Ini dia, 7 hal yang hanya bisa kamu dapatkan dengan piknik

cewek gunung
Image Credit : www.dzargon.com

Jaman sekarang banyak banget anak muda yang doyan piknik tapi nggak sedikit juga mempunyai pemikiran kalau piknik itu ngabisin duit, takut kecopetan, kena macet dan buang-buang waktu. Eits, jangan salah loh, buat kamu yang punya pemikiran kayak gitu, kesampingkan dulu deh soalnya Kita Muda bakalan ngasih pencerahan kalau traveling itu banyak hikmahnya.

#1 Dengan traveling kamu bisa lebih mengenal diri sendiri

di atas gunung
Foto : twistedredladybug.blogspot.com

Sebelum kamu siap untuk kenalan sama cowok atau cewek cakep, ada baiknya kamu memahami dirimu sendiri dengan cara traveling *tsaah. Secara nggak langsung traveling itu mendorong kamu untuk berkoneksi nggak hanya dengan orang lain tapi juga diri sendiri. Soalnya waktu yang kamu habiskan di era yang modern ini lebih banyak berinteraksi dengan teknologi ketimbang manusia. Nah, bermanfaat banget kan?

#2 Menambah rasa percaya diri

percaya diri
Foto : mashable.com

Kata kuncinya adalah keluar dari zona nyaman, jangan jadi jago kandang. Ketika memutuskan untuk jalan-jalan kamu sama aja menerima resiko untuk menjadi survivor. Bangkit dari kursi nyaman dan rasakan kursi-kursi yang lainnya, cari pengalaman dengan meninggalkan kehangatan rumah. Belajar adat dan kebiasaan baru dari lingkungan yang baru juga. Dijamin seru dan tentunya sepulang dari traveling sadar atau enggak kepercayaan dirimu bertambah karena seringnya berinteraksi dan menyerap ilmu baru dari orang-orang sekitar.

#3 Meningkatkan kreativitas

piknik sendiri
Foto : blog.trip30.com

Hikmah lain yang bisa kamu dapat dari jalan-jalan dapat dibuktikan dari hasil penelitian Profesor Adam Galinsky dari Columbia Business School yang diterbitkan di Academy of Management Journal. Pak Prof bilang kalau “Pengalaman baru bisa melenturkan sekaligus memperdalam kemampuan otak mengolah informasi (kemampuan kognitif). Otak pun akan terlatih menghubungkan dan memaknai serpihan informasi.” Intinya, ketika kamu dihadapkan dengan suara, pemandangan dan sensasi baru yang kamu rasakan di tempat baru bisa meningkatkan kreativitasmu. ITU.

#4 Menempa mental dan fisik

backpacker
Foto : www.australiaforum.com

Kali ini penelitan datang dari Julia Zimmermann dan Franz Neyer yang diterbitin Journal of Personality and Social Psychology menyimpulkan, denga berpetualang bisa menempa mental dan fisik dari kepribadian seseorang. Terlebih petualangan yang dilakukan dalam waktu cukup lama. Asal kamu tau, bagi orang-orang yang suka jalan-jalan cenderung punya pemikiran yang terbuka, nggak baper dan asik kalau diajak berdiskusi.

#5 Menambah ‘link’/relasi

Bertambah relasi
Foto : expertvagabond.com

Enggak tertutup kemungkinan kamu bakal ketemu orang yang tujuan wisatanya sama, terus kamu kenalan sama doi, kemudian kalian jadi BFF. Karena kemungkinan itulah, banyak open trip dibuka dan selalu laris tiap dilaksanakan. Bahkan, ada juga muda-mudi yang mengakhiri hubungan open trip mereka di pelaminan. Gimana tertarik coba enggak?

#6 Jadi lebih bersyukur

bersyukur
Foto : begy.blogspot.com

Pernah nggak sih ketika kamu traveling entah itu ke pantai atau ke gunung kayak merasa lebih dekat dengan Tuhan. Jika iya itu artinya kamu merasa damai dan bisa menyukuri nikmat Tuhan yang udah diberikan melalui pemandangan alam. Apalagi ketika dalam perjalanan kamu dihadapkan dengan kondisi yang menantang, itu bisa bikin kamu lebih bersyukur lagi atas kehidupanmu. Bahkan ada survey dari  Transamerica Center for Retirement Studies yang menyatakan bahwa 86% orang yang suka jalan-jalan merasa puas dengan kehidupannya.

#7 Tubuh jadi sehat terutama pada organ jantung

bahagia
Foto : www.hotel-r.net

Tau nggak sih ada riset dari Pusat Kajian Jantung Framingham menyatakan bahwa orang yang suka jalan-jalan itu terhindar dari risiko penyakit jantung. Gimana nggak terhindar dari sakit jantung, traveling bisa menghilangkan stress dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Jadi nggak usah khawatir kehilangan uang ataupun waktu, justru dengan jalan-jalan bisa mendapat manfaat yang lebih banyak.

Gimana???