Sibuk dengan tugas yang tak kunjung selesai? 5 Tips berikut ini patut kamu coba!

sibuk
Image Credit : www.theodysseyonline.com

Banyak orang mengeluhkan, “Duh, pusing banget nih tugas ngga selesai-selesai.”, “Tugas baru dapet judulnya, mana besok udah deadline.”, dan lain sebagainya. Kalimat-kalimat itu kebanyakan dilontarkan oleh orang-orang yang punya banyak tugas/pekerjaan, namun mereka merasa terbebani karena tidak berhasil menyelesaikannya dengan baik. Selain tugasnya yang memang berat, pekerjaan ringan pun akan terasa berat karena beberapa faktor, seperti rasa malas, rasa tidak senang,dan seterusnya. Jika kamu orang-orang seperti itu, coba deh tips-tips berikut.

1. Fokus pada satu macam hal yang ingin dikerjakan.

fokus
Foto : www.entrepreneur.com

Jika kamu punya beberapa tanggungan pekerjaan, pilih satu saja yang menurut kamu akan diselesaikan lebih dulu. Fokuslah pada satu hal itu dan tidak usah menjadi pengikut dalil ‘setali tiga uang’ atau ‘sambil menyelam minum susu’.

Akan lebih efektif  jika kamu menyelesaikan satu macam pekerjaan lalu mengerjakan yang lain, daripada susah payah kamu kerjakan bareng-bareng tapi hasilnya ngga maksimal, rugi banget deh.

Contohnya,coba bandingkan jika mengerjakan tugas dengan fokus pada tugas itu dan mengerjakan tugas sambil makan, kira-kira yang manakah bisa selesai lebih dulu?

2. Cari tempat nugas selain kamar.

bekerja
Foto : pexels.com

Walaupun nyaman, melakukan aktifitas di kamar akan memunculkan sebuah aura tidak enak, yaitu malas. Baru 20 menit kamu fokus dengan tugas, seketika akan teralihkan dengan pemandangan kasur yang empuk, wangi, dan hangat. Cobalah mencari tempat-tempat yang menurut kamu bisa membawa aura semangat sehingga pekerjaan kamu bisa cepat selesai.

3. Jangan nonton video p0rn0.

smartphone
Foto : www.umts-stick.org

Seringkali saat mengerjakan sebuah tugas kita membutuhkan istirahat sejenak. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan seperti minum kopi atau minum jus, ngemil makanan ringan, meregangkan badan, mendengarkan musik, dan menonton video di YouTube.

Bagi beberapa orang, melirik video p0rn0 di saluran streaming rasanya lebih bisa menghilangkan suntuk dan membangkitkan semangat (bukannya menyarankan loh). Rasa suntuk kamu mungkin hilang dan kamu akan kembali semangat, tetapi efeknya kamu akan kehilangan konsentrasi terhadap tugas yang kamu kerjakan sebelumnya. Otak akan terbayang adegan-adegan ‘gulat’ yang ada di video tadi. Akibatnya, pekerjaan lama semakin lama diselesaikan.

4. Jangan terlalu kenyang atau lapar.

pemalas
Foto : YouTube

Dalam melakukan perkerjaan diperlukan energi. Makan dan minum tentu saja menjadi perkara yang wajib. Namun, cukuplah makan dan minum untuk sekedar mengisi perut. Jika terlalu kenyang, dapat dipastikan rasa ngantuk akan dating. Uap-uap kemalasan akan berhembus. Jika sudah begini, satu-satunya jalan ya tidur. Sebaliknya, jika perut kosong alias lapar (bukan kelaparan ya), kamu tidak bisa fokus karena perut yang keroncongan pasti sangat mengganggu. Yang ada malah terburu-buru dan di dalam otak terbayang makanan yang harus segera disantap. Maka, sangatlah perlu untuk mengetahui bagaimana porsi makan masing-masing pribadi agar pekerjaan tidak terganggu.

5. Jika merasa lelah, istirahat saja.

pemalas
Foto : money-princess.whotrades.com

Kata kuncinya adalah ‘tidak perlu lembur’. Kalaupun sebuah pekerjaan membutuhkan estimasi waktu yang banyak, usahakan untuk mengerjakannya lebih awal dari jadwal yang semestinya. Selain menjadi tenang, cara ini dapat meminimalisir kemungkinan untuk lembur. Jika sudah larut dan ternyata pekerjaan kamu belum selesai, pergilah tidur. Lembur bukan berarti kerja keras, tetapi ada beberapa waktu yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Akan lebih baik jika segera istirahat dan melanjutkannya di hari berikutnya.