Berencana membeli sepatu baru dalam waktu dekat? Gunakan 5 trik ini agar nggak salah beli!


Sepatu, sebagai salah satu pelengkap penampilan, harusnya bisa membuat kaki pemakainya nyaman. Menggunakan sepatu yang nyaman selain memberikan nilai tambah untuk penampilan kita, juga berfungsi menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya, kaki lecet karena sepatu kesempitan atau kepeleset karena sol sepatu yang terlalu licin saat digunakan di permukaan lantai.

Saat membeli sepatu, apa yang menjadi pertimbangan Kawan Muda? Sering nih kita lupa untuk mengutamakan kenyamanan di atas segalanya. Karena tergiur diskon atau model yang sedang digandrungi, kita nggak mikir dua kali apakah kaki kita tersiksa atau nggak. Hmm, pas sudah sampai di rumah sepatunya malah nggak nyaman dan berakhir jadi pajangan doang!

Agar terhindar dari “zonk” saat membeli sepatu, Kawan Muda bisa pakai cara jitu ini nih.

1. Belilah sepatu pada sore atau malam hari

via: shazwanihamid.com

Kawan Muda mungkin nggak pernah kepikiran ya kapan waktu yang pas buat beli sepatu. Yang penting ada uang dan tokonya sudah buka langsung deh berangkat. Hmm, ternyata jangan menyepelekan hal ini lho. Waktu pembelian akan menentukan ukuran sepatu yang harus kamu beli. Belilah sepatu pada sore atau malam hari saat kaki kita membengkak.

 

BACA JUGA: Kulit kepala terasa nyeri kalau nggak keramas berhari-hari? Mungkin ini penyebabnya…

 

Kalau kamu beli di pagi hari, keadaan kaki masih masih menciut karena belum beraktivitas. Karena sepatu digunakan untuk beraktivitas dan untuk mengantisipasi agar sepatu nggak tiba-tiba kesempitan saat digunakan, belilah sepatu di sore atau malam hari.

2. Gunakanlah kedua sisi sepatu saat mencobanya

via: easyhealthoptions.com

Perlu Kawan Muda tahu bahwa ukuran kedua kaki kita nggak sama persis lho. Jadi, sebelum membeli coba ukur kedua kakimu dulu. Belilah sepatu dengan ukuran kaki yang lebih panjang.

Akan lebih baik lagi saat kamu membeli sepatu, carilah sepatu dengan ukuran 1 cm lebih panjang dari ukuran kaki kamu. Coba sisipkan sebuah jari di belakang sepatu untuk memastikan ukurannya.

3. Rasakan dengan benar saat mencobanya. Cobalah berjalan mondar-mandir untuk memastikan kenyamanannya

via: abeautifulmess.com

Kebiasaan kita nih saat membeli sepatu adalah cuma mencoba satu sisi dan kalau sudah pas langsung deh bungkus. Benar nggak? Hmm, kalau begini bisa-bisa pas besok-besoknya dipakai malah nggak nyaman.

 

BACA JUGA: Diundang ke acara reuni SMA? Yuk, baca 7 tips ini dulu biar reunimu jadi menyenangkan!

 

Supaya kamu tahu apakah sepatu itu benar-benar nyaman, jangan dicoba sambil duduk saja. Sepatu kan kamu pakai untuk jalan, jadi cobalah berjalan menggunakan sepatu itu. Rasakan bagaimana sepatu itu di kakimu. Kalau nyaman ambil, kalau nggak ya coba-coba yang lain.

4. Gunakan kaus kaki saat mencoba sepatu olah raga

via: theathletesfoot.com.au

Buat kamu yang membeli sepatu olah raga atau sneakers (dan biasanya suka pakai kaus kaki), jangan lupa pakai kaus kaki saat mencobanya. Kalau nggak pakai kaus kaki, ukuran sepatunya akan berbeda. Dan saat kamu pakai sehari-hari dengan kaus kaki, sepatu akan terasa kekecilan.

5. Belilah perawatan pendukung untuk sepatu

via: kipperclothiers.biz

Sepatu kamu cepet banget rusak dan nggak awet padahal baru beberapa kali dipakai? Mungkin kamu nggak merawat sepatu dengan baik dan benar. Atau kamu salah saat membersihkannya; karena ada sepatu yang nggak perlu dicuci dengan air dan hanya perlu diusap saja. Jadi, biar sepatu kesayangan kamu lebih awet dan terawat jangan lupa beli produk perawatannya sekalian ya.

***

Gimana Kawan Muda, udah siap nih untuk memburu sepatu incaranmu?