10 Gunung di Indonesia dengan puncak terindah ini wajib banget kamu singgahi. Minimal seumur hidup sekali

gunung rinjani

Hmmm … Indonesia. Bicara soal Indonesia, keindahan alamnya memang sudah tidak diragukan lagi. Dari semua yang Tuhan berikan kepada negeri ini, bisa dibilang dapat nilai A semua. Dari gunung, hingga lautnya.

OK, kita bicara soal gunung.

Gunung, terutama puncaknya, selalu menjadi tujuan utama bagi mereka yang doyan piknik. Tapi, apakah kamu tahu, puncak gunung mana sih di Indonesia ini yang keren abiiisss ?

Baca Juga : 10 Destinasi wisata di Yogyakarta yang akan indahkan galeri Instagrammu

Nah, biar kamu nggak penasaran, Kita Muda bakal merilis daftar gunung-gunung terindah di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi. Apa aja sih? Ini dia …

#10 Kamu yang tinggal di Jabodetabek dan merupakan seorang pendaki sejati, pasti nggak asing dengan Gunung Gede Pangrango. Yes, gunung ini masuk dalam daftar gunung favorit dan terindah di Indonesia lho …

gede-pangrango
Gede-Pangrango. Foto : www.indonesia.travel

Taman Nasional Gunung Gede Pangango merupakan destinasi idola bagi mereka para pendaki yang tinggal di Jabodetabek. Treknya pun terkenal mudah dan memiliki lembah yang jadi favorit mereka, yakni Surya Kencana. Lembah yang menyajikan hamparan edelweiss ini membentang di antara Gunung Gede dan Pangrango.

#9 Siapa sih yang nggak kenal dengan Puncak Prau di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Golden Sunrise-nya selalu memikat hati.

gunung-prau
Gunung Prau. Foto : infopendaki.com

Yeehaa. Puncak terbaik di Indonesia, salah satunya ya di Gunung Prau. Bahkan di tahun 2014, Puncak Prau menjadi spot terbaik se-Asia Tenggara untuk memburu golden sunrise. Berbagai keindahan disuguhkan, tak hanya pameran matahari terbitnya yang kece abis, tapi kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet, serta Telaga Warna dari puncak Prau. Nggak berhenti sampai disitu, pendaki juga bisa bermain-main di bukit Teletubies lhoo …

#8 Letusan ratusan tahun silam, menjadi musibah dan berkah tersendiri. Dan kini, Tambora terlihat begitu indah dengan suguhan kawah.

gunung-tambora
Gunung Tambora. Foto by @ireneshofi

Ketika tahun 1815, ledakan terjadi pada gunung yang terletak di Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat ini dan memakan korban jiwa cukup banyak. Memang, peristiwa tersebut menjadi musibah, namun, setelah itu, berkah juga tidak lupa Tuhan berikan untuk Tambora. Kabarnya, Gunung Tambora, dulunya memiliki ketinggian 3.000 mdpl, sebelum terjadi letusan dahsyat yang menghilangkan puncaknya.

Usai peristiwa tersebut, lahirlah kawah Tambora dan membuat keindahan dari gunung ini bertambah. Terlebih bumbu-bumbu edelweiss serta gurun pasir yang membentang menjadikan tempat ini begitu sempurna!

#7 Indonesia memang sempurna. Meski terletak di kawasan tropis, tapi juga diberkahi dengan puncak bersalju, Jayawijaya / Cartenz, dan ini sangat indah.

jayawijaya
Jayawijaya. Foto : jefrisonlorukoba.wordpress.com

Indonesia ajaib. Kita tahu, Indonesia terletak di garis khatulistiwa, tapi, negeri ini juga diberkahi dengan kawasan bersalju yang letaknya di tanah Papua. Ya, puncak Jayawijaya atau Cartenz. Tempat ini memiliki keindahan tersendiri bagi para pendaki, baik dari dalam atau luar negeri.

