Trenggalek mungkin terdengar asing. Tapi Kabupaten ini menyimpan segudang pantai yang wow banget!

pantai prigi trenggalek
Image Credit : Instagram @fajar_zuma

Tau Kabupaten Trenggalek? Atau mungkin diantara kalian ada yang asli dari Trenggalek? Yups, Kabupaten Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Trenggalek diapit oleh Kabupaten Ponorogo disebelah utara; sebelah timurnya ada Kabupaten Tulungagung; sebelah barat ada Kabupaten Pacitan; dan bagian selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia membuat kabupaten Trenggalek ini memiliki banyak sekali jajaran pantai yang indah. Jajaran pantai inilah yang menjadi wisata andalan Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga : Ini dia, 7 hal yang hanya bisa kamu dapatkan dengan piknik

Mungkin pamor pariwisata di Kabupaten Trenggalek belum setenar Bromo atau Batu. Pantainya juga belum sepopuler Bali, tapi tidak ada salahnya kan buat kamu mencoba mengunjungi pantai-pantai indah di Trenggalek ini sebagai alternatif.

1. Buat kamu yang ingin makan seafood dan menikmati suasana pantai yang tenang, main ke Pantai Prigi aja.

pantai prigi
Foto : wikipedia.org

Lokasi pantai Prigi ini ada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo atau 69 km kearah selatan kota trenggalek. Untuk menuju pantai ini, kamu sudah dibuat nyaman dengan jalan yang sudah beraspal dan trek yang tidak begitu susah dijangkau. Selain itu terdapat juga beberapa angkutan umum yang bisa mengantar kamu menuju kesini.

Selain menjadi tempat wisata, pantai ini juga merupakan tempat pelelangan ikan dan Pelabuhan Nusantara Terbesar di pantai selatan Jawa. Disini kamu bisa memborong ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan yang baru melaut nih.

Kamu tidak usah khawatir mengenai tempat menginap. Disekitar sini kamu akan menemukan banyak hotel dan penginapan.

Baca Juga : 7 Alasan kenapa kamu harus traveling dulu sebelum menikah

Oh iya, disini juga terdapat sebuah acara Larung Sembonyo. Ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh masyarakat sekitar situ sebagai tanda syukur terhadap hasil laut yang melimpah. Jika kamu ingin melihat hal ini, kamu bisa datang kesini saat Minggu Pon Bulan Selo pada penanggalan Jawa.

Untuk tiket, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3.000,- untuk masuk wilayah teluk Prigi, dan untuk masuk kawasan pantainya membayar lagi Rp. 6.000,-. Worth it lah dengan keindahan yang ditawarkan.

2. Pantai Ngulungwetan, dengan pasir putihnya dan pepohonan yang bikin hati adem.

pantai ngulungwetan
Foto : Instagram @Wisatamu.com

Pantai ini menghadirkan pantai dengan pasir putih yang indah dan tepian pantai yang ditumbuhi pohon kelapa. Kondisinya juga masih sangatlah alami. Lokasi pantai ini ada di desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Trenggalek.

Untuk menuju pantai ini kamu harus melalui track yang berkelok-kelok dari jalur Tranggalek – Kampak – Munjungan.

Disini kamu bisa menikmati suasana pantai yang alami sambil berenang di air yang jernih atau hanya sekedar bermain pasir putih ditepian pantai.

Pantai ini masih dalam pengembangan tempat wisata oleh Pemkab. Fasilitasnya belum begitu lengkap, dan tiket masuknya juga belum jelas informasinya.

Baca Juga : Biar akhir pekanmu terasa bahagia, piknik ke Bandung aja

3. Pantai Ngadipuro, kampung nelayan.

pantai ngadipuro
Foto ; Instagram @syahab31

Lokasi pantai ini berada di Desa Craken, Kecamatan Munjungan sekitar 59 km kearah selatan Kota Trenggalek. Pantai ini merupakan kampung nelayan. Jadi selain bisa menikmati panorama pantai yang indah, bermain pasir putih atau berenang diair yang jernih, kamu juga bisa bercengkrama dan melihat kehidupan nelayan disekitar sini.

Untuk menuju kesini kamu harus melewati jalur yang berkelok dan medan yang cukup menantang. kamu bisa melalui jalur Gandusari – Kampak atau Dongko – Munjungan. Dari dusun Ngadipiro, kamu masih harus masuk sejauh 1km untuk sampai ke lokasi pantainya.

Untuk fasilitas, pantai ini masih dalam pengembangan, jadi ya belum lengkap fasilitas yang ada. Tapi kamu bisa kesini dan menikmati keindahannya yang alami.

4. Terletak tidak jauh dari Pantai Prigi, kamu bisa mlipir ke Pantai Damas.

pantai damas
Foto : Instagram @sylviana02

Pantai ini tidak jauh dari pantai Prigi. Lokasinya ada sekitar 5km kearah barat daya pantai Prigi atau tepatnya di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo.

Pantai ini begitu alami dan landai. kamu bisa menikmati suasana pantai sambil berenang atau surfing. Disini juga terdapat bumi perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk berkemah.

