7 Tips menjadi teman yang asyik

teman
Image Credit : Jejaring Blog Unnes

Hallo Kawan Muda!

Apa kabar? Semoga semua sedang keadaan baik :).

Kali ini saya akan sharing sedikit tentang bagaimana caranya menjadi teman yang asik dan menyenangkan melalui artikel ini sobat. Bicara tentang asyik, apa para sobat ini merasa telah menjadi teman yang asyik? Atau justru para sobat sudah menemukan teman yang asyik dan menyenangkan? Setiap orang pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang mudah bergaul pada teman barunya baik sekedar mengobrol atau menanyakan kabar, dan ada juga tipe orang pendiam yang sangat canggung bila bicara pada orang yang baru ia temui. Menjadi kepribadian yang menyenangkan akan mudah untuk bergaul. Namun, kepribadian tersebut memang susah untuk dimiliki, karena kepribadian menyenangkan biasanya dimiliki sejak lahir dan bisa dikatakan itu adalah takdir. Akan tetapi sobat jangan khawatir! Jika Kawan Muda ingin menjadi orang yang menyenangkan dapat Kawan Muda pahami melalui tips berikut :

Pertama-tama berilah senyuman hangat.

boros jajan
Foto : www.rd.com

Tentunya semua orang suka bila melihat lawan bicaranya murah senyum. Dengan kita tersenyum orang yang menjadi lawan bicara lebih nyaman bila hendak memulai perbincangan dan itu dapat menunjukkan keramahan kita pada orang lain. Selain itu, bila kita ekspresi wajah sedang keadaan tidak tersenyum atau sedang cemberut, pasti orang yang melihat kita menjadi tidak nyaman dan enggan mengajak berbincang walaupun sekedar mengucapkan salam.

Hindari membicarakan hal yang tidak penting.

berinteraksi di kantor
Foto : www.layawellness.ie

Topik yang kita pilih untuk memulai perbincangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Jika topik yang kita bicarakan itu menyenangkan dan menarik, pasti lawan bicara kita nyaman dengan pembicaraan tersebut. Namun sebaliknya, jika kita membicarakan hal yang tidak menarik atau sesuatu yang tidak penting, itu akan membuat jenuh pada lawan bicara kita. Jadi usahakanlah hindari perbincangan tersebut.

Menjadi pendengar yang baik.

nongkrong bareng teman
Foto : www.huffingtonpost.com

Di antara kita pastinya memilik teman yang suka membicarakan tentang perasaan yang sedang ia alami. Baik keluh kesah maupun kesenangannya. Kita sebagai teman yang baik, pastinya senantiasa mendengarkan apa yang ia luapkan atau perlu kita dapat memberi tanggapan atau solusi dari masalahnya. Perbuatan ini tentu teman kita bisa lebih nyaman dan tentunya kita harus bisa menjaga rahasia teman kita.

Usahakan jangan memotong pembicaraan.

pasangan bicara
Foto : www.huffingtonpost.ca

Ketika teman kita sedang seru-serunya mengobrol tentunya mereka tidak suka bila perbincangannya dipotong atau disela begitu saja, itu akan mengganggunya dan bisa saja membuat mereka kesal. Memotong pembicaraan merupakan masuk dalam aturan etika dan sopan santun. Jadi, jika ingin bicara, tunggulah teman anda selesai bicara barulah kita memulai perbincangan baru.

Jangan menyinggung perasaan.

bicara di kantor
Foto : www.quietrev.com

Setiap orang pastinya  memiliki rasa tersinggung apa bila ada sesorang membicarakan tentangnya apalagi yang dibicarakan adalah hal buruk baginya. Jadi, jika hendak bercanda hati-hati dalam bicara dan jangan sampai menyinggung perasaan lawan bicara kita. Itu dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman.

Senantiasa perhatian.

berbicara dengan cewek
Foto : understandingrelationships.com

Sikap perhatian tidak hanya ditujukan kepada keluarga dan kekasih. Kepada teman pun juga perlu diberi perhatian jika kita ingin menjadi pribadi yang menyenangkan. Misalnya ada teman kita belum makan, boleh saja kita mengajaknya ke tempat makan dengan mencari tempat yang nyaman untuk sambil mengobrol. Atau pun jika teman kita sedang bersedih karena suatu masalah, cobala dekati dia. Tanyakan apa masalah yang sedang dia alami, hiburlah dia, beri dia semangat. Apabila mampunya membantunya, bantulah sekiranya bisa. Dengan demikian dapat meringankan bebannya.

Membagi ilmu.

teman-belajar
Foto : www.howtoteachachildtoread.net

Terkadang diantara mata pelajaran sebagian tidak kita pahami dan itu membuat kita mengalami kesulitan menghadapi ujian. Namun, pastinya ada beberapa mata pelajaran yang kita kuasai. Nah, jika salah satu dari teman kita yang kurang memahami materi tersebut, cobala sedikit berbagi sedikit ilmu yang kita punya pada mereka. Dengan demikian dapat mempermudah proses belajar. Akan tetapi, mungkin ada yang berpikiran kalu sikap ini seperti menggurui atau menunjukkan sosok paling menguasai ilmu. Namun sebenarnya tidak, niat kita hanya sekedar membantu sesama dalam proses pembelajaran dan ini dapat menghindari saling contek pada ujian. Bila ada yang beranggapan sedemikian, abaikan saja yang terpenting niat kita baik.

Baiklah, mungkin itu sedikit tips untuk menjadi teman yang baik. Semoga para sobat dapat menjadi teman yang asyik dan menyenangkan dan mudah mendapatkan banyak teman yang baik pula.