Tidak suka makan sayur? Kalian akan suka makan sayur setelah baca tips mengolah sayur berikut ini!

omelet-sayuran
Image Credit : theagendadaily.com

Makanan dengan gizi seimbang wajib ada di menu setiap orang, yaitu sudah termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sayangnya banyak orang yang tidak peduli akan hal itu. Salah satunya adalah enggan mengkonsumsi sayuran sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Alasanya karena sayuran selain rasanya yang aneh, pahit, bahkan banyak yang berpendapat mereka cukup sehat tanpa makan sayuran. Selain itu, banyak orang yang bosan dengan menu olahan sayuran itu-itu aja.

Orang Indonesia sudah mengenal olahan sayuran seperti sayur tumis, sayur bening dan sup yang cocok dengan lidah, berbeda dengan negara lain yang lebih senang makan sayuran segar seperti salad, tentunya ini tidak sesuai dengan selera orang Indonesia. Dibandingkan mereka, Indonesia lebih kaya flavor namun kondisi ini membuat beberapa orang tetap enggan makan sayuran, baik itu anak-anak maupun dewasa. So, mungkin saja setelah membaca tips berikut ini, kalian akan lebih suka makan sayur dan dijamin rasanya enak.

#1 Dibuat bakwan atau pancake sayur ala Korea gitu tapi rasa Indonesia.

bakwan-sayur
Foto : masteresep.com

Siapa sih yang tidak kenal bakwan? Adonan tepung terigu dengan campuran sayuran kemudian digoreng ini punya rasa yang enak. Kalian bisa membuat kreasi sesukamu  dengan mengkombinasi berbagai jenis sayuran sehat.

Sekedar Tips, kurangi adonan tepungnya lalu campurkan berbagai macam sayuran seperti kol, wortel, tauge, daun bawang agar rasanya tidak dominan tepung (hehehe), lalu goreng jangan terlalu lama ya.

Pancake sayur ala korea, mirip dengan bakwan namun lebih pipih seperti pizza serta isianya lebih bervariatif. Kalian dapat menambahkan berbagai jenis flavor atau bumbu agar lebih nikmat.

#2 Masak tempura sayur ala Jepang.

tempura-sayur
Foto : www.vemale.com

Tempura sayur porsinya lebih kecil dibandingkan bakwan. Jika dijadikan side dish kalian perlu menyediakan banyak jenis campuran sayur, seperti bayam, brokoli, wortel, terong dan lain-lain dalam satu porsi. Sekedar tips, pilih sayuran yang memiliki tekstur keras agar makin yummi.

#3 Asinan sayur atau acar sayur juga boleh.

asinan-sayur
Foto : www.maksindo.com

Coba deh asinan sayur yang satu ini, seperti sawi pahit yang dijadikan bahan utama. Segarnya kuah dari cuka dan rasa pahit sawinya akan menghilang. Kalian bisa makan langsung atau diolah lagi seperti dibuat tumisan atau sup.

Selain itu acar timun yang tidak asing lagi, coba dikombinasikan dengan wortel, kembang kol atau irisan tomat agar lebih variatif. Kalian pasti suka dengan rasanya karena dalam pengolahanya asam dari cuka yang digunakan menjaga nutrisi dan tekstur sayuran, kemudian membuat rasa sayuranya berubah tetapi lebih nikmat.

#4 Jadikan isian gorengan, seperti tahu, lumpia, pastel dijamin pasti suka.

tahu-isi
Foto : www.tersedap.net

Kalian pasti menyukai gorengan. Coba deh campurkan berbagai jenis sayuran kedalam isianya (lebih banyak dari resep aslinya) selain rasanya tambah enak, kandungan nutrisinya lebih bervariasi.

#5 Dijadikan pecel sayur, pasti nikmat.

pecel
Foto : www.jendelakuliner.com

Bumbu sambal kacang yang enak dicampur dengan berbagai macam sayuran rebus menambah kenikmatan makan apalagi ditemani kerupuk, bakwan, atau ikan goreng. Yummi…

#6 Cobain resep urap sayur yuk…

Urap
Foto : id.wikipedia.org

Bagi yang Orang Jawa pasti tidak asing dengan makanan ini. Gurih kelapa ditambah bumbu dan berbagai macam sayuran dijamin menambah selera makan kalian. Bagi yang belum pernah coba, kalian harus dicobain pasti ketagihan.

#7 Sayuran lebih enak kalau dijadikan campuran omelette.

omelet-sayur
Foto : www.makananbayi.org

Masih tidak suka sayur? coba campurkan berbagai jenis sayur seperti bayam hijau, daun bawang, wortel, kol atau jenis sayur lainya ke dalam kocokkan telur plus bumbu. Dijamin rasanya tambah nikmat. Nutrisinya juga dapat.

Jika dibandingkan dengan sayuran segar, sayuran olahan pasti kalah dalam hal jumlah nutrisi karena mengalami proses pemasakan. Oleh karena itu, dalam proses pengolahan khususnya pemanasan sebaiknya jangan terlalu lama sehingga nutrisinya tidak banyak berkurang.

Banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika rajin makan sayur yaitu untuk kesehatan maupun kecantikan. Jadi, tidak ada alasan bagi Kalian untuk tidak makan Sayur ya. Masih banyak hal yang bisa dilakukan agar lebih mencintai sayuran, menurut kalian apa saja itu ?