Mahasiswa semester 14, selesaikan skripsi dalam waktu 2 bulan? Ini tipsnya!

skripsi
Image Credit : Nanyangchronicle.ntu.edu.sg

Banyak yang bilang kalau skripsi adalah momok bagi para mahasiswa. Mendengar pertanyaan teman, “apakabar skripsi?” seolah terdengar ,“Tuh, pacarmu lagi jalan sama orang lain!”. Kemudian emosi meledak – ledak dan langsung baper. Ada yang seperti itu? Banyak…. Tapi, hal ini ga boleh dimaklumin. Karena skripsi adalah gerbang utama bagi para mahasiswa untuk menjalani jenjang kehidupan berikutnya. 

Mengerjakan skripsi mungkin terasa sulit dilakukan. Berbagai macam gangguan, baik besar maupun kecil, silih berganti menggelitik fokus mahasiswa. Apalagi untuk mahasiswa tingkat akhir pakai banget. Waktu mepet, ide penelitian belum jelas, dosen killer, orangtua sudah berkacak pinggang! Duhh.. pusing deh!

Tapi ternyata ada lho mahasiswa semester 14, bisa menyelesaikan penelitiannya dalam waktu 2 bulan saja! Ini nih tipsnya :

#1 Buat para aktivis, anggota komunitas atau pekerja sambilan, relakan kegiatanmu, demi masa depanmu.

tersenyum dengan teman
Foto ; sunningdaledentalblog.com

Salah satu jenis mahasiswa, yang skripsinya ga kelar-kelar adalah mahasiswa yang super sibuk! Entah di organisasi, komunitas ataupun sedang bekerja. Coba deh kurangin kesibukanmu atau ambil cuti (jika bekerja), resign jika perlu. Pengorbanan yang paling besar untuk skripsi itu waktu. Kamu harus bertahan lebih lama dan fokus mengerjakan agar  segera selesai. Saat skripsi selesai, kamu bebas mau mengerjakan apapun yang kamu mau.

#2 Cari yang sebuah penelitian yang menarik dan sesuai dengan passion-mu.

membaca buku di kantor
Foto : intisari-online.com

Kebiasaan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, yaitu malas. Sikap ini yang paling sulit dihindari. Belum lagi udah semangat kerjain skripsi, waktu menghadap dosen, dapat revisi segunung.

Nah! Cara mengatasinya, cari penelitian yang sesuai dengan minat kamu. Hal ini bisa membantu mengangkat semangatmu untuk mengerjakan! Misalnya, kamu mahasiswa jurusan komunikasi, dan bekerja di radio. Boleh tuh dijadikan sebuah penelitian,”Pola komunikasi pendengar dengan penyiar radio saat request lagu.” Setelah menemukan fenomena, cari jurnal yang sesuai dan teori yang ingin kamu gunakan. That’s simple!

#3 Ajak dirimu untuk tenggelam dalam penelitian.

penelitian
Foto : Gembiralokazoo.com

Setelah mengurangi kegiatan dan menentukan tema yang menarik untuk diteliti, masih ada satu hal yang bisa mengganggumu. Tak lain dan tak bukan, gadget! Media sosial yang aktif, sukar membuat kita fokus.

Saat memulai pekerjaanmu, sebaiknya matikan telepon pintar atau paket datamu, lalu fokus dalam pengerjaan. Kalau kamu berhasil melewati fase ini, mengerjakan skripsi, bukan lagi hal mustahil. Perlu diingat, skripsi tidak untuk selamanya! Betul?

#4 Jangan kerjakan skripsi di tempat nongkrong!

laptop
Budapesttimes.hu

Hayo.. ngaku deh, udah berapa kali ngerjain skripsi di kafe? Apakah ada perkembangan yang baik? Atau malah rumpi sama teman – teman? Jawab sendirilah ya…

Mengerjakan skripsi dengan teman – teman diperbolehkan, tapi kalau kerjainnya sambil ngemil burger atau french fries, jadinya malah ngobrol kemana – mana. Lebih baik, kalau mengerjakan skripsi di tempat yang tenang, dan bisa membuatmu fokus. Perpustakaan bisa menjadi pilihan, atau bergabung di club riset.

#5 Bergabung di club riset atau skripsi.

diskusi
Foto : Rennynataliaa.blogspot.co.id

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah bergabung dengan club riset.

Biasanya di dalam club ini, ada mentor atau pendamping yang bakal membantu kamu untuk diskusi tentang penelitian. Selain itu, ada teman – teman seperjuangan yang lainnya, yang bikin kamu makin giat. Jadi, tunggu apalagi, join club riset di kotamu.

#6 Berdoa selalu, bersyukur kemudian.

berdoa
Foto : merries.co.id

Poin ini paling penting. Berjuang keras boleh, jangan lupakan berdoa. Skripsi bagus, tapi tuhan belum memberikan jalan, mau dikata apa. Berdoa itu butuh, bersyukur itu perlu.

Jadiiii…. Sudah siap lulus dalam waktu 2 bulan? Pilihannya ada di tangan kamu. Bergeraklah meraih mimpi, berjuanglah tak kenal henti. Karena skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai.