Foto-foto di malam hari dengan smartphone bisa bagus kok hasilnya! Ini dia tipsnya…


Banyak hal unik dan menakjubkan yang bisa kita abadikan pada malam hari lho, Kawan Muda. Lanskap perkotaan dengan gemerlap lampu yang indah, ikut tren kekinian dengan teknik lukisan cahaya (light painting), atau sekedar selfie/wefie dengan suasana malam.

Sayangnya nih, keindahan pemandangan malam kadang sulit diabadikan dengan kamera smartphone kita. Kurangnya cahaya terang dan kontras yang tinggi antara area yang disinari cahaya dan yang gelap membuat hasil foto di malam hari kurang maksimal.

Eits, bukan berarti Kawan Muda nggak bisa memotret dengan kece dan instagramable di malam hari, ya! Ada trik-trik khusus kok yang bisa Kawan Muda lakukan supaya bisa menghasilkan foto yang apik dengan smartphone di malam hari. Yuk, langsung disimak saja langkah-langkahnya!

1. Agar kamera tetap stabil saat dipegang, cobalah untuk tahan napas saat memencet tombol shutter pada smartphone-mu

via: londonpreweddingphotographer.co.uk

Foto di siang hari saja berpotensi blur hasilnya, apalagi saat malam hari. Jika kameramu nggak memiliki sensor yang bagus atau fitur image stabilization (OIS), ada gerakan sedikit saja saat memegang kamera akan membuat hasil foto blur.

Nah, supaya tanganmu tetap stabil dan nggak goyang-goyang (meskipun sedikit dan nggak disadari), coba deh kamu tahan napas sebentar. Caranya sih sederhana, tapi dijamin bikin hasil foto kamu jelas dan terang!

2. Kalau masih takut hasilnya blur, kamu bisa memanfaatkan tripod dan timer

via: techradar.com

Selain menghindari godaan agar tangan nggak goyang itu susah, saat memotret di malam hari dibutuhkan shutter yang lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Nah kalau kamu kesusahan, gunakan saja bantuan tripod dan timer.

Kalau nggak punya tripod, kamu bisa pakai monopod atau tongsis-mu kok! Dengan begini, kamu akan dijauhkan dari godaan tangan goyang atau halangan lain yang bisa bikin fotomu blur.

3. Manfaatkan fitur Night Mode yang ada dalam smartphone-mu

via: pinterest.com

Fitur yang satu ini hampir ada pada setiap smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Dengan Night Mode, hasil foto yang kamu ambil akan lebih baik karena terjadi beberapa filterisasi yang mencocokkan dengan waktu pada malam hari.

Tapi kekurangannya, kalau objek yang kamu foto banyak bergerak, hasil fotonya akan blur. So, pastikan nggak ada gerakan yang berarti ya pada objek yang akan kamu foto.

4. Kamu harus tahu kapan harus menggunakan flash dan jangan pernah menggunakan fitur Zoom

via: tumblr.com

Jika memotret objek yang jaraknya cukup jauh, kamu nggak perlu menggunakan flash. Karena itu hanya akan menimbulkan bercak-bercak foto yang nggak jelas. Tapi awas, kalau terlalu dekat juga nih hasil foto selfie-mu akan terlalu pucat dan mengkilap.

Jarak terbaik untuk menggunakan flash kamera adalah 60 cm sampai 2 meter ya, Kawan Muda. Selain itu, jangan pernah menggunakan fitur zoom. Lebih baik kamu dekati saja objeknya agar hasil foto lebih jelas.

5. Yang paling penting nih, kamu harus punya smartphone yang kameranya bisa diandalkan.

infinix zero 4
Foto : Infinix

Untuk mengabadikan foto di malam hari dengan maksimal, Kawan Muda membutuhkan smartphone dengan bukaan lensa (aperture / “f”) yang besar. Semakin besar setting aperture, cahaya yang ditangkap lensa kamera semakin banyak dan dalam kondisi gelap kamu bisa menghasilkan foto yang jernih dan terang.

Nah, Kawan Muda bisa nih menggunakan smartphone merek Infinix Zero 4 yang dilengkapi dengan kamera 16MP f/2.0 + 8MP f/2.2. Kamera smartphone ini juga dilengkapi 4x sharper zoom/ PRO MODE, Opticle Image Stabilization (OIC), dan laser focus. Bukan cuma hebat di kamera aja, smartphone besutan Infinix ini memiliki kapasitas penyimpanan file hingga 32GB lho! Kamu bisa menyimpan foto lebih banyak dan lebih puas deh.

Kalau Kawan Muda ingin yang lebih keren lagi, gunakan aja smartphone Infinix Zero 4 Plus yang dilengkapi dengan kamera 20.7MP + 13MP; keduanya memiliki aperture f/2.0. Smartphone ini juga sudah dilengkapi sharper zoom/ PRO MODE, OIS, dan laser focus. Hmm, kalau begini nih foto selfie atau lanskap di malam hari bisa terabadikan secara sempurna!

***

Ternyata nggak susah kan bikin foto di malam hari tampak keren? Kalau Kawan Muda punya trik lain yang belum disebut di atas, boleh banget share di kolom komentar ya!