5 Tips mudah agar berat badan tetap ideal untuk kamu yang suka ngemil

berat-badan-ideal
Image Credit : www.belanjaalkes.com

Kawan Muda yang suka ngemil tidak perlu khawatir jika tubuh akan kelebihan berat badan Kenapa? Karena 5 tips berikut ini akan membantu Kawan Muda tetap memiliki barat badan ideal meski suka ngemil …

1. Jangan MaGer (Males Gerak).

olahraga di kantor
Foto : www.l-men.com

Istilah “mager” yang kerap sobat temui di akun sosmed pasti gak asing lagi ya, “males gerak”, sifat ini salah satu penyebab dimana berat badan bertambah karena tumpukan kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh.

Nah, buat Kawan Muda yang suka ngemil, biar kalori di dalam tubuh ikut terbakar secara seimbang maka cobalah untuk aktivitas rutin di rumah, sekolah, kantor atau dimanapun sobat berada seperti menyapu, mengepel, bersih-bersih kaca jendela, kebun dan aktivitas lain yang mengharuskan tubuh Kawan Muda bergerak.

2. Imbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

buah
Foto : www.gudangkesehatan.com

Sayuran dan buah merupakan salah satu sumber serat dan mineral yang diperlukan tubuh. Buat Kawan Muda yang tidak terlalu suka makan sayuran cobalah menyiasati dengan mencampurkan aneka sayuran pada makanan kesukaan seperti nasi goreng, mie goreng, capcay, atau apa ajalah yang tidak 100 % sayuran.

Jadi siasati agar sayuran bisa masuk ke dalam tubuh setiap hari dengan aneka macam kreasi masakan. Nah biasanya anak perempuan yang hobi masak selalu banyak ide buat mempadu padankan masakan. Hem…yuk dicoba !

3. Olahraga minimal seminggu 2 kali.

olahraga
Foto : www.ahlinyapenyakitjantung.web.id

Olahraga memang bagian dari BaGer (banyak gerak) beda lagi sama MaGer. BaGer kali ini bisa kita lakukan minimal 2 kali seminggulain halnya dengan MaGer kalo di poin 1 tadi harus kita lakukan setiap hari.

Nah kenapa minimal 2 kali seminggu? Karena aktivitas Kawan Muda yang padat, dari Senin – Sabtu atau Jumat bahkan lembur sampai Minggu, maka dari itu Kawan Muda yang punya waktu libur hari Sabtu atau Minggu sempetin waktu kalian buat bakar kalori deh.

Olahraga gak harus yang berat dan jauh lo ya. Cukup Jogging keliling komplek atau bisa juga di halaman rumah dengan cukup lari-lari kecil ya sekitar 15 menitan, tapi ingat ya sob sebelum olahraga tetap ada pemanasan biar tubuh gak kaget diajak olahraga.

4. Batasi porsi camilan.

pemalas
Foto : YouTube

Waduh….! Kalo yang satu ini udah dipraktekin belum ya?? Ngemil sambil nonton tv, nonton dibioskop, ngegames, dan yang lainnya saat Kawan Muda bersantai pasti akan seru jika disamping sobat ada camilan. Apalagi camilannya 1 toples besar dan lagi gak ada banyak orang.

Hem… ini yang bikin Kawan Muda gak sadar berapa banyak camilan yang masuk ke tubuh. Nah baiknya, jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsi camilan, meski suka ngemil, tetap kasih batasan.

5. Mengkonsumsi air putih yang cukup.

air putih
Foto : mencegahpenyakit.com

Mengkonsumsi air putih sebelum makan akan membuat Kawan Muda merasa kenyang sehingga mengurangi jumlah camilan yang dikonsumsi. Itu artinya jumlah kalori yang masuk tidak terlalu banyakkan. Minum air putih yang baik juga bisa ketika merasa lapar pada saat jam makan belum tiba, bisa juga minum air putih hangat di pagi hari dengan sedikit perasan lemon atau garam hal ini terbukti dapat membantu mengeluarkan lemak berlebih dari tubuh.

Itu dia 5 tips untuk menjaga berat badan agar tetap ideal buat Kawan Muda yang suka makan camilan, selamat mencoba !