Perlu kamu tahu, ini lho alasan kenapa tidur miring ke kiri itu lebih baik

tidur-miring-ke-kiri
Image Credit : www.wisebread.com

Bagi kebanyakan orang, tidur adalah salah satu aktivitas paling favorit, terutama untuk orang yang suka begadang. Tapi apakah kamu tahu bahwa posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan?

Sebenarnya tidur pada posisi apapun asal nyaman sah-sah aja, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur miring ke kiri dapat mempengaruhi banyak organ tubuh. Di sini Kita Muda akan memberikan pencerahan ala Dokter OZ tentang betapa pentingnya istirahat malam yang baik dengan posisi tubuh miring ke kiri. Coba deh rasakan manfaatnya setelah dipraktikkan.

#1. Dengan bobok miring kamu bisa meningkatkan sistem limfatik.

1

Sistem limfatik atau lymphatic system berfungsi untuk menghilangkan limbah atau racun dari tubuh. Para ahli mengatakan bahwa limpa berada di bagian perut sebelah kiri. Itulah sebabnya tidur pada posisi miring ke kiri dapat membantu proses mengurangi racun dalam tubuh secara efektif. Karena sistem limpa juga digunakan untuk saluran lemak, protein, dan zat penting lainnya, berbaring ke sisi kiri memungkinkan sel-sel tubuh mendapatkan nutrisi lebih cepat. 

#2. Memungkinkan limpa untuk melakukan pekerjaannya jauh lebih baik.

2

Limpa adalah organ terbesar dalam sistem limfatik. Ketika kamu tidur di sisi kiri, limpa akan bekerja lebih efisien. Alasan utama untuk ini adalah karena adanya gaya gravitasi. Hal ini mendorong aliran darah naik ke limpa, yang memungkinkan untuk menyaring kotoran lebih cepat.

#3. Mendorong usus besar untuk melancarkan feses dari perut.

3

Persimpangan antara usus halus dan usus besar terletak di sisi kiri tubuhmu. Daerah ini biasanya disebut katup ileocecal. Ketika kamu tidur ke sisi kiri, gaya gravitasi akan membuat pencernaan memproses kotoran dari usus kecil ke usus besar. Hal ini memungkinkan usus besar untuk menghilangkan kotoran dari tubuh lebih cepat.

#4. Dapat mengurangi mulas di malam hari.

4

Jika kamu menderita sering mulas, maka ide terbaiknya adalah tidur berbaring di sisi kiri. Dalam posisi ini, perutmu tertahan pada area lambung sehingga mencegah isi lambung naik ke kerongkongan. Jadi bisa menghilangkan mulas dini hari.

#5. Terhindar dari ancaman racun dan zat berbahaya yang bisa membebani hati.

5

Karena hati berada di sisi kanan tubuh, berbaring miring ke sisi kanan dapat membuat beban pada organ ini. Posisi tidur ke kiri tentu jadi solusi, agar terhindar dari kemungkinan datangnya racun dan zat berbahaya menyerang hati.

#6. Tidur di posisi miring kiri tentu baik juga untuk jantung. 

6

Sisi kiri jantung menerima darah dari paru-paru dan memompanya ke tubuh. Oleh karena itu, posisi tidur sisi kiri dapat membantu jantung untuk melakukan tugasnya lebih mudah dan efisien. Ketika kamu tidur miring ke kiri, gaya gravitasi turut memfasilitasi fungsi sistem peredaran darah, terutama aorta dan vena. Pembuluh vena membawa darah beroksigen dari tubuh bagian bawah ke jantung yang terletak di sisi kanan tulang belakang.

 

Ilustrasi : Brightside