Baca Juga : 9 Tempat wisata di Brebes yang harus segera kamu kunjungi

Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap, tapi sayangnya belum ada penginapan disekitar pantai ini.

Untuk bisa menikmati berwisata dipantai ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2.000,- dan tiket parkir saja sesuai jenis kendaraan yang kamu pakai.

5. Pantai Karanggongso, pepohonan dan kelapanya bikin nyaman.

pantai karanggongso
Foto : Instagram @rahmadventure83

Pantai ini juga berdekatan dengan pantai Prigi. Berjarak 3km kearah timur pantai Prigi, tepatnya di desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Disini juga terdapat acara labuh laut yang dilakukan setiap bulan Suro yang bisa kamu saksikan.

Fasilitas dipantai ini juga termasuk lengkap, ada juga cottage dan penginapan disekitar pantai ini.

Pantai ini relatif tenang, sangat nyaman untuk kamu berenang.

Bagi kamu yang pengen banged merasakan suasana pantai ini hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 10.000,-. Disini juga ada penyewaan perahu yang bisa kamu sewa dengan harga Rp. 20.000,- per orang.

6. Pantai Blado, dengan ombaknya yang lumayan yahut, kamu bisa mencoba buat surfing disini.

pantai blado
Foto : Instagram @bendottetapsemangat

Jika kamu bosen berselancar didunia maya, kamu bisa merasakan berselancar di dunia nyata tepat dipantai ini. Pantai ini memiliki ombak yang sangat cocok untuk melakukan surfing.

Pantai ini berlokasi di desa Munjungan, Kecamatan Munjungan. Jaraknya kira-kira 49km arah selatan kota Trenggalek.

Disini kamu juga bisa melihat Longkangan atau sedekah laut yang diadakan setiap hari Jumat Kliwon bulan suro penanggalan jawa.

Fasilitasnya sudah cukup lengkap. Sudah ada penginapan juga disekitar sini bahkan ada panggung hiburan juga. Untuk harga tiketnya kisaran Rp. 4.000,-.

7. Pantai Pelang, destinasi menarik di ujung barat Trenggalek.

pantai pelang
Foto : Instagram @fiddah

Lokasi pantai ini ada di desa Wonocoyo, kecamatan Panggul. Ombak disini cukup besar, jadi kamu harus sangat hati-hati jika ingin berenang dilaut. Selain pemandangan laut yang indah, disini juga ada air terjun. Air terjun setinggi 25m ini ada dikawasan pantai Pelang, bisa menjadi alternatif tempat bermain disini.

Jika kamu ingin melihat suasana pantai pelang dari ketinggian, kamu juga bisa naik ke gardu pandang. Dari atas sini kamu bisa melihat panorama laut lepas, ati-ati jangan buat ngintip orang mandi.

Fasilitas dipantai ini cukup lengkap. Terdapat penginapan juga disekitar sini. Bahkan buat kamu yang membawa anak-anak, juga terdapat taman bermain anak.

Untuk bisa menikmati suasana dan keindahan pantai ini kamu hanya perlu membayar tiket sebasar Rp. 7.500,-.

8. Pantai Taman Kili-Kili Trenggalek buat kamu yang ingin ketemu penyu.

pantai taman kili kili
Foto : wongedeweinfo.blogspot.com

Pantai ini berada di desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Lokasinya sebenarnya persis disebelah timur pantai Pelang, tapi dibatasi oleh perbukitan karang yang terjal.

Disini juga terdapat tempat konservasi pembudidayaan penyu. Nah kamu bisa melihat banyak penyu yang unyu-unyu disini. kamu juga bisa ikut melakukan ritual pelepasan Tukik (anak penyu).

Untuk fasilitas, pantai ini sudah cukup lengkap walau belum ada penginapan. Dan kabar baiknya adalah, untuk masuk pantai ini tidak ada pungutan biaya tiket.

9. Pantai Konang, pantai terakhir untuk melengkapi liburanmu di Trenggalek.

pantai konang
Foto : Instagram @desy_ratnasarie

Pantai ini hanya berjarak 2km kearah timur dari pantai Pelang. Tepatnya ada di desa Nglebeng, Kecamatan Panggul. Disini ombaknya cukup besar dan sangat cocok untuk selancar.

Disini kamu bisa menikmati panorama pantai yang tepiannya begitu teduh oleh pohon-pohon kelapa.

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, bahkan ada penyewaan ATV dan penginapan juga didekat pantai. Untuk tiketnya, sementara ini kabarnya masih gratis. Udah buruan kesini.

Baca Juga : Buat kamu yang baru menikah, 11 destinasi ini cocok untuk bulan madumu sebagai pengantin baru

***

Ini beberapa pantai di Trenggalek yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur. Pantai-pantai ini mungkin belum sepopuler pantai-pantai di Bali atau Lombok, tapi gak ada salahnya kan untuk mengeksplore keindahan lain di Indonesia ini, terutama ditanah Jawa.

Nah jika kamu ingin menambahkan spot / destinasi wisata lain, atau menambahkan informasi tambahan terkait perubahan harga tiket dan yang lainnya, bisa melipir di komentar ya.