Tutorial menikmati video-video di youtube tanpa kuota yang sebagian dari kamu mungkin belum mengetahuinya


Merasa tak ada waktu untuk menonton banyak video di youtube pada suatu waktu, padahal akses internet sedang dalam keadaan melimpah, adalah sebagian besar penderitaan umat-umat geek pada zaman dahulu, yang kini, hal tersebut bukan lagi menjadi soal. Karena para pengembang teknologi telah menyiapkan solusinya. Jadi kalau Kawan Muda sedang dalam keadaan serupa, atau barangkali pengin tahu caranya, bisa ikuti langkah-langkah (yang sebagian menyesatkan) di bawah ini:

1. Cari tahu, mana-mana saja tempat yang memiliki akses free wifi.

via: logo-trends.blogspot.com
via: logo-trends.blogspot.com

Yah, ini penting. Harus banget kamu lakukan kalau masih di awal. Mendata tempat-tempat mana saja yang memiliki akses internet gratis, berbandinglurus dengan penghematan anggaran negaramu. Jadi, jangan anggap remeh bagian ini. Laksanakan dengan baik!

2. Jika password wifi bisa ia kasih secara sukarela, langsung baca poin nomor 3 pada artikel ini. Tapi kalau ia pelit, baca ini dulu.

via: mhs.narotama.ac.id
via: mhs.narotama.ac.id

Tuhan mendesain hidup ini berpasang-pasangan. Ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang baik dan ada pula yang jahat. Itu kenapa, di dunia ini tak hanya ada kamu. Tapi Tuhan menciptakan manusia selain dirimu. Ya, orangtuamu. Tanpa mereka kamu enggak bakal bisa lahir ke dunia. Maka berterima kasihlah kepada mereka!

Selain perbandingan-perbandingan di atas, ada pula perbandingan lain yang bernama “dermawan” dan “pelit” di dunia ini. Skala dermawan dan pelit ini juga berlevel. Ada yang saking dermawannya, bahkan sampai rela memberikan sebagian hartanya untuk sesama. Pada saat yang sama, ada yang saking pelitnya, bahkan minta password wifi aja enggak dikasih. Wah, kebangeten!

Kalau ia pelit kasih password wifi, inilah tutorial pencuriannya:

A. Tanya nama lengkap.

via: Parents.com
via: Parents.com

Trik-trik pada poin ini, akan sangat cocok untuk diterapkan kepada orang-orang yang bukan dari bidang IT. Karena eh karena, orang-orang non-IT biasanya kalau ngasih password gampang banget tuh ditebak, larinya ke mana. Yah, itu kan biasanya. Kalau ada orang non-IT yang passwordnya susah ditebak, anggap aja ia orang non-IT yang tak taat. Abangan, lah.

Oke, pertama-tama, cobalah tanya nama lengkapnya. Misalnya ia bernama ‘Raline Shah’. Bisa jadi passwordnya ialah namanya sendiri. Atau kalau meleset, cobalah bikin pengembangan tebakan. Misal: RalineShahCantik, atau RalineShahYangMainFilmItuLohMasaEnggakTahu, atau RALINEmendeSHAH, dan banyak pengembangan lain yang bisa kamu coba-coba sendiri.

B. Tanya tempat dan tanggal lahir.

via: PopSugar.com
via: PopSugar.com

Nah, biasanya orang-orang non-IT kalau bikin password juga sekitaran tempat dan tanggal lahirnya. Cobalah untuk berkreasi di sekitar sini. Misal ia lahir di Ciledug tanggal 5 Oktober 1995, bisa tuh dimulai dengan menebak-nebak password: 5Oktober1995, atau 5Oktober1995DiCiledugCoy, atau 5Oktober1995TanggalLahirAkuGituLoh.

C. Deteksi binatang kesukaan, beserta nama-namanya.

via: StyleArena.net
via: StyleArena.net

Kadang, orang-orang non-IT kalau ngasih password juga berupa nama binatang kesukaannya. Atau kalau enggak, nama binatang kesukaannya. Jadi kalau semisal binatang kesukaannya dikasih nama yang sama dengan nama kamu, maka masukkanlah nama kamu sendiri pada kolom password wifi. Kita Muda sih yakin, ini bener. Jadi kamu cukup sampai di sini, tak perlu lanjut ke poin di bawah.

D. Kalau perlu, tambah MaFa dan MiFa juga boleh.

via: HotelGiraffe.com
via: HotelGiraffe.com

Kalau poin 2C di atas belum jitu juga, deteksilah makanan dan minuman kesukaannya. Misal dia suka ‘Kwetiaw’ ya coba aja tulis itu. Duh, jadi pengin kwetiaw kalau gini caranya. Sialan! Misal selain kwetiaw dia juga suka kopi, maka passwordnya bisa kamu kombinasi: KwetiawKopi, atau KwetiawKopiLuwakYangKopinyaBerasalDariEekLuwak, dan kombinasi password lainnya.

E. Kalau itu tak berhasil, ajak ia wefie. Pakai hpnya. Lalu pas beralasan mau ngirim file fotonya ke hp kamu, periksalah bagian setting. Tepatnya di wifi tathering.

via: Geek.com
via: Geek.com

Poin ini hanya boleh dilakukan kalau Kawan Muda udah bener-bener desperate dan enggak ngerti mau ngapain lagi. Lha gimana, semua trik udah dicoba, tapi enggak ketemua juga.

“Yuk foto bareng yuk. Aku ingin persahabatan kita ini terabadikan dengan baik. Tapi karena kualitas kameraku enggak baik, bolehkah aku pinjam kameramu untuk berfoto agar hasilnya baik?”

Jika ia mengangguk yang tentu itu berarti boleh, maka segeralah laksanakan. Foto bareng, lalu pas mau ngirim file itu ke hp kamu, dilama-lamain. Sebetulnya, mula-mula kamu bisa basa-basi begini:

“Aduh, foto yang aku kirim pakai hp kamu, belum masuk di hp aku. Apakah ini gara-gara dosaku yang terlalu banyak? Ataukah porsi makanku yang terlalu banyak? Atau karena paketan internetku telah habis?”

Nah, kalau ia peka, biasanya bakal langsung ngasih password. Tapi kalau enggak peka, ya udah, enggak ada cara lain. Bilang aja pinjem untuk ngirim file fotonya tadi via Bluetooth atau infrared gitu, terus kamu cek password wifinya di bagian setting, tathering.

3. Kalau ia tak pelit ngasih password, langsung menuju youtube saja! Setting ke tonton offline!

via: Infosaged.blogspot.com
via: Infosaged.blogspot.com

Kalau password sudah diperoleh, tunggu apalagi? Berselancarlah di dunia maya! Tepatnya, youtube. Ya, kan, artikel ini ditulis buat kamu kamu para fakir kuota yang ingin menjelajah youtube. Jadi, ya, kunjungilah youtube.

Saat membuka, klik bagian ‘tonton offline’ deh. Nanti dia bakal otomatis ngesave gitu. Jadi Kawan Muda bisa menontonnya sewaktu-waktu. Tapi kalau oleh si pengupload video ternyata disetting agar tak bisa ditonton secara offline, ya udah, download aja videonya! Atau jangan-jangan kamu belum ngerti gimana caranya download video di youtube? Duh! Ke google gih, ketik:

“Cara Download Video di Youtube!”