7 Tempat wisata di Madiun “Kota Gadis” yang pas buat liburanmu bersama keluarga

madiun

Kalo ngomongin Madiun yang ada di benak pasti adalah INKA. Iyah Madiun merupakan pusat Industri Kereta Api (INKA). Madiun dijuluki juga sebagaia kota Gadis. GADIS yang dimaksud bukan CEWEK yah, GADIS ini marupakan singkatan dari Perdagangan, Pendidikan dan Industri.

Jadi Madiun merupakan sebuah kota yang ada di Jawa Timur. Madiun itu terletak 160 km sebelah barat Surabaya, atau 111 km sebelah timur Surakarta, Jawa Tengah.

BACA JUGA : Pekerjaan yang cocok banget buat kamu yang hobi traveling

Selain disebut sebagai kota GADIS, Madiun juga punya banyak potensi tempat wisata. Meski Madiun bukan destinasi impian para traveler, tapi lumayan lah kalo pas mampir ke Madiun udah tau lokasi buat main.

Nih Kita Muda mau merangkum beberapa tempat wisata yang ada di Madiun yang bisa menjadi alternatif tempat liburan kalian.

1. Air Terjun Seweru, pas banget buat ngadem saat Madiun lagi panas-panasnya.

Air Terjun Seweru
Foto : www.naturexpeditionteam.com

Ini dia wisata alam yang bisa dikunjungi di Madiun. Lokasinya air terjun ini berada di wilayah perkebunan kopi kandangan tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Selain dikenal dengan nama Air terjun Sewuru, air terjun ini juga punya nama lain yaitu serondo atau kedung malam.

Air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis. Disini Kawan Muda akan terpesona dengan 2 aliran air terjun yang saling berhadapan dan bermuara disatu ceruk yang sama.

Jalan menuju lokasi ini belum terlalu bagus. Ada baiknya Kawan Muda menggunaka sepeda motor. Sebelum memasuki kawasan air terjun, dari tempat parkir Kawan Muda juga harus melakukan trackking sekitar 1 km menuruni jalan setapak yang curam.

Untuk tiketnya, Kawan Muda hanya perlu membayar parkir saja sekitar Rp. 1.000,-. Disini masih belum ada penarikan karcis masuk.

BACA JUGA : Sihir dahsyat dari 8 air terjun yang hanya bisa kamu jumpai di Jawa Timur

2. Air Terjun Krecekan Ndenu juga nggak kalah adem dan keren dengan Seweru.

Air Terjun Krecekan Ndenu
Foto : anantohermawan.blogspot.com

Lokasi air terjun ini ada di Desa Kepel Kecamatan Grape Kabupaten Madiun. Untuk menuju kelokasi air terjun ini, Kawan Muda sudah dimudahkan dengan jalan yang sudah lebih halus dengan aspal. Jarak jangkaunya sekitar 20 KM dari pusat kota.

Untuk masuk ke lokasi ini Kawan Muda hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp. 2.000,-. Disini Kawan Muda bisa menikmati air terjun dengan nuansa pegunungan dan pemandangan pegunungan yang indah.

3. Nggak cuma air terjun di atas yang bisa bikin adem, Madiun juga punya Wisata Alam Grape yang selalu rame anak muda tiap hari Minggu.

Wisata Alam Grape
Foto : ardianita.wordpress.com

Grape merupakan salah satu obyek wisata bernuansa alam. Berlokasi diarea lereng Gunung Wilis tepatnya Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Walaupun merupakan kota industri, ternyata Madiun juga punya banyak tempat wisata alam. Sebelum memasuki Air Terjun Krecekan Ndenu, Kawan Muda akan melewati Wisata Alam Grape ini.

Akses jalan menuju kesini sangat mudah dan bisa dimasuki oleh mobil. Disini Kawan Muda bisa menikmati sebuah perdesaan yang disetting sedemikian rupa menjadi tempat wisata yang mengajak pengunjungnya bisa kembali menikmati suasana alam perdesaan. Didesa ini juga menjadi tempat konservasi bibit tanaman jati, coklat dll. Jangan khawatir, buat yang membawa anak, disini juga disediakan taman bermain anak.

Disini tidak ada penarikan tiket masuk saat hari libur, dan akan ditarik Rp. 1.000,- saat hari libur.

4. Taman Wisata Umbul yang pas banget buat liburan bareng keluarga.

Umbul
Foto : misterionline.com

Taman wisata ini letaknya berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo yang berjarak 20 km ke arah selatan kota Madiun. Perlu Kawan Muda tau, taman wisata Umbul ini merupakan peninggalan Belanda lho.

Di Umbul Madiun terdapat permainan seperti kora-kora, kincir angin, dan permainan sejenisnya. Disini juga ada kolam renang, pesanggrahan, kebun binatang mini, rumah makan, tempat bermain anak dan juga sumber air belerang. Untuk yang ingin bermalam ditempat ini juga disedikan tempat penginapan. Untuk masuk kawasan ini, Kawan Muda hanya perlu membayar tiket Rp. 5.000,- .

5. Kalau Umbul terlalu jauh dari pusat kota, kamu bisa pergi ke Sun City & Theme Park.

Sun City
Foto : YouTube

Ini merupakan wisata terpadu dimana terdapat waterboom dan taman bermain yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Di Sun City, Kawan Muda bisa puas-puasan bermain air. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 25.000,-, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai macam wahana air.

Selain itu di Theme Park, pengunjung juga bisa bermain permainan dengan berbagai macam wahana seperti bianglala dan jenis lainnya. Sayangnya disini Kawan Muda harus membeli tiket per wahana karena belum ada tiket terusannya. Lokasi Sun City dan Theme Park ini ada di Jl. S Parman no 8 Kota Madiun.

6. Nggak jauh dari Sun City ada juga Dumilah Water Park yang nggak kalah keren.

Dumilah Water Park
Foto : www.wisatamu.com

Lokasi tempat wisata ini ada di Jl. Slamet Riyadi, Madiun. Disini Kawan Muda bisa berpuas-puas diri bermain air, berenang, dan berseluncur serta juga bisa menikmati sensasi bermain outbound, flaying fox, water game, mini game dll. Untuk bisa bermain disini, Kawan Muda harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-.

7. Belajar sejarah di Monumen Kresek.

Monumen Kresek
Foto : flickr

Ada juga tempat wisata sejarah yang bisa Kawan Muda kunjungi, yaitu monumen Kresek. Monumen Kresek menjadi monumen peringatan sejarah berdarah di Indonesia yaitu saat terjadi pemberontakan oleh PKI. Monumen ini dibuat sebagai peringatan pada peristiwa pemberontakan PKI pada tahun 1948. Monumen ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan berada sekitar 8 km ke arah timur kota Madiun. Di dekat monumen ini terdapat nama-nama para prajurit TNI dan pamong desa yang tewas dalam melawan PKI di desa kresek yang di ukir pada batu prasasti.

BACA JUGA : Ora ngapak ora kepenak. Buat kamu yang piknik ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Cilacap yak …

Itu dia beberapa lokasi yang bisa Kawan Muda kunjungi saat berlibur ke Kota Madiun.

Jika ada alternatif tempat wisata lain yang ada di Kota Madiun, bisa langsung menambahkan ke kolom komentar yah.