Diundang ke acara reuni SMA? Yuk, baca 7 tips ini dulu biar reunimu jadi menyenangkan!


Sudah menjadi tradisi, setelah lulus dari bangku sekolah atau menyelesaikan kuliah, teman-teman akan mengadakan reuni. Mungkin reuni tahunan, lima tahun sekali, atau sepuluh tahun sekali. Acaranya sih bisa kumpul-kumpul sederhana dengan teman satu kelas atau teman terdekat, hingga reuni besar-besaran satu angkatan. Tujuannya sederhana, untuk mengingat masa-masa indah bangku sekolah dan kembali menjalin tali silaturahmi.

Hmm, beberapa dari kamu mungkin ada yang bingung, nggak sabar, atau malah nggak ada niat untuk datang ke reuni. Pengalaman masa sekolah orang berbeda-beda; ada yang kangen banget bertemu teman-teman lama ATAU ada yang ingin melupakan masa sekolah. Apa pun niatannya, datang atau nggak, Kawan Muda pasti mulai mikir kan apa yang dipersiapkan atau harus ngapain aja di sana? Bikin deg-deg-an juga kan?

Beberapa tips ini akan membantu kamu mempersiapkan apa saja yang kamu “butuhkan” saat reuni biar nggak gagal total atau berujung awkward karena kamu kebanyakan baper.

1. Jangan mengingat-ingat dendam masa lalu pada temanmu

via: swagger.mx

Pasti kamu pingin banget kan menunjukkan pada orang-orang yang dulu pernah meremehkan kamu “Ini lho aku sekarang. Keren kan?”. Mending kamu simpan niatan ini ya. Ingat, kamu sudah dewasa dan kejadian itu sudah berlalu. Jangan sampai di umurmu yang sekarang ini, kamu masih bertingkah layaknya anak sekolah! Datanglah dengan pikiran terbuka dan ajak bicara siapa pun yang ada di sana (bahkan musuhmu sendiri).

2. Cari tahu lewat sosial media siapa saja yang akan datang ke reuni, khususnya orang yang kamu kenal

via: assets.materialup.com

Meskipun saat reuni semua orang akan kembali “berkenalan” untuk kedua kalinya, nggak ada salahnya kamu tahu teman-temanmu yang akan datang. Setidaknya ada yang bisa kamu ajak bicara di sana. Tapi jangan sampai kamu nempel-nempel ke temanmu dan bikin dia jengah ya! Gunakan dia sebagai alasan kamu “kabur” saat terjebak dalam obrolan yang kurang menyenangkan.

3. Sebaiknya kamu nggak perlu diet sebelum datang reuni

via: smithsonianmag.com

Kamu pingin banget tampil menarik dan keren saat reuni, akhirnya kamu diet habis-habisan. Hmm, bisa-bisa nih kalau kamu diet dalam waktu singkat, kamu malah sakit dan batal datang. Nggak asyik kan? Mungkin kamu bisa dateng, tapi nggak bisa menikmati reuni karena lemas. Mending jadi diri kamu sendiri deh dan tunjukkan kelebihanmu yang lain!

4. Pakai baju sewajarnya, nggak perlu berlebihan. Kecuali ada dress code yang mengharuskan kamu pakai baju tertentu

via: thecelebrityauction.co

Yang kamu butuhkan adalah pakai baju yang nyaman. Nggak perlu deh kamu beli baju baru demi reuni. Jangan sampai acara reuni yang harusnya kamu bisa senang-senang, malah jadi bencana gara-gara salah kostum. Kalau nggak ada aturan khusus baju apa yang harus dipakai, kenakan saja baju yang biasa kamu pakai saat hangout.

5. Lakukan observasi dan membaurlah dengan semua orang

via: thehamiltoneventcenter.com

Saat-saat reuni harus kamu manfaatkan untuk mencari teman dan koneksi baru. Keluarlah dari zona nyamanmu dan beranikan diri menyapa teman-teman lama yang dulunya tidak kamu kenal dekat. Mungkin saja dengan berbaur begitu, kamu akan mendapatkan teman baru yang satu hobi atau bahkan bertemu jodohmu, hehe.

6. Jangan berlebihan saat menyapa teman dekat yang sudah lama nggak bertemu

via: itypewithpurpose.blogspot.com

Kamu tentunya punya teman satu geng dulu saat sekolah, tapi udah nggak berhubungan lagi karena beda kampus atau pindah ke luar kota. Nah, saat bertemu mereka, kamu jangan langsung heboh dan menganggap bahwa ikatan pertemanan kalian masih sedekat dulu. Dekati mereka pelan-pelan, coba ingat kembali masa-masa indah saat sekolah dulu. Biarkan pembicaraan mengalir dan jangan terburu-buru. Nikmati waktumu yang berharga ini.

7. Kamu nggak perlu berbohong atau mengarang-ngarang tentang kehidupanmu

via: businessinsider.com

Jangan pernah mengarang tentang kisah hidupmu di masa lalu atau saat ini. Ceritakan saja sejujurnya apa yang kamu lakukan dan sedang kamu hadapi. Kamu nggak perlu malu atau gengsi karena teman yang lain lebih keren. Ingat, sekali lagi kamu bukan anak sekolahan! Kamu harus bisa bersikap dewasa. Mendengar cerita teman-teman yang mampu sukses harusnya jadi acuan buat kamu untuk maju juga.