lalu batu tersebut dijatuhkan di Magelang. Tapi, sungguh, Yogyakarta dan Magelang itu bertetangga, dekat. Sayang sekali kalau tidak menyempatkan mampir, karena di Magelang juga ada candi yang tak kalah keren: Candi Borobudur. Sunset akan terlihat sangat indah sekali dari sini. Buktikan saja kalau tak percaya.

5. Pemburu sunset sejati, rela terbang dari Magelang menuju Flores cuma demi biar bisa lihat sunset di Pulau Kanawa.

pulau kenawa
Pulau Kenawa, Poto Tano, Sumbawa, NTB. Foto : Instagram @chukurus

Setelah dari Jogja dan Magelang, mari kita terbang ke Flores untuk melihat sunset! Jauh-jauh ke Flores cuma buat lihat sunset doang? Kenapa tidak. Kalau memang jiwa berburumu lebih besar dari pandangan pentingmu soal uang dan waktu yang dikeluarkan, maka harus banget ke Pulau Kanawa di Flores. Di seberang sana, ada Labuhan Bajo yang nanti juga akan Kita Muda bahas pada poin nomer 7 artikel ini.

Pulau Kanawa ini kecil. Kamu juga bisa naik ke bukit Kanawa dan menikmati sunset di sana yang pastinya indah banget, karena sunset tersebut memantulkan cahaya ke laut. Jika setelahnya kamu ingin berkeliling, hanya perlu waktu kurang dari satu jam saja, karena memang Pulau Kanawa ini kecil banget.

6. Pesona sunset dari Flores juga bisa kamu nikmati di Pulau Gili Lawa.

gili lawa darat
Gili Lawa Darat. Foto : Instagram @priviliani

Masih di Flores? Ayo kita ke Pulau Gili Lawa di Flores dan menikmati pemandangan laut yang luar biasa serta sunset yang teramat mempesona. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen indah dengan melihatnya dari sini.

9. Mari melihat sunset melalui serpihan surga di Labuhan Bajo, Flores.

gili lawa darat labuhan bajo
Labuhan Bajo. Foto : Instagram @sosylviacaroline

Kalau masih di Flores, jangan pulang dulu. seperti janji pada poin nomer 5 artikel ini, akan dibahas juga Labuhan Bajo di Flores yang juga dekat dengan Pulau Kanawa. Sebagai informasi, ketika melihat Labuhan Bajo, jangan kaget kalau kamu kemudian menyangka bahwa Labuhan Bajo bak serpihan surga gara-gara saking kerennya. Sunset dari sini bisa kamu nikmati dengan naik kapal, lalu ketika berada di tengah-tengah laut, untuk sementara waktu kamu tinggal di atas laut dan melihat sunset dari sana.

8. Bersama pasangan ke Gili Trawangan di NTB untuk menikmati sunset.

Gili Trawangan, Lombok. Foto : Instagram @delicioushappiness
Gili Trawangan, Lombok. Foto : Instagram @delicioushappiness

Seusai dari Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur, kita beranjak ke Gili Trawangan di NTB. Dari sana keindahan sunset juga bisa dinikmati, terlebih bila bareng pasangan. Wah, indah banget pasti rasanya. Gili Trawangan ialah pantai yang mempunyai pasir putih. Jadi selain menikmati sunset, kamu juga bisa bermain pasir. Tapi jangan sampai buang air besar di pasir, karena kamu bukan kucing.

9. Menikmati sunset sembari berenang bareng ubur-ubur di Pulau Derawan, Kalimantan Timur.

sunset di derawan
Derawan, Kalimantan Timur. Foto : Instagram @arturonholidays

Setelah menikmati indahnya Gili Trawangan, sekarang saatnya menikmatinya di laut Pulau Derawan, di Kalimantan Timur. Tidak cuma sunset, di sini kamu juga bisa berenang dan bermain dengan ubur-ubur yang tidak beracun. Ayo, tunggu apalagi? Nungguin punya pasangan? Kelamaan. Biasanya kan selama ini jadi jomblo juga betah.

10. Melihat sunset dari beragam spot di Pantai Padang-Padang, Bali.

pantai padang-padang bali
Pantai Padang Padang, Pecatu, Kuta Selatan, Bali. Foto : Instagram @perbawa1305

Meskipun namanya Padang-Padang, bukan berarti letaknya berada di Sumatera Barat loh ya. Pantai Padang-Padang ini adanya malah di Bali. Ya memang dari dulu di Bali sih, memang namanya aja yang Padang-Padang.

Pantai Padang-Padang di Bali ini memiliki beragam spot untuk menikmati keindahan sunset. Kamu bisa menikmati foto-foto dengan siluet di antara warna sunset di sini.

11. Menikmati sunset di Uluwatu, Bali sembari disuguhi tari kecak setelahnya.

uluwatu bali
Pura Luhur Uluwatu, Bali. Foto : Instagram @a_miller2.0

Jarang sekali ada orang yang berlibur ke Bali tapi enggak mampir ke Uluwatu. Kebanyakan, pasti mampir. Karena di sini, selain menikmati sunset, kamu juga bakal disuguhi tari kecak yang menakjubkan.

Jadi, mulai kapan kamu akan berburu sunset? Tempat mana dulu dari 11 tempat di atas yang pertama kali ingin kamu kunjungi?