#6. Kerinci, atapnya Sumatera.

kerinci
Atap Sumatera, Gunung Kerinci. Foto by @elloilmiah

Gunung Kerinci ini terletak di Provinsi Jambi, memiliki trek pendakian yang lengkap. Mulai dari jalan beraspal, batu, pasir, rumput, hingga pepohonan dan jalur bersungai kecil juga tanjakan yang memiliki kemiringan 60 derajat lebih. Di gunung ini juga terdapat kawah, beragam flora dan fauna. Dari puncak Kerincilah, keindahan yang nggak biasa bakal kamu dapatkan!

#5 Tujuh puncak dan lima kawah menjadikan Merbabu, Boyolali, Jawa Tengah masuk dalam daftar gunung terindah di Indonesia. Kamu wajib menginjakkan kaki di puncaknya!

Gunung merbabu
Merbabu. Foto : mainsebentar.wordpress.com

Gunung ini terletak di wilayah Magelang dan Boyolali, dengan ketinggian 3.142 mdpl, menjadikannya salah satu gunung terindak di Indonesia. Puncaknya yang terkenal yajni Syarif dan Tianggulasi. Dan lima kawahnya yang begitu waaahhh, membuatmu sulit menampik semua keindahan yang disuguhkan Gunung Merbabu!

#4 Gunung Bromo, tak boleh kamu lewatkan!

gunung-bromo
Gunung Bromo. Foto : www.penabiru.com

Ada yang bilang, jangan ngaku pernah ke Jawa Timur atau ngaku pecinta alam, jika kamu belum pernah menginjakkan kaki di Gunung Bromo. Gunung Bromo memang memiliki trek pendakian yang sangat mudah, namun, pemandangan yang disuguhkan nggak kalah indah. Meski hanya 2.329 mdpl, kamu bisa dengan puas menikmati keindahan matahari terbit dan berasa di negeri atas awan.

#3 Danau Tiga Warna yang bisa berubah dan hanya ada di Gunung Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur.

gunung-kelimutu-danau-tiga-warna
Danau Tiga Warna – Gunung Kelimutu. Foto by @avontoerir

Nusa Tenggara Timur nggak mau kalah. Dengan gunungnya yang memiliki ketinggian 1.639 mdpl, menjadi surga nyata yang ada di Indonesia, terlebih dilengkapi dengan adanya Danau Tiga Warna. Nggak sedikit wisatawan atau yang doyan piknik pergi ke tempat ini, sekedar selfie atau melakukan penelitian terhadap perubahan dari ketiga danau tersebut.

#2 Puncak Mahameru di Gunung Semeru, sekali seumur hidup, sempatkanlah untuk kesini.

puncak-mahameru
Puncak Mahameru. Foto by @haykal_rlts

Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl, dan merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa, merupakan sasaran pendakian bagi para traveler karena keelokan yang disembunyikannya. Buat mereka, para pendaki sejati, rintangan pun bukan masalah, toh Ranu Kumbolo dan puncak Mahameru bakal menghapus rasa lelah dari perjuangan dalam mendaki gunung ini.

ranu-kumbolo
Ranu Kumbolo. Foto by @apriansetiawan

#1 Gunung Rinjani, adalah ratu dari jajaran gunung yang ada di Indonesia.

rinjani
Gunung Rinjani. Foto by @redbitt

Nusa Tenggara Barat menyimpan ratu dari gunung yang ada di negeri ini. Ya, Gunung Rinjai. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini-pun dimahkotai sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Dan dunia pun sudah mengetahuinya. Tak hanya menyuguhkan keindahan puncak, Danau Segara Anak akan melengkapi dan menyempurnakan Rinjani yang merupakan cuilan surga yang jatuh ke bumi.

Puncak-Gunung-Rinjani
3726 mdpl, puncak Gunung Rinjani. Foto by @dicdas

– – – # – – –

Nah itu dia 10 daftar gunung di Indonesia yang memiliki puncak super indah. Menurut kamu, selain 10 gunung di atas, gunung manalagi di Indonesia yang wajib banget buat disinggahi puncaknya? Ceritakan di kolom komentar ya gaess …