Bukan cuma untuk pengembang roti aja. 8 kebaikan ini bisa kamu dapatkan dari baking soda

manfaat baking soda
Image Credit : brightside.me

Kamu pasti nggak tau kalau baking soda atau sodium bikarbonat, benar-benar zat yang luar biasa. Dia bukan cuma digunakan untuk mengembangkan roti aja tapi juga ramah lingkungan.

Kok bisa?

Tenang, Kita Muda punya referensinya nih. Ada 8 kebaikan yang bisa kamu dapatkan dari baking soda.

#1. Baking soda sangat ampuh membersihkan noda pakaian.

baking soda untuk mencuci baju
Foto : brightside.me

Menggunakan baking soda untuk mencuci ternyata bisa membantu melembutkan pakaian, menghilangkan bau, menghilangkan noda kuning (terutama dibagian ketiak), menghapus noda membandel di kerah baju, ampuh menghilangkan noda lemak hingga noda tinta sekalipun.

Hmmmm…udah kayak iklan deterjen ya.

Caranya pun cukup mudah gaes, tinggal dilarutkan ke dalam air lalu masukkan langsung ke ember cucian atau mesin cuci.

#2. Selain untuk mencuci, juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur.

baking soda untuk membersihkan peralatan dapur
Foto : brightside.me

Baking soda adalah pembersih yang sangat efektif dan alami. Mengaplikasikan baking soda pada spons atau kain basah ternyata bisa digunakan untuk membersihkan oven microwave atau oven biasa.

Dia juga mampu menghilangkan noda lemak kompor. Berfungsi sebagai desinfektan alami dan penghilang bau pada talenan. Hmmm…ibu-ibu pasti suka.

Selain itu, Ia juga bisa membersihkan lemari kaca dapur, menghapus noda teh dan kopi hingga mencuci buah dan sayuran untuk menyingkirkan pestisida.

Membersihkan bagian dalam lemari es atau freezer juga bisa loh. Menghapus makanan yang menempel di panci apalagi. Pokoknya cucok abis deh, bersih-bersih menggunakan baking soda untuk keperluan dapur.

#3. Sangat useable untuk membersihkan rumah.

baking soda untuk membersihkan rumah
Foto ; brightside.me

Kamu bingung mencari pembersih serbaguna yang kuat? Sering kemakan iklan pembersih rumah? Kini ada solusinya !

Pastikan kamu menggunakan larutan baking soda yang dimasukkan ke dalam botol semprotan atau kain basah. Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan perhiasan dan aksesoris logam. Untuk mensterilkan toilet, menyingkirkan kerak pada shower dan lantai kamar mandi juga bisa loh.

Baking soda juga berguna banget untuk menghilangkan noda pada furnitur kayu, membersihkan gelas dan kristal agar semakin mengkilap. Untuk menghilangkan noda krayon, tinta, dan noda spidol permanen juga ampuh banget.

#4. Ampuh untuk menghilangkan bau-bauan.

baking soda untuk membersihkan bau-bauan
Foto : brightside.me

Kadang kita suka kesal dengan bau menyengat dari rak sepatu atau tempat sampah yang udah dicuci tapi masih bau apek. Nah, cara menghilangkannya mudah banget, dengan baking soda kamu bisa dengan mudah menghilangkan bau-bauan tersebut. Cukup dengan memasukkan ke dalam cangkir kecil kemudian letakkan di dekat benda yang berbau. Dijamin deh, bau sepatu akan lenyap.

Selain untuk sepatu, baking soda juga bisa menghilangkan bau pengap dalam mobil, lemari hingga bau busuk sampah.

#5. Efektif untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

baking soda untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit
Foto : brightside.me

Kawan Muda dapat menggunakan baking soda untuk menangani beberapa penyakit umum seperti :

  • Mengobati gangguan pencernaan
  • Menghilangkan gas yang disebabkan oleh konsumsi sayuran
  • Mengurangi iritasi yang disebabkan oleh poison ivy atau sengatan ubur-ubur
  • Meringankan gatal dan iritasi yang disebabkan oleh cacar
  • Membersihkan hidung tersumbat
  • Meredakan nyeri sendi dalam tubuh
  • Mengobati sariawan di mulut.

Caranya simpel banget, dengan melarutkan baking soda dalam air udah bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang telah disebutkan. Gunakan juga untuk berkumur untuk mengobati sariawan.

#6. Untuk perawatan gigi.

baking soda untuk perawatan gigi
Foto : brightside.me

Untuk perawatan gigi, baking soda digunakan sebagai kumur. Itu akan membantu menghilangkan noda, mencegah plak gigi, menyingkirkan bau mulut hingga mencegah keretakan gigi. Wah wah benar-benar ajaib.

#7. Agar mendapatkan rambut yang cantik rawatlah dengan baking soda.

baking soda untuk perawatan rambut
Foto : brightside.me

Baking soda adalah teman setia para wanita untuk perawatan rambut dan kulit. Kawan Muda dapat menggunakannya untuk mencegah iritasi kulit setelah bercukur, memerangi jerawat dan komedo hingga dapat digunakan sebagai scrub wajah dan tubuh. Asal kamu tau, baking soda juga mampu mencegah ketombe.
Dan memutihkan ketiak gelap, siku dan kulit lutut.

#8. Yang benci banget sama KECOAK TERBANG. Basmi dengan baking soda.

baking soda untuk membasmi kecoa
Foto : brightside.me

Mungkin baking soda ini adalah benda penyelamat dalam keadaan darurat. Gimana enggak, fungsinya itu loh banyak banget! Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai pemadam kebakaran. Digunakan sebagai pengusir hama dan rumput liar juga bisa termasuk mengusir KECOAK dari rumah kamu.

Bye bye kecoak terbang~