Ingin keuanganmu sehat? Nggak boros? Gunakan metode “Budget Jar” dalam mengelola keuangan

Metode Budget Jar adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola anggaran pribadi.

budget-jar
Image Credit : Brightside

Jika kamu membuka artikel ini karena penasaran dengan kata ‘Budget Jar’, kamu beruntung loh gaes. Soalnya metode ini bisa bikin keuanganmu lebih tertata.

Ya, Metode Budget Jar adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengelola anggaran pribadi.

Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu membagi uangmu ke dalam 6 jar alias botol. Setiap botol akan bertanggung jawab untuk satu kebutuhan selama 1 bulan ke depan. Agar lebih jelas lagi, Kita Muda akan memberikan ilustrasi sederhana untuk menerapkan metode Budget Jar ini :

#1. Jar 1 : Kebutuhan dasar sejumlah 55% dari penghasilan.

1

Kamu harus menyediakan paling nggak 6 botol yang bisa diisi dengan uang sesuai kebutuhan. Jangan lupa labeli tiap botol agar tidak mengambil uang yang salah. Jar pertama dengan label kebutuhan tentu dimaksudkan untuk memenuhi biaya sehari-hari dan membayar tagihan, termasuk transport dan pulsa.

#2. Jar 2 : Hiburan sejumlah 10%

2

Kamu bisa menghabiskan uang sebanyak 10% untuk keperluan hiburan seperti jalan-jalan atau hangout bersama teman-teman. Jangan lupa memasukkan uang tersebut ke dalam botol ke dua.

#3. Jar 3 : Tabungan jangka panjang 10%

3

Agar uangmu nggak habis dibuat shopping, bagi lagi ke dalam jar ketiga dengan label tabungan jangka panjang. 10% dari penghasilanmu tiap bulan sudah cukup kok. Tabungan jangka panjang adalah jaminan untuk kemandirian financialmu di masa mendatang, jadi wajib banget hukumnya.

#4 Jar 4 : Pendidikan 10%

4

Meski kamu sudah bekerja tapi pastikan uang pendidikan itu ada. Barang kali suatu saat kamu ingin melanjutkan studi, kamu nggak perlu mengambil uang di jar ketiga. Atau mungkin, kamu bisa menggunakan jar keempat ini untuk membeli buku, biaya kursus atau ikut seminar. Karena mengejar ilmu nggak melulu harus di kelas.

#5. Jar 5 : Tabungan keinginan 10%

5

Sudah ada tabungan inti kok masih ada tabungan lainnya lagi?

Tabungan keinginan ini dimaksudkan untuk keperluan dalam jumlah besar yang ingin kamu beli tapi belum sanggup kamu dapatkan dalam waktu singkat. Misalnya kamu ingin membeli TV, motor, smartphone, leptop dan barang-barang lain yang butuh proses untuk memilikinya. Tabungan keinginan ini bisa kamu jadikan cadangan juga kok gaes.

#6. Jar 6 : Sedekah dan hadiah 5%

6

Banyak yang bilang : “Penghasilanmu nggak akan barokah kalau belum sedekah.

Atau “Karena penghasilanmu nggak akan membanggakan kalau belum dibagi ke orang-orang tersayang.

Apa masih perlu dijelaskan? Sepertinya kamu sudah paham J