10 orang yang WAJIB kamu ‘block’ di sosial media mulai sekarang!


Saat ini, fungsi sosial media nggak sebatas untuk curhat diam-diam, kode gebetan, kepo-in orang, atau iseng cari teman baru saja. Sosial media sudah berkembang jauh dari fungsi awalnya dan kini apa sih yang nggak dilakukan di sosial media? Cari nafkah, belajar bareng, diskusi publik, kampanye politik, bahkan cari musuh bisa!

Iya, cari musuh baru sekarang ini nggak perlu kenal orangnya langsung atau main fisik; komen random di sosial media orang saja bisa menyulut api permusuhan. Nggak heran, beberapa orang yang ganggu dan nyampah di timeline bakal ditendang jauh-jauh sama yang punya sosial media.

Emang sih, terkesan nggak dewasa banget ya kalau main block orang di sosial media. Apalagi kalau teman sendiri, wuih, bayangin gimana perasaannya! Tapi kalau nggak di  block, orang-orang yang kayak gini cuma bikin orang lain emosi dan nggak nyaman saja.

 

BACA JUGA: Ini dia 7 pekerjaan di sosial media dengan bayaran tinggi

 

Nah, sekarang coba Kawan Muda buka sosial media masing-masing dan lihat apakah ada followers kamu yang mirip kriteria di bawah ini. Kalau ada, mungkin kamu bisa langsung block mereka sekarang juga.

1. Orang yang ngakunya netral tapi niatnya menjatuhkan

via: prntly.com

Kalau timeline sosial media sedang panas membahas sebuah kasus nih (utamanya politik), orang-orang yang kayak begini banyak bermunculan. Saat kamu posting sesuatu, dia akan komen pendapat yang berseberangan denganmu.

Bukan bermaksud mengajak debat—katanya sih mereka netral. Di akhir komen biasanya bilang,  “Yuk, coba lihat dari dua sisi. Pendapat kamu memang nggak salah, tapi coba deh kamu lihat juga sudut pandang yang lain. Peace.”

2. Mereka yang suka ngeluh dan menyalahkan segala sesuatu (atau semua orang)

via: nomoreenabling.com

Orang yang suka marah-marah di sosial media. Nggak tahu marahnya ke siapa, tapi dia selalu menebar amarahnya di sosial media. Kalau ada masalah sedikit dia juga ngeluh di sosial medianya, menyalahkan orang-orang atas kesialan yang menimpanya.

 

BACA JUGA: Tutorial pencitraan di media sosial biar kamu terlihat udah kerja, meski aslinya masih nganggur!

 

Nggak cuma sekali atau dua kali mereka begini. Setiap ada yang membuat mereka terganggu, mereka bakal posting hal yang sama! Bye!

3. Tukang nyampah di kolom komentar tapi isinya nggak nyambung dengan postinganmu

via: pinterest.com

Ya, mungkin kamu punya teman-teman yang mirip sama penjual teh pelangsing yang suka komen-komen nggak jelas. Saat kamu menanggapi, dia pura-pura nggak sadar. Dan begitulah setiap hari.

Dia suka melakukan ini karena lucu saja bisa membuat orang kesal. Nah, sebelum kamu tersulut amarah sama tingkahnya, boleh deh di block mulai dari sekarang.

4. Orang yang hobinya  bikin kamu terganggu dengan mention atau mengirimi artikel/foto yang kamu benci

via: football365.com

Dia tahu kamu nggak suka banget atau fobia dengan sesuatu. Bukannya membantu kamu menghindarinya atau setidaknya menjaga perasaanmu, dia dengan bangga mention atau repost artikel/foto tersebut untuk membuatmu kesal.

 

BACA JUGA: Gadis ini adalah “Ratu” di media sosial. Tapi, semua yang di postingnya adalah “Kebohongan”

 

5. Tukang bully yang suka banget ngomong kasar atau menjatuhkan orang

via: travelblog.org

Kalau tadi ada yang niat bully tapi ngakunya netral, kalau ini bully beneran. Saat komen di sosial media kamu, pasti langsung pedes kayak di dunia ini cuma dia yang benar.

Saat kamu posting sesuatu,  ada saja yang dikomen karena menurutnya kurang oke atau dia nggak setuju sama apa pun yang kamu lakukan. Ugh!

6. Mereka yang suka sok tahu posting sesuatu yang lagi booming tapi ternyata hoax

via: techtimes.com

Waini, orang yang seperti ini biasanya repost suatu hal  dan udah komen panjang lebar (bahkan ngajak ribut orang), tapi sesungguhnya kamu tahu yang di posting cuma hoax.

 

BACA JUGA: Pasangan yang bahagia adalah pasangan yang nggak suka pamer kemesraan di Media Sosial

 

Dan nggak cuma kamu yang mikir itu hoax, orang lain juga tahu! Tapi dianya tetap nggak tobat dan selalu saja nyampah! Ini fix di block saja!

7. Teman lama yang asal kenal saja tapi suka  invite kamu untuk main game

via: imore.org

Orang ini suka ngajak kamu main game meski kamu nggak suka main game atau nggak pernah menanggapi undangannya! Buang saja orang yang cuma bisa penuh-penuhin notif kamu saja!

8. Kenalanmu yang suka kepo dan kasih perhatian tiba-tiba ke kamu

via: yourekavach.com

Ya bisa dibilang orang ini tertarik sama kamu dan berusaha menarik perhatian dengan aktif menanggapi setiap komenmu. Nggak hanya itu sih, dia suka banget tiba-tiba memberi perhatian.

 

BACA JUGA: 7 Hal yang akan terjadi jika kamu berhenti menggunakan media sosial

 

Hmm, intinya sih orang ini sama kayak mereka yang suka sms “udah makan belum?” padahal kamu nggak dekat-dekat banget atau baru kenal.

Bikin nggak nyaman kan kalau terus-terusan di kepo begini. Kalau kamu nggak tertarik sama dia ya gampang, langsung block saja biar nggak berisik!

9. Orang yang benar-benar nggak kamu kenal

via: techtimes.com

Mungkin (awalnya) kamu pingin kelihatan hits banget ya dengan followers yang banyak sampai-sampai siapa saja kamu terima jadi teman.

Hmm, tapi lama kelamaan kok dia rajin muncul di timeline dan nggak penting banget lagi. Kamu juga nggak tahu dia lagi ngobrolin apa dan ada di belahan bumi yang mana. Nah, karena dia bukan siapa-siapa kamu lebih baik langsung di block saja.

10. Penebar kebencian di sosial media yang suka memperkeruh situasi

via: medscape.com

Mungkin dari semua daftar orang-orang yang harus di block, penebar kebencian adalah daftar pertama dan teratas yang nggak boleh terlewatkan!

Orang yang suka banget menyebarkan fakta dengan tujuan menggalang dukungan orang lain untuk membenci kalangan tertentu atau hal tertentu itu nggak banget. Kamu harus langsung memutuskan kontak dengan orang ini kalau pingin tetap happy pas main sosial media.

 

BACA JUGA: Perlu kamu tahu, 5 alasan kenapa pacar nggak mau posting foto bareng di media sosial

 

Memilih nge-block orang daripada unfollow mereka memang agak kasar ya, tapi dalam beberapa kasus WAJIB banget dilakukan. Nggak cuma di dunia nyata, di dunia maya pun kamu harus selektif memilih orang yang enak diajak berteman lho, Kawan Muda!