Selalu merasa tidak enak untuk menolak sesuatu? Ini dia 5 cara untuk bilang “nggak” dengan sikap yang bijak


Kamu susah menolak  permintaan tolong orang lain dan selalu mengiyakan apa pun yang orang lain katakan? Nggak jarang karena kamu merasa kasihan atau sungkan pada orang lain, kamu “hobi” berkata “iya” dan hal itu membuatmu terperangkap dalam keadaan yang kurang mengenakkan bagimu. Bahkan, kadang kamu rela mengorbankan kepentinganmu sendiri!

Berbuat baik pada orang itu memang dianjurkan, tapi juga ada batas-batasnya. Jangan sampai karena kamu terlalu merasa bersalah banget kalau nggak membantunya, malah membuatmu kurang tegas menolak permintaannya. Hmm, ujung-ujungnya nih guys, kamu bisa-bisa dimanfaatkan atau membuatmu mudah ditindas!

Aduh, terus gimana dong supaya bisa menolak tapi kelihatannya elegan dan nggak menyakiti perasaan orang? Ini nih Kawan Muda tipsnya supaya kamu bisa menolak tapi nggak merasa bersalah.

1. Sebelum merespon permintaan orang lain, coba jujur dan hargai dirimu sendiri. Pikirkan kepentinganmu dahulu

via: Magique.com

Pikirkan dahulu saat kamu mengiyakan permintaan orang, apa yang akan kamu dapatkan dari sikapmu itu dan apa kepentinganmu. Coba cari tahu hal-hal yang kurang menyenangkan yang mungkin akan kamu alami saat melakukannya. Jika kamu merasa lebih banyak nggak nyamannya dan cenderung merugikan, jangan ragu untuk menolak. Dirimu dan waktumu itu juga berharga , jangan sampai merelakannya untuk sesuatu yang malah nggak ada efek positifnya buat kamu, ya!

2. Katakan “nggak” secara langsung dan jujur; gunakan nada suara yang ramah tapi ada penekanan agar tetap terlihat tegas

via: beliefnet.com

Setelah kamu menimbang-nimbang dan berpikir bahwa kamu nggak bisa membantunya, karena permintaan yang terlalu berat atau ternyata kamu udah punya urusan lain yang lebih penting, langsung saja bilang “nggak”.

Bicaralah dengan tenang tapi meyakinkan. Tunjukkan rasa percaya diri dan jangan menunjukkan ekspresi bahwa kamu berat hati saat menolaknya! Berkata “nggak” memang sulit,  tapi harus mulai dibiasakan.

3. Jika mereka masih memaksa, jelaskan secara rinci alasan kamu menolaknya agar mereka sadar kamu juga punya urusan lain

via: beliefnet.com

Pasti ada teman yang suka maksa dan ngeyel meskipun kita udah tegas bilang “nggak bisa”. Kalau udah begini, jelaskan saja kesibukan-kesibukanmu dan apa yang akan kamu lakukan di hari itu atau dalam minggu itu. Luapkan semua keluh kesahmu yang menunjukkan bahwa jadwalmu SANGAT padat. Dengan taktik curhat begini, semoga teman kamu sadar ya bahwa alasanmu menolak bukan karena nggak mau bantu, tapi ya kamu juga punya kepentingan sendiri. Betul?

4. Stop dan kurang-kurangin kebiasaan suka bilang “maaf” kalau kamu nggak benar-benar berbuat salah

via: gabrielscorner.com

Jangan katakan “maaf” setelah kamu menolak temanmu. Kamu NGGAK bersalah kok saat menolaknya, untuk apa kamu minta maaf?! Kalau kamu ujung-ujungnya bilang “maaf”, bisa-bisa temanmu berusaha untuk merayumu lagi karena dia tahu kamu nggak enak hati. Dia akan memanfaatkan cela untuk mengambil simpatimu kembali dan menggiringmu untuk berkata “ya”.

Daripada bilang “maaf” mending kamu bilang “terima kasih”. Maksudnya, “terima kasih” karena dia udah percaya bahwa kamu bisa membantunya (ya meskipun kamu nolak, sih). Kalau begini kan kesan yang kamu tinggalkan lebih ramah dan elegan.

5. Saat merasa nggak tega, coba tawarkan hal lain yang masih bisa kamu lakukan dan tentunya nggak mengganggu prioritasmu

via: metro.co.uk

Mungkin kamu memang orang yang sangat baik dan nggak tega lihat teman sengsara, hehe. Nah, kalau begini nih solusinya, coba tawarkan hal lain yang sudah kamu ukur sesuai kemampuanmu untuk membantunya. Katakan apa saja yang masih bisa kamu lakukan dan tentukan sendiri kapan kamu akan melakukannya. Kamu adalah pihak yang diminta untuk membantu temanmu, jadi jangan posisikan dirimu jadi pihak yang terkesan memohon. Oke?

Kalau kamu nggak enakan tapi di sisi lain nggak bisa bantu (dan temanmu masih aja maksa), mintalah bantuan pada temanmu yang lain untuk menjelaskannya. Carilah perantara yang mampu menyampaikan maksudmu agar kamu nggak terus menerus ditekan.

**

Ingat Kawan Muda, you can’t please everyone; pasti ada orang-orang yang selalu nggak suka dengan apa pun yang kita lakukan dan cobalah tutup mata pada orang yang begitu.