20 Tips sederhana agar hidupmu lebih bahagia

bahagia
Image Credit : theotherpress.ca

Apa artinya hidup yang memuaskan?

Hidup yang memuaskan memiliki keseimbangan. Seimbang dalam hal kebutuhan emosional, mental, fisik, dan sosial termasuk juga tingkat kebahagiaan.

Untuk membantumu meningkatkan hidup yang bahagia kamu bisa menerapkan beberapa tips sederhana berikut :

1. Cobalah untuk membuat minimal tiga orang tersenyum tiap harinya.

sahabat
Foto : www.dgreetings.com

Nyatanya kebahagiaan berasal dari membantu orang lain dan menunjukkan kebaikan. Ketika kamu membuat orang lain tersenyum, secara otomatis kamu juga akan membuat dirimu tersenyum. Terlebih lagi, jika lingkungan dikelilingi oleh orang-orang yang suka bercanda, wah itu akan lebih mudah untuk membuat mereka tersenyum.

2. Duduk diam minimal 10 menit setiap hari.

Pikiranmu telah bekerja keras seharian, entah otakmu diperas di kantor atau saat kuliah. Maka dari itu istirahat merupakan cara yang ampuh untuk menjernihkan semuanya. Tidur siang dan meluangkan waktu 10 menit untuk mengamati dunia merupakan hal yang bisa kamu gunakan untuk memupuk rasa bersyukur. Itu akan membuatmu lebih bahagia.

3. Bermimpilah.

Mereka adalah tipe pemimpi
Foto : kickofjoy.com

Bermimpi memberimu inspirasi. Semua hal yang kamu nikmati sekarang, seperti kendaraan, rumah yang nyaman dan fasilitas-fasilitas lain berawal dari mimpi orang lain. Kamu sudah menikmati mimpi orang lain yang terlah dieksekusi. Bermimpilah banyak-banyak kemudian eksekusi, agar mimpimu juga bisa segera dinikmati orang lain.

4. Hidup jangan ‘over thinking’.

Hidup yang terlalu dijadikan beban dan serius membuatmu cepat menua. Don’t be so hard to your self. Miliki rasa humor. Manusia membuat banyak kesalahan, tidak ada yang sempurna. Membuat kesalahan mungkin membuatmu terlihat buruk di depan orang lain, tetapi kamu bisa mengganti kesalahan tersebut dengan cara tertawa.

5. Habiskan waktumu dengan orang yang berumur 70 tahun dan di bawah 6 tahun.

Grandparents outdoors on patio with baby smiling
Foto : www.thesmilecenterusa.com

Kedua kelompok ini memiliki perspektif yang berbeda terhadap kehidupan. Orang di atas usia 70 memiliki banyak pengalaman dan kebijaksanaan. Mintalah mereka untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari tentang hidup. Sehingga kamu bisa menerapkan pelajaran penting untuk hidupmu kelak. Begitu pula dengan bersahabat dengan anak berumur di bawah 6 tahun. Pelajari bagaimana mereka melepaskan emosi begitu cepat dan kamu akan lebih bahagia.

6. Kamu tidak harus menang melawan setiap argumen.

Kebanyakan hubungan yang buruk adalah hasil dari argumen. Mengapa? karena kamu menuntut diri untuk selalu menang dalam setiap perdebatan. Memenangkan argumen tidak membuatmu atau pihak lain bahagia. Tidak ada benar atau salah, hanya perbedaan persepsi. Melihat sudut pandang orang lain terhadap sesuatu tidak berarti bahwa kamu harus setuju dengan mereka begitu juga untuk repot-repot menyalahkan dan mengajaknya untuk pro terhadap pendapatmu. Lebih penting untuk menunjukkan ke pihak lain bahwa setiap pandangan layak dihargai.

7. Jangan membuang tenaga untuk menggosip.

gossip
Foto : www.cbc.ca

Tenagamu lebih baik dihabiskan untuk upgrade diri sendiri. Mengapa membuang-buang waktu mendengarkan hal-hal tentang orang lain yang mungkin tidak benar? Gosip tidak menambah nilai hidupmu. Jika kamu ingin memuaskan rasa ingin tahu, gunakan tenagamu untuk belajar dan memperbaiki diri sendiri sebagai gantinya. Membaca buku dan mendengarkan motivator berbicara salah satu contohnya.

8. Tidur selama 8 jam per hari.

Mendapatkan tidur yang cukup memberikan energi positif untuk hari berikutnya. Tidur membantu untuk memperbaiki kerusakan pada tubuhmu sepanjang hari. Hal ini juga meningkatkan konsolidasi memori. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan tidak terganggu.

9. Hidupmu terlalu singkat untuk membenci orang lain.

persahabatan
Foto : www.thinglink.com

Kamu dapat menghabiskan sisa hidup dengan membenci seseorang, tapi itu percuma karena orang tersebut nggak akan berubah. Bahkan, orang itu mungkin nggak tahu bahwa kamu membencinya atau sekedar menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan. Singkirkan perasaan benci terhadap mereka. Pelajari cara untuk memaafkan. Ini akan memberimu lebih banyak kebebasan.

