Perlu kamu tahu, ini lho 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika sedang marah

marah
Image Credit : www.huffingtonpost.com

Marah identik dengan masalah, masalah yang sering bikin orang kesal, merasa terusik, kecewa, sakit hati, galau atau bahkan nggak dihargai. Contoh simple yang memancing emosi ketika kamu dikentutin sama temen, atau dikunciin dalam kamar mandi sampai dipermalukan seperti di bully. Bikin urat nadimu keluar semua dan ingin mengeluarkan semua cacian.

Tapi Kawan Muda, meski kamu sedang emosi ada baiknya nggak melakukan 7 hal ini saat kamu lagi marah :

1. Bersosialisasi saat hilang kendali.

susah move on
Foto : www.hdwallpaperseek.com

Wah bisa bikin nggak asik nih, kalau pas bête-betenya kamu memutuskan untuk bersosialisasi atau bercengkramah sama orang lain. Sebagian dari orang berpendapat dengan hang out bikin perasaan marah jadi pudar tapi ada baiknya kamu berdiam dulu beberapa waktu sebelum benar-benar hang out bersama teman-teman untuk memulihkan moodmu.

2. Memilih ke jalan yang buruk.

bunuh diri
Foto : hellosehat.com

Ketika marah, otak rasanya nggak bisa berpikir secara logis, maunya dimengerti sampai-sampai kamu nggak sadar kalau melakukan kebiasaan buruk yang dulunya sempat kamu hentikan. Misalnya kamu udah berhenti minum alkohol atau merokok, hanya karena emosi kamu balik jadi pecandu alkohol. Jangan ya gaes, rugi banget loh meluapkan emosi ke arah yang negatif. Ada baiknya kamu marah-marah sambil olahraga, bisa bikin moodmu kembali pulih.

3. Curhat ke orang secara sembarangan.

Pertanyaan
Foto : lifevolumeone.org

Curhat kala ada masalah itu sah-sah aja tapi ceritanya bukan sama orang yang asal ketemu karena saking sumpeknya, tapi curhatlah ke teman yang bisa dipercaya atau keluarga. Menceritakan masalahmu ke orang secara sembarangan tentu nggak bikin masalah kelar justru bisa aja orang tersebut salah paham dan dijadikan bahan gossip. Ketika emosimu sudah mereda kamu akan malu sendiri.

4. Mengemudi kendaraan bermotor.

motor
Foto : Wovgo.com

Jika kamu sedang marah, usahakan buat nggak mengemudi terlebih dahulu. Banyak orang yang bilang kalau marah sambil mengemudi bikin perasaan lega apalagi kalau kebut-kebutan. Yap, hanya orang gila yang punya pemikiran seperti itu. Sikap agresif dan ceroboh waktu mengemudi meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas. Bagusnya, tenangkan dirimu sebelum kembali berkendara.

BAC JUGA : Cuma pengendara motor yang paham dan ngerasain hal-hal begini saat musim hujan

5. Melampiaskan emosi ke orang lain.

marah
Foto : www.whitsundayprofessionalcounselling.com

Mungkin bikin lega banget ketika melampiaskan emosi ke orang lain yang nggak bersalah. Dan kamu juga nggak sadar telah bersikap kayak gitu. Tapi coba deh pikir ketika segalanya mereda yang muncul dibenakmu adalah rasa bersalah.

6. Memutuskan sesuatu.

membanding-bandingkan
Foto : jeffshore.com

Memutuskan sesuatu ketika emosi nggak stabil, terutama keputusan penting dalam hidup bisa mengakibatkan hancurnya masa depan. Ini nggak lebay tapi serius, karena ketika kita marah otak nggak bisa mikir panjang dan cenderung mementingkan ego semata. Alhasil, keputusan yang dibuat adalah hasil dari emosimu yang nggak tepat.

7. Mencurahkan kemaraan pada media sosial.

Share kebodohan
Foto : Wovgo

Hal ini sering banget terjadi di era anak muda jaman sekarang. Media sosial dijadikan tempat mengumbar sisi pribadi yang nggak seharusnya diumbar. Misalnya marah dengan orang tua atau teman ditulis jadi status. Hal ini berdampak pada reputasimu, yang tadinya dipandang baik baik saja setelah nulis status marah-marah, jelas reputasimu jadi ‘anak alay’ atau ‘anak labil’.

So, kendalikan emosimu kea rah yang lebih baik ya gaes…  🙂