10 Destinasi wisata di Yogyakarta yang akan indahkan galeri Instagrammu

Tugu Yogyakarta
Image Credit : Instagram @gonosantoso

Yogyakarta atau yang lebih akrab disapa Jogja, merupakan salah satu destinasi tujuan wisata paling populer di Indonesia. Provinsi yang letaknya berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini mempunya berbagai destinasi wisata menarik. Nah, buat kamu yang sedang liburan atau tengah merencanakan liburan ke Jogja, ada baiknya mengunjungi beberapa rekomendasi dari Kita Muda berikut ini :

#1 Meski letaknya berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, nggak ada salahnya buat mengawali piknikmu di Jogja dengan mengunjungi Candi Prambanan.

Candi Prambanan
Foto : Instagram @artur_mnms_

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Baca Juga : Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letak Candi Prambanan sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

Baca Juga : 7 Alasan kenapa kamu harus traveling dulu sebelum menikah

#2 Setelah puas berfoto ria di Candi Prambanan, yuk ke pusat kota Jogja, jalan-jalan sekaligus berbelanja di Malioboro.

Malioboro
Foto : Instagram @sidratallo

Malioboro adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Terdapat beberapa objek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg Jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim, dan lain-lain di sepanjang jalan ini.

#3 Nggak jauh dari Jalan Malioboro, di ujung sana ada alun-alun utara dan Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta
Foto : Instagram @bardansalam

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.

Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Baca Juga : Biar akhir pekanmu terasa bahagia, piknik ke Bandung aja

#4 Setelah puas dengan Malioboro dan Keraton Yogyakarta, nggak jauh dari kedua destinasi tersebut ada Istana Air Taman Sari, cocok banget buat kamu yang suka selfie-selfie.

Istana Air Taman Sari
Foto : Instagram @rezaaginting

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang.

Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum.

#5 Masih di pusat Kota Jogja, piknik sekaligus menambah pengetahuan tentang sains di Taman Pintar.

Taman Pintar
Foto : eduzia.com

Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Inilah tempat di mana para siswa dapat secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung.

Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).

Harga tiket masuk ke Taman Pintar bervariasi, mulai dari IDR 15,000 untuk orang dewasa.

Baca Juga : 9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi

#6 Pengen ke pantai? Yuk ke Parangtritis aja …

Parangtritis
Foto : Instagram @febrinanjo

Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya terletak sekitar 26km di arah selatan jika dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis memiliki ombak dan arus yang cukup besar.

Keunikan yang dimiliki pantai Parangtritis adalah terdapat bukit pasir yang biasa disebut gumuk yang ada di sekitar pantai. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba untuk bermain paralayang di Bukit Parangndog.

Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimurti di Yogyakarta bersama Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan Jogja. Pantai Parangtritis mempunyai elemen air, Gunung Merapi mempunyai elemen api, dan keraton kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Jika ditarik garis lurus, ketiganya berjajar di satu garis yang sama dari utara ke selatan.

Tak mengherankan jika pantai ini memiliki peran penting bagi Yogyakarta. Belum lagi kepercayaan yang menyebutkan bahwa Pantai Parangtritis merupakan pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan yang dipimpin oleh Kanjeng Ratu Kidul. Konon, ratu ini menyukai warna hijau, oleh karena itu pengunjung pantai tidak disarankan memakai pakaian berwarna hijau atau sesuatu yang buruk akan terjadi. Percaya tidak percaya, sebaiknya Anda menghindari warna hijau saat berkunjung ke tempat wisata ini.

#7 Kalau kamu sudah ke Parangtritis, yuk snorkeling di Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan
Foto : Instagram @rinisucii

Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan terdapat tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Pantai Sadranan merupakan rumah dari beberapa spesies laut menarik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Lokasi Pantai Sadranan berada di Jl. Sadranan, Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

#8 Masih dengan pantai, mlipir aja ke Pantai Baron.

Pantai Baron
Foto : Instagram @wulankocik

Pantai Baron jaraknya sekitar 65km dari pusat kota Jogja, mempunyai pesona pemandangan yang indah serta yaitu tempat untuk Anda yang mau menyantap bermacam hidangan laut. Pantai Baron ini sebenarnya yaitu suatu teluk dengan kehadiran dua buah bukit yang mengapitnya di segi kiri serta kanannya.

Daya pikat tempat wisata pantai Jogja yang satu ini yaitu pada sajian kuliner laut yang lezat. Anda bisa mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, sampai tongkol. Pantai Baron yaitu juga dermaga untuk beberapa nelayan, Anda bakal menjumpai ada pelelangan ikan di lokasi pantai ini.

Baca Juga : Buat kamu yang baru menikah, 11 destinasi ini cocok untuk bulan madumu sebagai pengantin baru

#9 Satu lagi pantai yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang piknik ke Jogja, yakni Indrayanti.

Pantai Indrayanti
Foto : Instagram @devi_bulan

Pantai Indrayanti sangat memukau beberapa penggemar wisata pantai. pantai ini terdapat di pesisir selatan propinsi Yogyakarta tepatnya di kabupaten Gunung Kidul. Masih tetap satu jejeran dengan pantai Baron. Pantai ini baru populer belum begitu lama. Maklum, dulunya pantai ini tak dikelola dengan cara profesional dan masih sepi pengunjung. Saat ini, pantai Indrayanti sudah lebih diperhatikan, dan kini tak kalah dengan Pantai Kuta Bali.

#10 Jogja nggak cuma candi dan pantai saja, ada juga goa, Goa Jomblang namanya.

Goa Jomblang
Foto : Instagram @choroszczak

Goa yang terletak di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki pesona wisata goa yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”. Jika Anda menyusuri hingga ke dasar goa, Anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug.

Baca Juga : Ini dia, 7 hal yang hanya bisa kamu dapatkan dengan piknik

Di Goa Jomblang kamu dapat menyaksikan stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan wisata goa nan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit sehingga lantai gua begitu indah, dan sebagian orang menyebutnya sebagai Cahaya Surgawi.

***

Itu dia beberapa daftar destinasi wisata di Jogja, jadi kamu mau piknik kemana aja?