10. Tersenyum dan tertawa lebih.

Endorfin yang dilepaskan ketika kamu tersenyum akan membuatmu merasa lebih bahagia dan mengurangi stres. Ketika kamu tersenyum dan tertawa, kamu akan menarik orang positif lainnya untuk tersenyum dan tertawa denganmu.

11. Minum banyak air.

air putih
Foto : mencegahpenyakit.com

Air membuatmu tetap terhidrasi. Hal ini penting untuk sirkulasi nutrisi dalam tubuh. Hal ini juga membantu untuk membuang racun, kotoran, dan bakteri melalui keringat dan urin. Minumlah air minimal 2 liter per hari agar membuatmu merasa segar dan meningkatkan mood.

12. Lupakan masalah masa lalu.

Ketika kamu dan pasangan berdebat, kamu ingin membawa isu-isu dari masa lalu ke argumenmu, mengingat hal-hal yang pernah terjadi. Belajarlah untuk melepaskan masalah dan segera pergi dari masa lalu. Ini tidak adil untuk menilai pasanganmu dengan kesalahan yang dibuat di masa lalu. Kamu berdua harus fokus pada situasi saat ini atau masalah yang akan datang dengan solusi untuk mengatasinya.

13. Banyak-banyak membaca buku.

membaca buku
Foto : news.okezone.com

Kebanyakan orang membaca karena dua alasan utama yaitu kesenangan atau pengetahuan. Mengetahui tujuan membaca akan membantumu memilih buku yang menarik untuk membaca lebih banyak dan meminimalisir buku yang tidak perlu dibaca. Membaca buku juga dapat mengurangi stres. Kamu akan dituntun menemukan solusi melalui buku.

14. Tidak ada yang akan bisa mengisi kebahagiaanmu kecuali diri sendiri.

Kamu 100% harus bertanggung jawab untuk kehidupanmu. Jika kamu tidak puas dari sekarang itu pilihanmu.  Jangan menunggu orang lain untuk membuatmu bahagia. Orang lain mungkin tidak tahu apa yang membuatmu bahagia atau bagaimana cara membahagiakanmu. Lebih penting lagi, kamu tidak dapat mengontrol perilaku orang lain. Kontrol dirimu sendiri, sehingga kamu bisa mengambil alih kebahagiaan.

15. Pekerjaanmu tidak akan merawatmu ketika kamu sakit tapi teman bisa.

traveler bersosialisasi
Foto : www.flickr.com

Teman baik akan selalu ada untuk mendukung. Mereka memberikan perspektif yang berbeda untuk hidupmu. Tetap berhubungan dengan teman-teman lama untuk mengingatkan tujuan hidup. Sulit untuk bersaing dengan kehidupan semua orang, tapi merencanakan sesuatu untuk mengejar ketinggalan bersama teman-teman diperbolehkan.

16. Sering-sering untuk mengubungi keluarga.

Keluarga adalah yang utama. Keluarga merupakan asal muasal adanya kamu sekarang. Kamu selalu dapat mengandalkan keluarga selama masa baik dan buruk. Meskipun kamu mungkin sibuk dan memiliki fokus yang berbeda dalam hidup, menghubungi mereka secara teratur dan mencari tahu apa yang mereka lakukan adalah hal yang dapat membuatmu lega. Panggilan untuk ibu dan ayahmu berarti banyak bagi mereka.

17. Ambil 10 – 30 menit waktumu untuk jogging setiap hari.

jogging
Foto : man-in-trend.com

Jika sebagian besar hidupmu duduk di depan komputer cobalah untuk menjadwalkan 10 – 30 menit setiap hari untuk menggerakkan tubuh. Jogging adalah latihan yang baik. Ini membantumu untuk memperkuat otot-otot dan meningkatkan fungsi jantung. Plus, itu membantu pikiran jernih juga. Latihan meningkatkan rasa percaya diri, membantumu berkonsentrasi, dan melemaskan ketegangan tubuh.

18. Tambahkan praktik meditasi, yoga, dan doa.

Meditasi, yoga, dan doa dapat membantu menenangkan pikiran dan mengatasi kecemasan. Ini dapat membantu mendengarkan suara hati dalam kondisi damai. Kadang-kadang, kamu terlalu sibuk dan lupa untuk berdamai dengan keadaan. Berlatih kegiatan ini akan lebih santai.

19. Apa yang dipikirkan orang lain tentangmu bukanlah urusanmu.

gak ingat mantan
Foto : 7-themes.com

Kamu tidak dapat mengontrol apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Bisnismu adalah apa yang kamu pikirkan. Jika orang berpikir negatif tentang dirimu, biarkanlah. Dengan cara mendiamkan menunjukkan bahwa kamu memiliki harga diri yang kuat, kamu tidak akan mudah terpengaruh.

20. Apapun yang saat ini kamu rasakan, bangkit, semangat dan tunjukkan.

Ketika kamu membuat komitmen untuk diri sendiri atau resolusi Tahun Baru, laksanakan! Melakukan apa yang kamu janjikan adalah salah satu jalan untuk pembuktian. Akan ada saat-saat kamu tidak ingin menepati janji untuk melakukannya. Tapi ingatlah jika hal itu kerap kamu lakukan maka tidak ada pekerjaan yang selesai tepat waktu.