Cerdaslah memilih makanan! Hindari beberapa makanan ini agar otakmu nggak mengalami kemunduran

minuman bersoda
Image Credit : www.eatthis.com

Seperti biasanya, para ahli kesehatan terlalu rajin berkoar-koar agar kamu makan makanan yang mengandung serat dan vitamin seperti buah dan sayur. Tapi mungkin mereka lupa untuk mengingatkan juga beberapa makanan yang justru bisa bikin kamu bodoh alias mengalami kemunduran fungsi otak.

Nah, meski Kita Muda bukan tim medis tapi nggak ada salahnya dong berbagi buat kawan muda. Ini dia makananan yang wajib kamu hindari biar nggak kena kebodohan.

BACA JUGA : Buat kamu yang menginjak usia 30an, pastikan mengutamakan kesehatanmu dengan memikirkan 6 hal ini

1. Alkohol dan pemanis buatan.

soda
Foto : greshamsmiledesigns.com

Udah banyak larangan minum minuman beralkohol dan banyak pula orang yang mengabaikan. Padahal kalau kamu tau, alcohol itu dapat mempersulit kinerja ginjal yang berakibat pada kerusakan sel-sel otak. Nggak heran kan kalau kamu jadi bodoh kalau kebanyakan minum alcohol.

Begitu pula dengan pemanis buatan. Kamu mungkin nggak bisa nolak es serut pinggir jalan yang biasanya dilumuri sirup merah merona, bener-bener bikin lidah bergoyang. Tapi tau nggak pengkonsumsian jangka panjang pemanis buatan tentu bisa bikin penurunan daya ingat dan berpikir.

2. Konsumsi rokok dan makanan olahan.

sosis goreng
Foto : almarjan.id

Siapa yang doyan sosis goreng, kornet atau daging olahan lain?

Udah bukan rahasia umum, makanan tersebut mengandung nutrisi yang minim serta bahan kimia. Nggak hanya MSG yang lama-lama bisa menumpulkan otakmu tapi juga rentan resiko kanker. Serem abis!

Ditambah lagi konsumsi rokok tiada henti. Wah rokok itu mengandung nikotin dan beribu macam jenis senyawa kimia. Efeknya bisa menghambat peredaran darah, pengolahan glukosa dan kekurangan oksigen di tubuh.

BACA JUGA : Daripada beli rokok, lebih baik beli barang-barang ini aja – Bagian I

3. Makan makanan asin gurih dan manis berlebihan.

garam
Foto : www.youtube.com

Yah, kalau dilarang semua kita makan apa dong?

Mungkin ini yang terlintas dalam pikiranmu. Tapi gaes, akan sangat berbahaya kalau BER-LE-BI-HAN, itu bisa menyebabkan kemunduran fungsi otak. Pasalnya garam bisa mengentalkan darah dan memperlambat asupan oksigen ke otak.  Begitu pula dengan makanan manis, selain bisa menimbulkan diabetes, gula berlebih dapat mengganggu saraf dan mengacaukan sistem ingatan sehingga bikin otak nggak bekerja secara optimal.

4. Terakhir, kurangi makan junk food agar otak nggak pikun di usia dini.

close up of fast food snacks and drink on table
Foto : www.rd.com

Gaya hidup jaman sekarang adalah ‘jaman kekinian’ termasuk pola makan junk food, kalau nggak makan burger nggak gaul, katanya. Tapi sangat disayangkan kalau kamu konsumsi junk food demi mendapat predikat anak gaul. Selain tinggi kalori dan gampang bikin gemuk, junk food juga bisa membuat otakmu kesakitan karena banyaknya kandungan gula dan garam. Belum lagi proses masak yang tak lepas dari bahan pengawet dan minyak goreng yang nggak tau udah digunakan berapa kali.

Kalau ingin otakmu sehat dan cerdas, selain baca artikel Kita Muda ada baiknya kamu juga menghindari makan makanan yang disebutkan tadi.